Pamungkas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pamungkas
Nama lahirRizki Rahmahadian Pamungkas
Lahir14 April 1993 (umur 28)
Jakarta, Indonesia
Genre
Pekerjaan
Instrumen
  • Vokal
  • gitar akustik
  • piano
  • gitar elektrik
  • drum
Tahun aktif2013 – sekarang
LabelMas Pam

Rizki Rahmahadian Pamungkas[1] (lahir 14 April 1993), yang lebih dikenal dengan nama panggung Pamungkas, adalah seorang penyanyi, produser rekaman, dan penulis lagu, dan aktor berkebangsaan Indonesia.[2]

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Perkenalan Pamungkas dengan musik dimulai pada usia 8 tahun kala les drum. Ibunya yang mengusulkan Pamungkas, menggebuk drum. Tujuannya memulihkan telinga kiri Pamungkas yang setengah tuli.

Les drum tidak berlangsung lama karena Pamungkas ingin bermain dengan cepat, sementara di tempat les ia diajari bermain secara perlahan, sesuai tahapan. Pamungkas lalu beralih. Ia juga menjajal piano dan gitar secara autodidak.

Les gitar juga sempat ia lakoni, namun hanya bertahan satu bulan.

Pamungkas begitu lekat dengan musik, sampai akhirnya pada usia 10 tahun ia berkata pada ayahnya bahwa tak ingin sekolah. Ia hanya ingin bermain musik. Ayahnya yang memiliki manajemen artis bernama Oxygen Entertainment mengajak Pamungkas untuk ikut tur sejumlah band.

"Gue bolos sekolah, ikut tur. Diajarin kalau mau jadi musisi harus jadi kru dulu, harus tahu dunia dulu supaya saat jadi talent enggak seenaknya sama orang."

Usai lulus SD, Pamungkas melanjutkan pendidikan ke SMP 200 Jakarta. Sembari sekolah ia tampil secara reguler di kafe bernama La Piazza. Selama satu bulan ia bisa mendapat Rp1,6 sampai Rp2 juta.

Merasa bisa mendapat uang, ia jadi makin tak tertarik pada pendidikan.

Itu sampai membuatnya perang besar dengan keluarga. Pamungkas tidak ingin melanjutkan pendidikan ke SMA. Sementara keluarganya bersikeras pendidikan itu penting.

Akhirnya ia mengambil jalan tengah dengan homeschooling. Pamungkas mengaku tak suka dengan sistem belajar dalam kelas yang harus menunggu semua murid untuk mengerti suatu pelajaran. Padahal Pamungkas bisa dengan mudah mengerti pelajaran.

"Akhirnya gua kasih nomor telepon, gajian dari manggung dan jadwal manggung. Homeschooling selesai dalam kurun waktu satu tahun 8 bulanan. Biaya homeschooling gua bayar sendiri dari gaji manggung,"

Pamungkas melanjutkan permintaan tidak kuliah selama 4 tahun, tapi meminta uang untuk dibelikan mobil sebagai modal.

Sampai akhirnya Pamungkas kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual, di Universitas Paramadina tahun 2014.[1] Walaupun sebenarnya Pamungkas diterima di Institut Kesenian Jakarta dan Universitas Pelita Harapan jurusan musik.

Hingga saat ini, Pamungkas telah merilis tiga album, yaitu Walk The Talk (2018), Flying Solo (2019), dan Solipsism 0.2 (2021)

Ia pernah menjadi kru musik di bagian audio broadcaster pada tahun 2013 sampai dengan 2014 dalam acara televisi berjudul Islam Itu Indah.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Produksi
TBA Kukira Kau Rumah Sinemaku Pictures

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "PDDikti - Pangkalan Data Pendidikan Tinggi". pddikti.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2021-03-31. 
  2. ^ "Pamungkas Profil Artis - Musisi Indonesia". Bicara Musik. Diakses tanggal 2021-06-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]