Pangkalan Marinir Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pangkalan Marinir Jakarta
Lambang Lanmar Jakarta.png
Lambang Lanmar Jakarta
Dibentuk 12 Maret 1970
Negara Indonesia
Cabang Lambang TNI AL.png TNI Angkatan Laut
Tipe unit Gambar kormar.png Korps Marinir
Bagian dari Korps Marinir
Situs web www.marinir.mil.id

Pangkalan Korps Marinir Jakarta atau Lanmar Jakarta adalah salah satu Komando Pelaksana Korps Marinir yang memiliki tugas mendukung pelayanan bagi satuan-satuan yang akan melaksanakan operasi pertempuran dan bantuan logistik bagi satuan-satuab yang berada di wilayah Barat.

Markas Komando Lanmar Jakarta kini terletak di JL. Kwini 2 Jakarta Pusat,[1] Satuan Ini dipimpin oleh pamen berpangkat Kolonel.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam rangka konsolidasi di Lanmar tubuh TNI AL, Kasal mengeluarkan surat keputusan No.5401.19 tanggal 11 Maret 1970 yang diantaranya berisi pembubaran Komando Wilayah Barat (Kowilbar). Selanjutnya tanggal 12 Maret 1970 Kasal menerbitkan surat keputusan No.5401.20 tentang pembentukan Pangkalan KKO-AL (Lankoal) Jakarta sebagai kelanjutan Komando Wilayah Barat KKO-AL dengantugas mendukung satuan-satuan KKO-AL dan membina penderita-penderita KKO-AL yang berada diwilayahnya. Dengan adanya perubahan nama KKO-AL menjadi Korps Marinir pada 1975, makan nama Lankoal Jakarta berubah menjadi Pangkalan Marinir Jakarta, Perkembangan selanjutnya pada 25 Januari 1977 Dankormar menerbitkan surat Keputusan NO. SKEP/01/I/1975 tentang pokok-pokok Organisasi dan prosedur Komando Pelaksana Kormar yang isinya antara lain adalah mengubah nama Pangkalan Marinir Jakarta Marinir Administrasi Logistik-2 (Marminlog-2) kemudian nama itu berubah lagi pada 1979 menjadi Depo Administrasi dan Logistik Marinir (Deminlogmar) Jakarta berdasarkan surat keputusan Dankormar NO. SKEP/ 19/IV/1979 tanggal 19 April 1979.

Akirnya sebagai realisasi pelaksana keputusan kasal NO. SKEP/35 XU1984 tanggal 10 November 1984, Dankormar menerbitkan Surat Keputusan NO. SKEP/22/III/1985 tanggal 11 Maret 1985 tentang organisasi dan prosedur Pangkalan Korps Marinir Jakarta. Sejak saat itu Deminlogmar-2 berubah nama menjadi Pangkalan Korps Marinir Jakarta atau Lanmar Jakarta. Sebagai salah satu Komando Pelaksana Korps Marinir wilayah Barat, Lanmar Jakarta menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

  1. Menyusun Kebutuhan termasuk sarana dan prasarana
  2. Menyusun rencana dan program pembinaan administrasi dan Logistik
  3. Melaksanakan pembinaan dukungan logistik bagian unsur-unsur operasional Kormar di wilayah barat, pemeliharaan alat utama Kormar, Pembelakan awal berupa bekal umum, logistik cair dan amunisi bagi satuan yang akan operasi, pelayanan jasa meliputi Kontruksi, Instalasi, dan angkutan pembinaan fasilitas Pangkalan peralatan personil, pemelihara dan perbaikan fasilitas pangkalan.
  4. Melaksanakan Binpotmar (Pembinaan Potensi Maritim)
  5. Melaksanakan Dukkes dan Yankes KBA Korps Marinir wilayah barat.

Satuan[sunting | sunting sumber]

  • Detasemen Angkutan (Dandenang)
  • Detasemen Perbekalan (Denbek)
  • Detasemen Pemeliharaan (Denhar)
  • Detasemen Musik (Densik)
  • Detasemen Perawatan Umum (Denwatpum)
  • Detasemen Pekerjaan Umum (Denpum)
  • Rumah Sakit Marinir Cilandak
  • Kompi Markas Pangkalan Marinir Jakarta

Komandan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]