Pangeran Kusakabe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangeran Kusakabe
Kelahiran662
Kematian10 Mei 689
(umur 26–27)
AyahKaisar Tenmu
IbuKaisarina Jitō
PasanganPermaisuri Genmei
Anak

Pangeran Kusakabe (草壁皇子, Kusakabe no miko, 662 – 10 Mei 689) adalah seorang putra mahkota kekaisaran Jepang dari tahun 681 hingga kematiannya. Dia adalah putra kedua Kaisar Tenmu. Ibunya adalah permaisuri Unonosarara, sekarang dikenal sebagai Kaisarina Jitō.

Dia adalah anak tunggal dari ibunya. Menurut Nihon Shoki, pada tahun 681 ia diangkat menjadi putra mahkota. Pada musim panas tahun 686 ayahnya, Kaisar Temmu, jatuh sakit dan memberikan kekuasaan kekaisaran kepada istrinya Kaisarina Jitō dan putra mahkota Kusakabe. Setelah kematian ayahnya, dia secara mengejutkan tidak naik ke Takhta Serunai. Dia memimpin upacara pemakaman dan pembangunan makam Kaisar Temmu tetapi sebelum penobatan, dia meninggal pada tahun 689 pada usia 28 tahun. Dia secara anumerta bergelar Kaisar Okanomiyagyou (岡宮御宇天皇, Okanomiyagyou Tennō).

Lokasi makamnya tidak pasti. Beberapa orang mengatakan berada di Takatori, Nara.

Ia menikahi sepupu dari pihak ayah dan bibi dari pihak ibu, Putri Abe, putri Kaisar Tenji. Mereka memiliki setidaknya tiga anak, Pangeran Karu, Putri Hidaka dan Putri Kibi. Setelah kematiannya, ibunya Permaisuri Jit naik takhta. Kemudian, Karu dan Hidaka memerintah sebagai Kaisar Monmu dan Permaisuri Gongshu. Klan Asakura mengaku berasal dari garis keturunannya.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Genealogy". Reichsarchiv (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2018-01-27.