Panacea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Panacea
Goddess of Universal health
Panacea.jpg
Panacea (tengah) memberikan obat kepada bayi (lukisan oleh Veronese physician, J. Gazola,sebagai bagian dari larger woodcut, 1716)
KediamanGunung Olympus
Informasi pribadi
Orang tuaAsclepius and Epione
SaudaraAceso, Aglaea, Aratus, Hygieia, Iaso, Machaon, Podalirius, Telesphoros

Dalam Mitologi Yunani, Panacea (Bahasa Yunani Πανάκεια, Panakeia) adalah Dewi Pengobatan Universal dan anak perempuan dari Asklepios dan Epione. Panacea dan keempat saudara perempuannya masing-masing tampil dalam karya seni Apollo, yaitu:[1]

  • Panacea (Dewi Kesehatan Universal)
  • Hygieia ("Hygiene", dewi atau personifikasi dari kesehatan, kebersihan, dan sanitasi)
  • Laso (Dewi Kesembuhan dari Penyakit)
  • Aceso (Dewi Proses Penyembuhan)
  • Aglaia (Dewi Kecantikan, Kemegahan, Kemuliaan, Keagungan, dan Penghiasan)

Panacea juga memiliki empat saudara laki-laki yaitu Podalirius, salah satu dari Raja Tricca yang memiliki kemampuan diagnosis dan Machaon Raja lain dari Tricca yang merupakan ahli bedah (mereka berdua terlibat dalam Perang Troya sampai Machaon dibunuh oleh Penthesileia, Ratu Amazon), Telesphorus yang mengabdikan hidupnya untuk melayani Asklepios dan Aratos, saudara diri yang merupakan Pahlawan Yunani dan pelindung/pembebas Sikyon. Walaupun begitu, pengambaran keluarga ini tidak selalu konsisten, Panacea dan saudara perempuannya terkadang muncul sebagai istri dari Asclepius.[2]

Panacea mungkin adalah dewi independen sebelum dirinya diserap kedalam mitos Asclepius[1]

Panacea secara tradisional mempunyai tuam atau ramuan sihir yang bisa menyembuhkan orang sakit[butuh rujukan]. Hal ini membawa konsep panacea universal yaitu sebuah zat yang mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Istilah ini juga digunakan sebagai kiasan untuk "sesuatu yang digunakan untuk memecahkan segala masalah".[3]

Panacea disebutkan pada pembukaan Sumpah Hipokrates : [4]

Ὄμνυμι Ἀπόλλωνα ἰητρὸν καὶ Ἀσκληπιὸν καὶ Ὑγείαν καὶ Πανάκειαν καὶ θεοὺς πάντας τε καὶ πάσας ἵστορας ποιεύμενος ἐπιτελέα ποιήσειν κατὰ δύναμιν καὶ κρίσιν ἐμὴν ὅρκον τόνδε καὶ ξυγγραφὴν τήνδε .

Aku bersumpah, atas nama Apollo seorang tabit dan Asclepius, Hygeia, dan Pnaceia, dan seluruh dewa dan dewi sebagai saksi, bahwa saya akan memenuhi sumpah ini dan kontrak ini menurut kemampuan dan penilaian yang saya miliki.

Sebuah sungai di daerah Trakia atau Moesia menggunakan nama dewi ini dan tetap dikenal di masa modern di Bulgaria sebagai Sungai Zlatna Panega ("Panega Emas, dari bahasa Yunani panakeia).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Emma J. Edelstein, Ludwig Edelstein (1998). Asclepius: Collection and Interpretation of the Testimonies. hlm. 87–89. ISBN 0801857694. 
  2. ^ C. A. Meier (2009). Healing Dream and Ritual: Ancient Incubation and Modern Psychotherapy. Einsiedeln: Daimon Verlag. hlm. 34. ISBN 3856307273. [...] Asclepius can hardly be thought of without his feminine companions, his wife and daughters. There were Epione (the gentle one), Hygeia, Panacea, Iaso, and others, each of whom was at times wife and at other times daughter. 
  3. ^ "panacea". Oxford English Dictionary. Oxford University Press. 2nd ed. 1989.
  4. ^ Hippocrates of Cos. The Oath. Loeb Classical Library.