Pameran sains

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Pameran sains adalah ajang yang dapat membuat pesertanya menggali keingintahuan tentang apa yang ada disekitarnya. Pameran sains menampilkan hasil eksperimen dan penelitian yang sudah dilakukan untuk dilihat oleh masyarakat yang lebih luas. Dalam sebuah pameran sains dapat dilihat ruang lingkup penelitian serta ketertarikan sebuah riset pada suatu isu tertentu dan disusun serta disajikan dengan cara saintifik. Pameran sains menjadi bentuk apresiasi dan penilaian untuk sebuah hasil kerja riset dan penelitian yang sudah dilakukan. Pameran sains terdiri dari tiga komponen penting: tampilan latar belakang, material tampilan, dan laporan penulisan.[1]

Tampilan latar belakang

Latar belakang menjadi poin penting suatu presentasi sebuah pameran sains karena merupakan hal yang pertama kali dilihat. Tampilan latar belakang memperlihatkan bagaimana usaha seorang siswa dalam mengkonstruksikan desain penelitian yang dilakukan sebagai bentuk promosi hasil penelitiannya. Tampilan latar belakang biasanya diletakkan dibelakang material tampilan.

Material tampilan

Material, alat, dan sampel dalam penelitian dapat diperlihatkan didepan tampilan latar belakang dengan cara yang menarik sebagai bagian dari konten pameran. Konten yang disajikan pada material tampilan meliputi seluruh aspek yang sudah dilakukan oleh siswa selama penelitian berlangsung. Hal ini memperlihatkan ruang lingkup kerja penelitian yang sudah dilakukan dan detil peristiwa yang sudah terjadi pada sebuah eksperimen. Dengan konten yang ditampilkan tersebut, pengunjung yang melihat pameran sains dapat memiliki gambaran ilustrasi kerja yang sudah siswa lakukan dengan konkret dan terkonsep dengan baik.

Laporan penulisan

Laporan penelitian menjadi hasil akhir yang sudah dilakukan siswa dalam membuat sebuah eksperimen dengan topik tertentu. Laporan penulisan mengandung semua hal yang sudah siswa pelajari selama penelitian dilakukan seperti keputusan memilih topik yang diriset, pengumpulan data, prinsip pengembngan kerangka saintifik, ataupun segala bentuk hal- yang dilakukan dalam mengerjakan hasil penelitian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is A Science Fair Project?". www.eduplace.com. Diakses tanggal 2018-04-29.