Pan Books

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pan Books
Perusahaan indukMacmillan Publishers
Didirikan1944
PendiriAlan Bott
Negara asalBritania Raya
Kantor pusatClerkenwell, London[1]
DistribusiMacmillan Distribution (UK)
Alliance Distribution Services (Australia)[2]
self-distributed (South Africa, India)[3]
Trafalgar Square Publishing (United States)[4]
Jenis terbitanBuku
Situs resmiwww.panmacmillan.com

Pan Books adalah perusahaan penerbitan yang pertama kali aktif pada tahun 1940-an dan kini merupakan bagian dari penerbit Macmillan Publishers yang berbasis di Inggris, yang dimiliki oleh Georg von Holtzbrinck Publishing Group dari Jerman.

Pan Books mulai sebagai penerbit independen yang didirikan pada tahun 1944 oleh Alan Bott, yang sebelumnya dikenal karena memoarnya tentang pengalamannya sebagai pilot terbang dalam Perang Dunia Pertama. Logo Pan Books, yang menampilkan dewa Yunani kuno Pan yang sedang memainkan seruling pan, dirancang oleh Mervyn Peake. Versi selanjutnya dirancang oleh Edward Young yang juga merancang logo Penguin.

Beberapa tahun setelah didirikan, Pan Books dibeli oleh konsorsium beberapa rumah penerbitan, termasuk Macmillan, Collins, Heinemann, dan sesaat, Hodder & Stoughton. Pada tahun 1987, Pan Books sepenuhnya dimiliki oleh Macmillan.[5]

Pan mengkhususkan diri dalam penerbitan fiksi buku saku dan, bersama dengan Penguin Books, merupakan salah satu penerbit populer pertama dalam format ini di Inggris. Banyak penulis terkenal yang karyanya diterbitkan dalam format buku saku oleh Pan, termasuk Ian Fleming, yang seri James Bond-nya pertama kali muncul dalam format buku saku di Inggris sebagai judul-judul Pan. Demikian juga dengan buku-buku Leslie Charteris tentang The Saint, Modesty Blaise karya Peter O'Donnell, dan banyak novel oleh Edgar Wallace, Agatha Christie, Erle Stanley Gardner, Peter Cheyney, Georgette Heyer, Neville Shute, John Steinbeck, Josephine Tey, dan Arthur Upfield. Pan juga menerbitkan edisi buku saku karya penulis klasik seperti Jane Austen dan Charles Dickens. Salah satu judul yang terkenal adalah The Hitchhiker's Guide to the Galaxy karya Douglas Adams.

Selama tahun 1950-an dan 1960-an, edisi Pan Books dikenal karena sampulnya yang berwarna-warni, yang membuat banyak di antaranya menjadi barang koleksi, terutama novel-novel Fleming dan Charteris. Sekitar 2.000 karya seni sampul berbeda dipesan antara tahun 1955 dan 1965. Banyak dari seniman-seniman tersebut saat ini masih relatif tidak dikenal. Mereka termasuk Rex Archer (1928–?), SR Boldero (1898–1987), Roger Hall, Edward Mortelmans, John Pollack (1918–1985), Sam Peffer, Dave Taylor (1921–1985), dan Carl Wilton.[6]

Pan juga terus menerbitkan daftar buku fiksi dan non-fiksi populer yang luas. Di antara penulis-penulis saat ini adalah Ken Follett, Kate Morton, Jeffrey Archer, Peter James, David Baldacci, Joanna Trollope, C.J. Sansom, Scott Turow, dan Danielle Steel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pan Mac in 2019 move to Clerkenwell | The Bookseller". Diakses tanggal 2019-07-21. 
  2. ^ "Contact us". Pan Macmillan Australia. Diakses tanggal 2017-12-27. 
  3. ^ "Pan Macmillan India". Diakses tanggal 2017-12-27. 
  4. ^ "Pan Macmillan | Independent Publishers Group". Diakses tanggal 2017-12-27. 
  5. ^ "Pan Macmillan Imprint History". Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 July 2011. 
  6. ^ Larkin, Colin. Cover Me. The Vintage Art of Pan Books: 1950–1965 (2020)