Palianytsia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Palyanytsya
Palyanytsya digambarkan di prangko Ukraina
JenisRoti
Tempat asalUkraina
Bahan utamaTepung terigu
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Palyanytsya (Ukraina: паляниця, Ukraina: [pɐlʲɐˈnɪt͡sʲɐ]) adalah sejenis roti yang dipanggang di perapian Ukraina, sebagian besar terbuat dari tepung terigu dalam oven rumah. Roti perapian ragi memiliki potongan setengah lingkaran di sepertiga bagian atas roti.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata tersebut berasal dari Ukraina: пали́ти, yang berarti "membakar" atau "merokok".[1] Pasalnya, saat memanggang roti, kerak yang terangkat terkadang bisa gosong. Pada abad ke-19, orang Rusia menggunakan nama yang mirip.[2] Versi lain didasarkan pada asumsi bahwa p O lianytsia adalah roti tradisional yang diproduksi oleh orang Polandia ( Poliany ) suku Slavia Timur abad pertengahan awal.

Ahatanhel Krymsky, seorang Ukrainofilia dan cendekiawan terkenal, percaya bahwa kata palianytsia berasal dari Yunani: πελανος, translit. pelanos,[3] yang mengacu pada kue bundar yang dipersembahkan kepada para dewa.[4]

Proses pembuatan[sunting | sunting sumber]

Palyanytsya tradisional dipanggang dari adonan ragi. Pertama, hop direbus dalam panci, yang kemudian dituangkan ke dalam makitra, yang ditambahkan tepung terigu yang sudah diayak. Adonan yang dihasilkan diuleni, ditutup dengan makitra dan dibiarkan dingin. Ragi atau penghuni pertama ditambahkan ke adonan yang sudah dingin dan dimasukkan ke dalam oven yang tidak dipanaskan semalaman. Pagi hari adonan yang sudah mengembang diuleni dengan tepung terigu, ditambah air hangat dan garam. Adonan tersebut kemudian diuleni pada malam hari hingga berhenti menempel di tangan pembuat roti. Setelah itu, adonan dibagi menjadi beberapa bagian, yang kemudian digulung di atas meja. Roti yang dihasilkan ditempatkan di oven di atas sekop kayu, ditaburi tepung atau daun kubis kukus. Terakhir, dibuat sayatan pada roti agar mengembang lebih jauh saat dipanggang.[5]

Menurut GOST 12793-77, toko roti Uni Soviet menghasilkan "palyanytsya Ukraina" standar yang dipanggang dalam cetakan.[6] Itu memiliki massa 750g-1 kg, dengan potongan lateral 3/4 lingkaran.

Simbolisme[sunting | sunting sumber]

Dalam agama Kristen, palyanytsya, seperti roti pada umumnya, melambangkan kebahagiaan dan dapat mewakili kesejahteraan, tubuh Tuhan, kasih sayang, keramahtamahan, dan keamanan. Palyanytsya juga bisa diartikan sebagai lambang matahari.[7]

Menurut kepercayaan populer, Anda tidak boleh memakan sepotong palyanytsya setelah orang lain melakukannya, karena hal itu akan menghilangkan kebahagiaan mereka. Juga sial jika membiarkan sepotong tidak dimakan; dan makan roti di belakang punggung orang lain akan "memakan" kekuatan mereka.[7]

Pengunaan lain[sunting | sunting sumber]

Kata palyanytsya digunakan sebagai tes shibboleth penting dalam bahasa Ukraina, untuk mengidentifikasi orang-orang yang bahasa Ukraina tidak familiar secara fonetis. Saat ditangkap, beberapa orang Rusia mengklaim bahwa mereka adalah orang Ukraina. Alih-alih mengucapkannya "palianytsia", penutur bahasa Rusia biasanya mengganti bunyi bahasa Ukraina и ( y ) dengan і ( i ), dan bahasa Ukraina я ( ya ) dengan а ( a ),[8], sehingga terdengar lebih seperti "palianitsa" ([pɐlʲɪˈnʲit͡sə] ). Kesalahan kedua adalah yang paling umum karena fonem yang diwakili oleh huruf ц ( ts ) dalam bahasa Rusia tidak pernah dipalalalisasi, tidak seperti di Ukraina. Selama invasi Rusia ke Ukraina tahun 2022, kata tersebut menjadi salah satu kata yang digunakan untuk mengidentifikasi tentara atau penyabot Rusia.[9][10]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Етимологічний словник української мови. Том 4: Н–П. 2003. 
  2. ^ Киевская старина (1899). 1899. 
  3. ^ Киевская старина (1899). 1899. 
  4. ^ "πελανός", Henry George Liddell, Robert Scott, A Greek-English Lexicon at www.perseus.tufts.edu. Retrieved 2022-03-30.
  5. ^ Ethnographic Review No 1-2 (dalam bahasa Russian). Moscow: Ethnographic Department of the Imperial Society of Naturalists, Anthropologists and Ethnographers. 1899. 
  6. ^ "ГОСТ 27842-88 Хлеб из пшеничной муки. Технические условия (с Изменениями N 1, 2) от 29 сентября 1988 - docs.cntd.ru". docs.cntd.ru. Diakses tanggal 2022-03-01. 
  7. ^ a b Коцур, В.П.; Потапенко, О.І.; Куйбіда, B.В. (2015). Енциклопедичний словник символів культури України (dalam bahasa Ukrainian). ISBN 9789662464481. 
  8. ^ "Shibboleth". BLOG|ON|LINGUISTICS (dalam bahasa Inggris). 2013-10-09. Diakses tanggal 2022-03-01. 
  9. ^ "Скажи паляниця: чому саме це слово вибрали для ідентифікації російських військових". Апостроф (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2022-03-01. 
  10. ^ "Не вимовив "паляниця": на Рівненщині затримали росіянина з "вибухівкою"". Українська правда (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2022-04-13.