Pangeran Tyson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pangeran Tyson
LahirPangeran Tyson Arianto
1988
Bandung, Jawa Barat
Nama lainJoni
AlmamaterSD Angkasa
SMP Negeri 36 Bandung
SMA Angkasa
PekerjaanPelawak
Aktor
Orang tuaThomas Gea (Ayah)
Kristina Natalia (Ibu)

Pangeran Tyson Arianto [1] merupakan aktor dan pelawak berkebangsaan Indonesia. Belajar dan mengawali dunia keaktoran dalam sanggar Teater juga kabaret Bandung di Anka Adika Production. Perawakannya yang besar membuat ia kerap kali memerankan peran sebagai bodyguard, tentara, bos besar, dan preman saat di teater, di film juga tokoh preman juga petugas keamanan (security) pernah dia perankan.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Tyson merupakan nama panggilan darinya, ia merupakan pria keturunan Nias lahir dan dibesarkan di Bandung tahun 1988, menempuh pendidikan di SD Angkasa, SMP Negeri 36 Bandung, dan SMA Angkasa. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara yang sudah aktif bermain teater sejak kelas 2 (dua) SMA. Ia pernah membeberkan bahwa dirinya pernah terlibat dalam sebuah geng motor pergi pagi pulang subuh, hingga kesibukan teaterlah yang merubah kebiasaan buruknya.[2] Beberapa sekolah pernah dilatih teater olehnya, dan ia juga sempat terlibat dalam program komedi bersama rekan satu sanggarnya dan memenangkan beberapa kali lomba grup lawak. Sosoknya kian dikenal oleh masyarakat saat terlibat dalam sinetron Preman Pensiun, Tukang Ojek Pengkolan, dan Gober, dengan tokoh yang sama bernama Joni seorang preman pasar anak buah komar yang pensiun dan menjadi seorang security. Mengawali karir di sinetron dengan mengikuti Casting yang diadakan di Dago Tea House, hingga kini ia sering membintangi beberapa Sinetron, Film, dan FTV.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Produksi
2019 Preman Pensiun Joni MNC Pictures

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Produksi
2015-2021 Preman Pensiun Joni MNC Pictures
2017 Kampung Kendang
Awas, Banyak Copet
Tukang Ojek Pengkolan
2019-2020 Gober

FTV[sunting | sunting sumber]

  • Preman Pensiun: Sang Juara
  • Preman Pensiun: Kesempatan Kedua (2020)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • Preman Galau (bersama Ujang, Iwan Tyson, Jupri) Ciptaan Tendy Endra Ardhya, 2015

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Profil Pangeran Tyson Pemeran Joni di Sinetron Preman Pensiun". Diakses tanggal 2021-09-21. 
  2. ^ Susandi, Sandi. "Pangeran Tyson Alias Joni Pemeran 'Preman Pensiun' Beberkan Masa Kelam di Geng Motor hingga Digerebek Polisi - Pikiran Rakyat Tasikmalaya - Halaman 3". tasikmalaya.pikiran-rakyat.com. Diakses tanggal 2021-09-21.