Palang Pintu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Palang Pintu merupakan tradisi yang menjadi bagian dari upacara pernikahan masyarakat Betawi. Palang pintu menggabungkan seni beladiri dengan seni sastra pantun. Dalam tradisi ini, jawara yang bertindak sebagai perwakilan mempelai laki-laki dan perempuan akan saling menunjukan kemampuan memperagakan gerakan silat dan melontarkan pantun satu sama lain.[1] Setelah menunjukkan beberapa gerakan silat dan saling berbalas pantun, baru rombongan mempelai pria bisa masuk ke area rumah mempelai perempuan untuk melanjutkan prosesi pernikahan.

Tradisi palang pintu menyimbolkan ujian yang harus dilalui mempelai laki-laki untuk meminang pihak perempuan. Jawara dari daerah asal laki-laki harus bisa mengalahkan jawara yang berasal dari daerah tempat tinggal perempuan. Hal ini sesuai dengan pelaksanaannya di mana rombongan mempelai laki-laki harus melewati hadangan tantangan yang diberikan oleh pihak perempuan. Sementara itu, berbalas pantun dimaknai sebagai manifestasi dari diplomasi. Palang Pintu juga berfungsi untuk mendekatan hubungan antarkampung dan antarkeluarga.[2]

Meski identik dengan acara pernikahan, Palang Pintu juga bisa digunakan untuk acara lain seperti penyambutan tamu dan peresmian kantor.[3]Tiga pemain legendaris Liverpool F.C., Gary McAllister, Patrik Berger, dan Jason McAteer pernah merasakan disambut dengan Palang Pintu dalam kunjungannya ke Indonesia sebagai bagian dari rangkaian acara LFC World Tour Jakarta. Saat menyambangi Setu Babakan pada Maret 2018, ketiganya menyaksikan dengan saksama prosesi tersebut.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Corner, Editorial Kompas (2018-07-04). "Mengenal "Palang Pintu", Tradisi Orang Betawi". Muda (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-02-17. 
  2. ^ Okezone. "Filosofi Berbalas Pantun hingga Adu Silat Jawara pada Tradisi Palang Pintu: Okezone News". https://news.okezone.com/. Diakses tanggal 2019-02-18.
  3. ^ Okezone. "Nenek Moyang Sebut Palang Pintu sebagai Perebut Dandang: Okezone News". https://news.okezone.com/. Diakses tanggal 2019-02-18.
  4. ^ Media, Kompas Cyber. "Apa Itu Tradisi Palang Pintu yang Sambut Pemain Legendaris Liverpool?". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-02-17.