Jas pemakaman giok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pakaian pemakaman giok)
Jas pemakaman giok Liu Sui, Pangeran dari Liang, Dinasti Han Barat, dibuat dari 2.008 potongan giok
Jas pemakaman giok Raja Zhao Mo koleksi Museum Mausoleum Raja Nanyue, di Guangzhou

Jas pemakaman giok (Hanzi: 玉衣; Pinyin: yù yī; harfiah: 'baju giok') adalah jas seremonial yang terbuat dari potongan-potongan giok yang dikenakan pada jasad anggota kerajaan dari Dinasti Han, Tiongkok, ketika dimakamkan.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Dari jas pemakaman giok yang telah berhasil ditemukan, potongan-potongan batu giok sebagian besar berbentuk kotak atau persegi panjang, meskipun bentuk segitiga, trapesium dan rhomboid juga telah ditemukan. Ribuan potongan lempengan itu disatukan dengan kawat, disambung melalui lubang kecil yang dibor di dekat sudut masing-masing bagian. Komposisi kawat bervariasi, dan beberapa jas ditemukan disambung dengan bahan emas atau perak. Ada juga jas dengan potongan batu giok tambahan di bagian bawah penutup kepala, termasuk potongan untuk menutupi mata, dan penyumbat yang sesuai dengan ukuran telinga dan hidung.

Jas yang dikenakan Raja Zhao Mo, raja kedua dari Yue Selatan, dirajut dengan menggunakan benang atau pita sutra merah untuk mengikat 2.291 lempeng giok yang sekarang dipamerkan untuk umum di Museum Mausoleum Raja Nanyue, Guangzhou.[1]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]