Palaestina Secunda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Provincia Palaestina Secunda
ἐπαρχία Δευτέρα Παλαιστίνης
Provinsi Kekaisaran Romawi Timur

390–636
Lokasi Levant
Palestina di bawah kekuasaan Romawi Timur pada abad ke-5
Ibu kota Skithopolis
Zaman Sejarah Zaman Kuno Akhir
 -  Pembagian Kekaisaran Romawi Timur 390
 -  Pemberontakan Yahudi dan pendudukan Persia 614–625
 -  Penaklukan Suriah oleh Muslim 636
Kini bagian dari  Israel
 Palestina
 Yordania
 Suriah

Palæstina Secunda atau Palaestina II adalah sebuah provinsi Romawi Timur yang didirikan pada tahun 390.[1] Wilayahnya terdiri dari kawasan Galilea, Lembah Yizrael, Lembah Bet Shean, dan bagian selatan Dataran Tinggi Golan. Provinsi ini beribu kota di Skithopolis (Bet Shean). Pada masa Romawi Timur, agama Kristen mengalami pertumbuhan yang pesat di provinsi ini, tetapi pada saat yang sama provinsi ini juga merupakan pusat agama Yudaisme setelah orang-orang Yahudi diusir dari wilayah Yudea oleh bangsa Romawi pada abad ke-1 dan ke-2.

Pada tahun 614, provinsi Palaestina Prima dan Secunda ditaklukkan oleh gabungan pasukan Sassaniyah-Yahudi. Pemimpin pemberontakan Yahudi pada masa itu adalah Benjamin dari Tiberias dan Nehemiah ben Hushiel. Setelah pasukan Persia mundur dan para pemberontak Yahudi menyerah, wilayah ini dikuasai lagi oleh Romawi Timur pada tahun 628. Namun, kendali Romawi Timur tidak bertahan lama, karena kemudian provinsi ini jatuh ke tangan Muslim pada tahun 636.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lehmann, Clayton Miles (Summer 1998). "Palestine: History: 135–337: Syria Palaestina and the Tetrarchy". The On-line Encyclopedia of the Roman Provinces. University of South Dakota. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-08-11. Diakses tanggal 2014-08-24.