Palm (PDA)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Palm adalah Personal Digital Assistant (PDA) yang menjalankan Palm OS.

Palm TX menawarkan kemampuan untuk browsing Internet nirkabel
Model awal—PalmPilot Personal
Palm IIIc adalah versi pertama Palm dengan layar berwarna
Palm m100 monokrom
PalmOne Tungsten, versi T5 yang terkenal sebagai suksesor T3
Palm Treo 700p adalah salah satu dari banyak smartphone yang diproduksi dengan menggabungkan fungsi Palm PDA dengan ponsel, yang memungkinkan untuk built-in suara dan data.

Pada tanggal 28 April 2010, Hewlett-Packard mengumumkan akan membeli Palm seharga US$1,2 miliar. Meskipun HP terus merek memegang merk Palm, semua baru perangkat PDA diumumkan pada pengumuman pers pada 9 februari 2011, yang dicap sebagai perangkat HP, bukan sebagai perangkat Palm. TCL Corporation mengumumkan pada januari 2015 bahwa pihaknya telah mengakuisisi Palm kekayaan intelektual dari HP di akhir tahun 2014, mengumumkan rencana untuk me-restart perusahaan dengan crowdfunding menjadi elemen kunci dalam pengembangan kelapa Sawit smartphone.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pilot adalah nama generasi pertama dari asisten pribadi digital yang diproduksi oleh Palm Computing pada tahun 1996 (sebuah divisi Robotika Amerika).

Penemu Pilot adalah Jeff Hawkins, Donna Dubinsky, dan Ed Colligan. Mereka juga mendirikan Palm Computing pada tahun 1992. Tujuan awal dari perusahaan ini adalah untuk menciptakan perangkat lunak untuk pengenalan tulisan tangan bernama PalmPrint dan perangkat lunak manajemen informasi pribadi (PIM, personal information management) bernama PalmOrganizer untuk PEN/GEOS berdasarkan perangkat Zoomer . Sebelum memulai pengembangan Pilot, Hawkins mengatakan ia membawa balok kayu dengan ukuran sebesar versi pengembangan Pilot di saku selama seminggu.Palm secara luas dianggap telah memperoleh manfaat dari upaya-upaya penting pendahulunya yang telah gagal untuk menciptakan platform genggam terkomputasi oleh Go Corporation, Tandy, dan Apple Computer (Newton).

Prototipe Palm Connected Organizer pertama bernama "Palm Taxi". Dua generasi awal dari PDA Palm disebut sebagai "Palm-Pilot". Karena gugatan pelanggaran merek dagang yang dibawa oleh Pilot Pen Corporation, sejak tahun 1998 perangkat genggam dari Palm telah dikenal sebagai Palm Connected Organizer atau lebih umum sebagai "Palms".

Palm pertama, yaitu Pilot 1000 dan Pilot 5000, tidak memiliki port inframerah, backlight, atau flash memori, tetapi memiliki komunikasi serial port. Masing-masing memiliki RAM sebesar 128 kB dan 512 kB, dan menggunakan Palm OS versi 1. Kemudian, internal RAM Pilot 1000 dan 5000 memungkinkan ditingkatkan hingga 1 MB . Hal ini dapat dilakukan dengan membeli modul upgrade yang dijual oleh Palm dan penggantian beberapa internal komponen-komponen perangkat keras. Awalnya semua PDA Palm memiliki perangkat keras yang dapat ditingkatkan. Dan kemampuan ini semakin meningkat pada seri Palm III dan seterusnya karena slot memori dan

Riwayat Terbaru[sunting | sunting sumber]

Palm Computing berubah menjadi Palm Incorporated pada tahun 2000. Kemudian Handspring bergabung dengan Palm untuk membentuk palmOne pada tahun 2003 ketika Palm Inc. dibagi menjadi perusahaan yang berbasis pada menjual hardware (palmOne) dan perangkat lunak (PalmSource). Pada tahun 2005, palmOne memperoleh hak penuh untuk nama Palm dengan membeli hak bersama dengan PalmSource dan namanya berubah menjadi Palm kembali. PalmSource diakuisisi oleh ACCESS System pada tahun 2005, yang kemudian dijual Palm OS source code kembali ke Palm, Inc. pada bulan desember 2006.