Padang Cermin, Pesawaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Padang Cermin
Negara Indonesia
ProvinsiLampung
KabupatenPesawaran
Pemerintahan
 • CamatDarsoyo, SE
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri18.09.05 Edit the value on Wikidata
Luas389,3 km²
Desa/kelurahan-

Padang Cermin adalah sebuah kecamatan di Jalan Raya Way ratai Kabupaten Pesawaran, Lampung, Indonesia. Sebelum terjadi pemekaran kabupaten, Kecamatan ini menjadi bagian dari Kabupaten Lampung Selatan. Kemudian Kabupaten Lampung Selatan dipecah menjadi dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan yang beribu kota di Kalianda dan Kabupaten Pesawaran yang beribu kota di Gedong Tataan.

Markas Militer[sunting | sunting sumber]

Padang Cermin menjadi lokasi dari Markas Komando Brigade Infanteri 3/Marinir (Brigif 3/Mar), TNI Angkatan Laut. Nama komplek di mana Brigif 3/Marinir bermarkas memiliki nama Bhumi Marinir Piabung. Brigif 3/Marinir TNI-AL membawahi empat satuan pelaksana setingkat Batalyon, yaitu Batalyon Infanteri 7/Marinir dan Batalyon Infanteri 9/Marinir yang juga bermarkas di Kesatrian Marinir Piabung Padang Cermin, Batalyon Infanteri 8/Marinir yang bermarkas di Kabupaten Langkat. Serta Batalyon Infanteri 10/Marinir yang bermarkas di Kota Batam

Pariwisata di Padang Cermin[sunting | sunting sumber]

Di kecamatan ini juga terdapat beberapa objek wisata pantai paling terkenal di Provinsi Lampung maupun berkelas dunia, diantaranya yaitu:

Kecamatan ini juga menjadi jalan akses masuk dari Kota Bandar Lampung menuju ke Teluk Kiluan, sebuah tujuan eko-wisata Lumba-lumba di Kabupaten Tanggamus.

Desa bagian Kecamatan Padang cermin semula berjumlah sekitar -+36 desa yang meliputi 1. Suka Jaya 2. Teluk Pandan 3. Hurun 4. Hanura 5. Gebang 6. Batu Menyan 7. Margodadi 8. Dantar 9. Kecapi 10. Ketepan 11. Lubuk Cambai 12. Kejadian 13. Penaga 14. Kotasari 15. Padang Cermin 16. Durian 17. Sanggi 18. Piabung 19. Tegalarum 20. Gayau 21. Sukaraja 22. Rawa Subur 23. Tanjung Mas 24. Banjaran 25. Sinar Tiga 26. Umbul Biluk 27. Hanau Berak/Khepong Jaya 28. Tambangan 29. Paya 30. Way Urang 31. Hayam 32. Bunut 33. Bunut Sebrang 34. Umbul Kluih 35. Wates 36. Ceringin. sekitar tahun 2017 kecamatan padang cermin mekar menjadi 3 kecamatan dengan pembagian wilayah kecamatan way ratai, kecamatan padang cermin dan kecamatan teluk pandan. perbatasan wilayah kecamatan way ratai di mulai dari desa hayam, bunut, wates, anglo dan beberapa desa lain. kecamatan padang cermin yang sebelumnya memiliki wilayah yang meliputi 2 kecamatan lainnya, kini wilayahnya meliputi desa paya, khepong, wayukhang, hanaubekhak, durian, sanggi, kecapi, dantar, dan yang terakhir adalah kecamatan teluk pandan yang meliputi desa margod, sabu, ketapang, gebang, seribu, dan hanura hingga perbatasan wilayah kabupaten pesawaran dan kota bandar Lampung.

Referensi[sunting | sunting sumber]