Panettone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Panettone - Nicolettone 2017 - IMG 7085 (31752542285).jpg

Panettone adalah semacam kue khas Milan, Italia, yang biasa disediakan dan disantap pada Natal, dan merupakan salah satu lambang kota Milan.

Ia mempunyai bentuk kubah dan tingginya biasanya sekitar 30 cm. Ia dibuat dari adonan yang lembut dan setengah matang yang berisi permen dan kismis. Panettone umumnya dipotong dan dihidangkan bersama minuman panas yang manis atau anggur yang manis seperti spumante atau moscato.

Penghasil kue ini yang paling terkenal adalah Motta, Alemagna dan Le tre Marie; pada awal abad ke-20, menyebut nama Motta berarti menyebut panettone. Sejak abad ke-19, Lombardia terkenal sebagai daerah penghasil pannetonne

Teknik produksi telah diubah disebabkan peraturan baru Eropa dalam hal makanan, karena penyiapan tradisionalnya menyaratkan bahwa adonannya tidak boleh dimasak sepenuhnya dan kismisnya harus difermentasikan. Oleh karena itu rasa panettone kini berbeda dibandingkan dengan panettone tradisional. Pembuatan roti ini cukup ketat, pannettone "asli" tidak boleh mengandung manisan buah yang lebih dari 20%, mentega yang lebih dari 16%, dan telur yang setidaknya harus mengandung 4% telur kuning.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Culinary History of Panettone, the Italian and South American Christmas Treat". Smithsonian Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-08-25.