Pangkalan Marinir Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangkalan Marinir Jakarta
Berkas:Logo Lanmar Jakarta.png
Lambang Lanmar Jakarta
Dibentuk29 November 1966
NegaraIndonesia
Cabang TNI Angkatan Laut
Tipe unitPangkalan
Bagian dariKorps Marinir
JulukanLanmar Jkt
MotoBhakti Tanpa Pamrih
Ulang tahun29 November
Situs webwww.marinir.mil.id
Tokoh
KomandanKolonel Mar. Imron Safei, S.E., M.Tr.Hanla., M.M.
WadanLetkol Mar. Agus Wahyudi

Pangkalan Korps Marinir Jakarta atau Lanmar Jakarta adalah salah satu Komando Pelaksana Korps Marinir yang memiliki tugas mendukung pelayanan bagi satuan-satuan yang akan melaksanakan operasi pertempuran dan bantuan logistik bagi satuan-satuan yang berada di wilayah Barat.

Markas Komando Lanmar Jakarta kini terletak di JL. Kwini 2 Jakarta Pusat,[1] Satuan Ini dipimpin oleh pamen berpangkat Kolonel.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam rangka konsolidasi di Lanmar tubuh TNI AL, Kasal mengeluarkan surat keputusan No.5401.19 tanggal 11 Maret 1970 yang diantaranya berisi pembubaran Komando Wilayah Barat (Kowilbar). Selanjutnya tanggal 12 Maret 1970 Kasal menerbitkan surat keputusan No.5401.20 tentang pembentukan Pangkalan KKO-AL (Lankoal) Jakarta sebagai kelanjutan Komando Wilayah Barat KKO-AL dengantugas mendukung satuan-satuan KKO-AL dan membina penderita-penderita KKO-AL yang berada diwilayahnya. Dengan adanya perubahan nama KKO-AL menjadi Korps Marinir pada 1975, makan nama Lankoal Jakarta berubah menjadi Pangkalan Marinir Jakarta, Perkembangan selanjutnya pada 25 Januari 1977 Dankormar menerbitkan surat Keputusan NO. SKEP/01/I/1975 tentang pokok-pokok Organisasi dan prosedur Komando Pelaksana Kormar yang isinya antara lain adalah mengubah nama Pangkalan Marinir Jakarta Marinir Administrasi Logistik-2 (Marminlog-2) kemudian nama itu berubah lagi pada 1979 menjadi Depo Administrasi dan Logistik Marinir (Deminlogmar) Jakarta berdasarkan surat keputusan Dankormar NO. SKEP/ 19/IV/1979 tanggal 19 April 1979.

Akirnya sebagai realisasi pelaksana keputusan kasal NO. SKEP/35 XU1984 tanggal 10 November 1984, Dankormar menerbitkan Surat Keputusan NO. SKEP/22/III/1985 tanggal 11 Maret 1985 tentang organisasi dan prosedur Pangkalan Korps Marinir Jakarta. Sejak saat itu Deminlogmar-2 berubah nama menjadi Pangkalan Korps Marinir Jakarta atau Lanmar Jakarta. Sebagai salah satu Komando Pelaksana Korps Marinir wilayah Barat, Lanmar Jakarta menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

  1. Menyusun Kebutuhan termasuk sarana dan prasarana
  2. Menyusun rencana dan program pembinaan administrasi dan Logistik
  3. Melaksanakan pembinaan dukungan logistik bagian unsur-unsur operasional Kormar di wilayah barat, pemeliharaan alat utama Kormar, Pembelakan awal berupa bekal umum, logistik cair dan amunisi bagi satuan yang akan operasi, pelayanan jasa meliputi Kontruksi, Instalasi, dan angkutan pembinaan fasilitas Pangkalan peralatan personil, pemelihara dan perbaikan fasilitas pangkalan.
  4. Melaksanakan Binpotmar (Pembinaan Potensi Maritim)
  5. Melaksanakan Dukkes dan Yankes KBA Korps Marinir wilayah barat.

Tugas Pokok[sunting | sunting sumber]

KOMANDAN PANGKALAN KORPS MARINIR JAKARTA

a. Kedudukan dan Tanggung Jawab.

1) Komandan Pangkalan Korps Marinir Jakarta selanjutnya disingkat DanPangkalan Korps Marinir Jakarta adalah pembantu dan pelaksana Komandan Korps Marinir dalam bidang penyelenggaraan kegiatan Pangkalan Korps Marinir Jakarta.

2) Komandan Pangkalan Korps Marinir Jakarta bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan Pangkalan Korps Marinir Jakarta meliputi dukungan logistik dan pembekalan awal kepada satuan/unsur Korps Marinir yang berlokasi dan atau melaksanakan kegiatan di wilayah tanggung jawabnya.

3) Dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya Komandan Pangkalan korps Marinir Jakarta bertanggung jawab kepada Komandan Korps Marinir..

b. Tugas dan Kewajiban.

1) Memimpin Lanmar Jakarta dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di bidang kesiapan fasilitas, dukungan logistik dan pengamanan Pangkalan termasuk daerah latihan.

2) Menjamin kesiapan fasilitas dan dukungan logistik untuk mendukung satuan/unsur Kormar yang berada di wilayah tanggung jawabnya.

3) Menjamin terlaksananya program pembinaan logistik bagi satuan/unsur Kormar sesuai rencana dan program Kormar.

4) Melaksanakan pembinaan material meliputi pengurusan umum dan perbendaharaan atas bekal/peralatan untuk dukungan logistik dan bekal awal sesuai peraturan pembinaan material TNI/TNI AL dalam lingkup kewenangan dan tanggung jawabnya.

5) Menyelenggarakan pembinaan hukum serta bantuan hukum sesuai lingkup kewenangannya.

6) Mengendalikan pelaksanaan program Lanmar Jakarta untuk menjamin tercapainya sasaran program secara berhasil guna dan berdaya guna.

7) Melaksanakan pelayanan jasa meliputi konstruksi, Instalasi, dan angkutan di wilayah tanggung jawabnya.

8) Menyusun laporan dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran Lanmar Jakarta.

9) Mengevaluasi pelaksanaan dukungan administrasi dan logistik, program pemeliharaan, dukungan pembekalan serta kesiapan Lanmar Jakarta.

10) Melaksanakan koordinasi dan kerja sama dengan komando, Badan dan instansibaik di dalam maupun di luar kormar untuk kepentingan pelaksanaan tugasnya sesuai tingkat dan lingkup kewenangannya.

11) Melaksanakan pembinaan potensi maritim di setiap wilayah kerja Lanmar Jakarta sesuai lingkup dan kewenangannnya.

12) Melaksanakan program Reformasi Birokrasi (RB) di satuan kerjanya. Dengan membangun Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBBM) sesuai Program Kerja TNI Angkatan Laut.

13) Mendistribusikan pembekalan awal berupa bekal umum, teknik, cair, dan amunisi bagi satuan yang akan operasi, sedangkan untuk pembekalan rutin dilaksanakan oleh Dopus Disbekal.

14) Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Dankormar khususnya mengenai hal – hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.

Satuan[sunting | sunting sumber]

  • Detasemen Angkutan (Denang)
  • Detasemen Perbekalan (Denbek)
  • Detasemen Pemeliharaan (Denhar)
  • Detasemen Musik (Densik)
  • Detasemen Pekerjaan Umum (Denpum)
  • Balai Pengobatan Kwini (BP)
  • Kompi Markas Pangkalan Marinir Jakarta

Komandan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pangkalan Marinir Jakarta" Diarsipkan 2015-04-02 di Wayback Machine. website marinir.mil.id
  2. ^ TNI, PUSPEN TNI, Puspen Mabes. "Peringatan Ke-72 Hardikal Dipusatkan Di Seskoal | WEBSITE TENTARA NASIONAL INDONESIA". tni.mil.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-29. 
  3. ^ ""DANKORMAR PIMPIN SERAH TERIMA JABATAN DANLANMAR JAKARTA"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-12. Diakses tanggal 2017-12-11. 
  4. ^ "Sertijab Jabatan Penting di Korps Marinir"