Pakisjaya, Karawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pakisjaya
Peta lokasi Kecamatan Pakisjaya
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenKarawang
Pemerintahan
 • CamatH.DARUL AMIN,Sos
Populasi
 • Total40,117 jiwa
Kode Kemendagri32.15.12
Kode BPS3215200
Luas57.79 km²
Desa/kelurahan8

Pakisjaya adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan Pakisjaya adalah salah satu kecamatan hasil pemekaran dari kecamatan Batujaya. Kecamtan Pakisjaya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Bekasi di barat dan selatan, dan kecamatan Batujaya di timur, pusat pemerintahan kecamatan ini terdapat di desa Tanjungbungin.

Sebagian besar pendapatan masyarakatnya adalah dari bertani, berkebun, dan wiraswasta.

Bahasa daerah yang digunakan secara umum adalah Bahasa Betawi Pinggiran yaitu subdialek Bahasa Betawi yang berakhiran "a". Yang paling berbeda bahasanya adalah dusun Melayu, Puteran, Bugis, dan Kenanga Dua yang bahasa Betawinya berakhiran "e" seperti Bahasa Betawi Tengahan.

Adapun khusus untuk Desa Tanjungpakis, sebagian besar penduduknya adalah Nelayan, dan berdagang. Desa ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa Pantai Utara. Transportasi yang biasa digunakan adalah melalui jalur darat dan laut,

Jarak tempuh ke jakarta biasa bisa di lalui lewat laut, dengan jarak tempuh 1-2 jam. kecamatan Pakis Jaya, berbatasan dengan Kab Bekasi, yang hanya dipisahkan oleh Sungai Citarum. Adapun jalur transportasi yang biasa di pakai untuk ke Kota Cikarang Atau Bekasi dengan menggunakan ELF yang langsung ke Cikarang. Adapun tempat lokasi wisata yang biasa ramai dikunjungi adalah Pantai Pakis Jaya, dengan pemandangan laut yang indah menghijau ke Laut Jawa.

Di kecamatan ini terletak sebagian dari situs kepurbakalaan Percandian Batujaya. Candi Jiwa, salah satu sisa candi di situs itu adalah salah satu situs tertua peninggalan masyarakat Buddha yang pernah menghuni daerah itu pada abad ke-5 Masehi.

Home industri yang terkenal di kecamatan Pakis Jaya adalah konveksi celana Jeans, yang pemasarannya sudah menembus pasaran pulau-pulau di seluruh Nusantara, bahkan sampai ke benua Afrika. Selain itu, makanan yang terkenal adalah Dodol China, Rengginang lebaran, Bika Pakis dll.

Salah satu potensi terbesar di Kecamatan pakis jaya adalah pertanian, perkebunan dan Tambak Ikan. khusus untuk tambak ikan, berada di sepanjang Desa Tanjungpakis.

Penghasilan terbesar penduduk di kecamatan pakis jaya adalah Pertanian. tetapi, akhir - akhir ini khusus untuk Desa Solokan, Tanjungbungin,Tanjungmekar. terjadi krisis kekurang air untuk persawahan. Hal ini karena sistem irigasi yang ada sudah yidak lagi cukup mengairi daerah tersebut dikarena penyempitan irigasi. Diharapkan, Bantuan dan sumbangan pemikiran, agar bagaimana sistem pengairan atau irigasi di daerah Kp melayu bisa kembali berjalan lancar.

Informasi terbaru, di daerah Desa Solokan, Desa Tanjung Bungin, dan Tanjungmekar telah ditemukan sumber-sumber minyak oleh pihak Pertamina. dimana, sampai periode Oktober 2008 ini baru dimulai proses pembebasan lahan sawah oleh pemerintah, diharapkan, dengan ditemukannya sumber minyak ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya, dan jangan sampai mengganggu lahan sekitarnya.