Paddy Lowe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Paddy Lowe
Lowe in 2018
LahirPatrick Allen Lowe
8 April 1962 (umur 62)
Nairobi, Kenya
KebangsaanBritish
AlmamaterSevenoaks School
Sidney Sussex College
University of Cambridge
PekerjaanFormer Formula One Chief Technical Officer
Suami/istriAnna Danshina
Anak2

Paddy Lowe (lahir 8 April 1962) adalah seorang insinyur ahli mobil Formula 1 asal Inggris. Saat ini ia bergabung bersama tim McLaren-Mercedes sebagai chief engineer systems development.

Profil[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Kenya ketika keluarganya sedang berada di negara tersebut pada 1962. Mulai bergabung dengan McLaren pada 1993, Lowe menjadi saksi atas kebangkitan dan kejatuhan McLaren di pertengahan 1990-an.

Sebelum di McLaren, ia bergabung bersama Williams F1. Karyanya yang terkenal adalah suspensi aktif yang dipakai di Williams tahun 1992 yang dikemudikan oleh Nigel Mansell. Suspensi tersebut sebenarnya sudah dikembangkan oleh John Barnard di akhir 1980-an, dan kemudian disempurnakan oleh Lowe pada tahun 1990.

Karyanya yang lain adalah two pedal brake steer, yang secara kontroversial dilarang oleh FIA pada musim 1998, setelah sebelumnya peranti tersebut dikritik oleh tim Ferrari. Namun meskipun Ferrari sukses menjegal karya Lowe tersebut, Lowe bersama McLaren tetap bisa menjadi juara dunia Formula 1 di musim 1998 dan 1999.

Pada pertengahan 2004, ia sempat santer diberitakan akan hengkang ke Red Bull Racing. Namun akhirnya pada akhir tahun hanya atasannya saja (Adrian Newey) yang kemudian disusul oleh Peter Prodromou yang keluar dari McLaren dan pindah ke RBR.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]