Pangeran Tampan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pangeran Tampan untuk Putri Tidur, gambar cetak dari buku abad ke-19 Mein erstes Märchenbuch, diterbitkan di Stuttgart, Jerman.

Pangeran Tampan (bahasa Inggris: Prince Charming) adalah karakter dongeng yang datang untuk menyelamatkan seorang gadis dalam kesusahan dan secara stereotip harus terlibat dalam usaha untuk membebaskannya dari sihir jahat. Klasifikasi ini sesuai dengan kebanyakan pahlawan dari sejumlah cerita rakyat tradisional, termasuk "Putih Salju", "Putri Tidur", dan "Cinderella", bahkan jika dalam cerita asli mereka diberi nama lain, atau tanpa nama sama sekali.

Seringkali tampan dan romantis, karakter ini pada dasarnya saling dipertukarkan, berfungsi sebagai kegagalan bagi pahlawan wanita; dalam banyak varian, mereka dapat dipandang sebagai metafora untuk penghargaan yang dicapai pahlawan wanita atas keputusan yang dia buat.[1] Keunggulan tipe karakter membuatnya menjadi target yang jelas untuk dongeng revisionis. "Pangeran Tampan" juga digunakan sebagai istilah untuk menyebut orang yang diidealkan beberapa orang bermimpi sebagai pasangan masa depan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Orenstein, Catherine (2002). Little Red Riding Hood Uncloaked: Sex, Morality, and the Evolution of a Fairy Tale. New York: Basic Books. ISBN 0-465-04125-6. p. 121.
  2. ^ "Prince charming". Merriam-Webster online. Diakses tanggal 22 September 2010.