Pamongan, Guntur, Demak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pamongan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenDemak
KecamatanGuntur
Kodepos
59565
Kode Kemendagri33.21.03.2005 Edit the value on Wikidata
Luas-
Jumlah penduduk3.882 Jiwa
Kepadatan-

Pamongan adalah desa di kecamatan Guntur, Demak, Jawa Tengah, Indonesia.

Batas Desa Pamongan di sebelah barat Desa Sukorejo, di sebelah timur desa Tlogoweru, disebelah Selatan desa Pundenarum kec Karangawen dan di sebelah utara desa Bogosari, Penduduk desa pamongan rata - rata sebagai petani, buruh bangunan dan pedagang, sebagian kecil TNI / POLRI & PNS. namun di desa pamongan terdapat pasar tradisional yang menopang perekonomian desa sekitar.

Menurut salah seorang sesepuh, sebelum menjadi desa dulunya wilayah ini adalah area hutan yang kemudian oleh sekelompok orang pelarian dari Majapahit dibuka lahan (babat alas) untuk permukiman, karena pada saat itu Majapahit mulai mengalami keruntuhan (berdirinya Kerajaan Demak).

Secara harfiah Pamongan berasal dari kata "Pamong" yang berarti Tukang dan "Ngan" berarti omongan maka berarti tukang atau orang yang suka berbicara, hal tersebut tidak terlepas dari historis dan karakter masyarakatnya yang ditunjukkan bahwa penduduk setempat mahir berdiplomasi dan bernegosiasi dalam berdagang sebagai wujudnya berdirilah pasar di desa tersebut sebagai pusat perekonomian.

Desa Pamongan juga masih memiliki 2 (dua) Dukuh yaitu Dukuh Surodadi & Dukuh Bomo, Khusus di desa Bomo mayoritas penduduknya beragama Kristen Protestan namun keberagaman beragama di desa Pamongan sangat harmonis, masyarakat saling menghargai antar beragama.