Pangeran Alexandre dari Belgia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangeran Alexandre
Kelahiran(1942-07-18)18 Juli 1942
Stuyvenberg Castle, Laeken, Brussels, Belgia
Kematian29 November 2009(2009-11-29) (umur 67)
Sint-Genesius-Rode, Belgia
Pemakaman
WangsaBelgia
Nama lengkap
Prancis: Alexandre Emmanuel Henri Albert Marie Léopold
Belanda: Alexander Emanuel Hendrik Albert Maria Leopold
AyahLeopold III dari Belgia
IbuLilian Baels
Pasangan
(m. 1991)

Pangeran Alexandre dari Belgia (Prancis: Alexandre Emmanuel Henri Albert Marie Léopold, Belanda: Alexander Emanuel Hendrik Albert Maria Leopold; 18 Juli 1942 – 29 November 2009) adalah anak keempat Raja Leopold III dari Belgia dan anak tertua dari Lilian, Putri Réthy. Kakak tirinya adalah Adipatni Agung Joséphine-Charlotte dari Luksemburg, Raja Baudouin dan Raja Albert II dari Belgia.

Latar belakang dan pemuda[sunting | sunting sumber]

Pangeran Alexandre lahir di Laeken di Brussels pada tanggal 18 Juli 1942. Dia memiliki dua adik perempuan, yaitu Marie-Christine dan Marie-Esméralda. Ibu baptisnya adalah kakak tirinya, Putri Joséphine-Charlotte dari Belgia.

Ditahan sebagai tahanan rumah oleh Jerman hingga tahun 1944. Setelah invasi di Normandia, Léopold bersama istri keduanya dan keempat anaknya dipindahkan ke Jerman dan Austria di mana mereka tetap menjadi tahanan rumah pertama di sebuah benteng di Hirschstein di Saxony selama musim dingin tahun 1944–45 dan kemudian di Strobl, dekat Salzburg. Mereka dibebaskan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada Mei 1945. Setelah perang, Keluarga Kerajaan tidak dapat kembali ke Belgia dan terpaksa menghabiskan beberapa tahun di pengasingan Swiss sebelum akhirnya dapat kembali ke Belgia pada tahun 1950 setelah referendum nasional. Alexandre belajar kedokteran sebentar, kemudian mengejar karir di bidang perdagangan.

Menderita masalah jantung yang serius, ia berhasil dioperasi di Amerika Serikat. Keputusan ini menimbulkan kritik di Belgia oleh beberapa orang yang menyarankan agar operasinya dilakukan di negaranya sendiri.[1][2]

Sumber yang tidak diverifikasi mengklaim bahwa pada bulan September 1971, Pangeran Alexandre bertanggung jawab atas kecelakaan mobil yang mengakibatkan kematian seorang pendeta Belgia bernama l'abbé Froidure. Pendeta itu selamat dari kamp konsentrasi Perang Dunia ke-2, mengorganisir organisasi amal yang masih ada di Brussel (Les Petits Riens/Spullenhulp), mengenal keluarga kerajaan termasuk Raja Baudouin. Sang pendeta meninggal dalam kecelakaan di depan rumahnya. Telah dikemukakan bahwa keluarga kerajaan Belgia mengendalikan penyelidikan resmi dan menghindari penyelidikan atau konsekuensi lebih lanjut.[3][4]

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Alexandre menikah dengan Léa Wolman di Debenham, Suffolk pada 14 Maret 1991. Léa Wolman sendiri adalah janda yang telah dua kali bercerai. Pernikahan tersebut dirahasiakan hingga tahun 1998 karena Alexandre tampaknya khawatir ibunya tidak akan setuju atas pernikahan dirinya dengan Léa Wolman.[5]

Status kerajaan[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa gesekan antara anak-anak dari pernikahan pertama Raja Leopold III dari Belgia dan anak-anak dari pernikahan keduanya. Namun, pada akhirnya Alexandre dan keturunan dari pernikahan pertama Raja Leopold III tampaknya telah berdamai. Pangeran beserta istrinya bergabung dengan Keluarga Kerajaan lainnya dalam penampilan publik. Ini tampaknya tidak berlaku untuk dua anak bungsu dari pernikahan kedua, Putri Marie-Christine dari Belgia dan Putri Marie-Esméralda dari Belgia.

Meskipun telah diasumsikan bahwa anak-anak dari pernikahan kedua Raja Léopold dilarang naik takhta Belgia, beberapa sarjana konstitusi berpendapat bahwa tidak ada dasar hukum untuk pengecualian Alexandre.[6] Sekalipun demikian, pernikahan rahasia Alexandre pada tahun 1991 bertentangan dengan Pasal 85 Konstitusi Belgia yang mencabut hak suksesi takhta dari setiap keturunan Raja Leopold I yang menikah tanpa izin penguasa.

Meskipun demikian, istri Alexandre dalam wawancara Mei 2008 dengan Point de Vue mengatakan "... anak-anak dari pernikahan kedua Raja Leopold -- Pangeran Alexandre, Putri Maria Esmeralda dan Marie-Christine -- telah dibesarkan dengan cara tertentu: Pangeran dan Putri Belgia, diberi gaya "Yang Mulia", namun dikecualikan dari suksesi takhta. Istrinya juga menambahkan, "Alexandre menerima pendidikan intelektual yang sangat solid... Dia menunggu untuk mengambil beberapa tanggung jawab resmi. Mereka tidak pernah datang."

Kematian dan pemakaman[sunting | sunting sumber]

Alexandre meninggal pada 29 November 2009 akibat emboli paru. Pemakamannya diadakan pada hari Jumat tanggal 4 Desember 2009 di ruang bawah tanah Gereja Bunda Maria dari Laeken.[7]

Leluhur[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cardiologie des enfants - Notre histoire - Cliniques universitaires Saint-Luc". 
  2. ^ (quote) Un autre évènement marquera cette année 1958 : le prince Alexandre de Belgique est opéré du cœur par le Professeur Gross au Children’s Hospital de Boston.(e.o.q.)
  3. ^ "Le père "CAILLE" : Bruxelles Anecdotique". Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Juni 2012. 
  4. ^ '(quote)Quand un accident coûte la vie au fondateur des Petits Riens. Quand une voiture le renverse mortellement devant chez lui à Boitsfort, le 10 septembre 1971. Le décès d’Alexandre de Belgique vient de créer une vaguelette d’on-dit qui ride à peine la Toile. Mais qui accuse le fils de Léopold III d’être l’automobiliste recherché. Surfant sur cette ébauche de rumeur, la ronde républicaine prétend que l’affaire aurait été royalement étouffée.(e.o.q.)'
  5. ^ Séguy, Philippe (29 April 2008). "Léa dari Belgia: Kita harus mengakhiri kemalangan". Point de Vue (dalam bahasa Prancis): 18–21. 
  6. ^ Velde, François. "Suksesi Belgia". Heraldica.org. Diakses tanggal 19 November 2022. 
  7. ^ "Yang Mulia Pangeran Alexandre dari Belgia". The Telegraph. Diakses tanggal 19 November 2022.