Bangun ruang Platonik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Padatan Platonik)

Dalam ruang tiga dimensi, bangun ruang Platonik (Inggris: Platonic solid) adalah sebuah polihedron beraturan yang bersifat cembung dalam ruang Euklides dimensi tiga. Polihedron beraturan berarti bahwa sebuah bangunan mempunyai muka yang kongruen (yang artinya bentuk dan juga ukurannya identik atau sama), berupa poligon beraturan (yang artinya semua sudut dan semua sisinya kongruen), dan jumlah muka yang sama bertemu di masing-masing titik sudut. Lima bangun ruang yang memenuhi kriteria tersebut adalah:

Tetrahedron Kubus Oktahedron Dodekahedron Ikosahedron
Empat muka Enam muka Delapan muka Duabelas muka Duapuluh muka

(animasi, gambar 3D)

(animasi, gambar 3D)

(animasi, gambar 3D)

(animasi, gambar 3D)

(animasi, gambar 3D)

Selama bertahun-tahun, para ahli geometri telah mempelajari bangun ruang Platonik.[1] Bangun ruang tersebut dinamai dari Plato, seorang filsuf asal Yunani kuno, yang menghipotesis dalam salah satu dialognya di Timaeus, yang mengatakan bahwa elemen klasik terbuat dari bangun ruang beraturan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gardner (1987): Martin Gardner wrote a popular account of the five solids in his December 1958 Mathematical Games column in Scientific American.
  2. ^ Zeyl, Donald (2019). "Plato's Timaeus". The Stanford Encyclopedia of Philosophy. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Lloyd, David Robert (2012). "How old are the Platonic Solids?". BSHM Bulletin: Journal of the British Society for the History of Mathematics. 27 (3): 131–140. doi:10.1080/17498430.2012.670845. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]