Pacific Division (NBA)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Divisi Pasifik (Pacific Division) merupakan salah satu dari tiga divisi di dalam Wilayah Barat NBA. Saat ini, Divisi Pasifik beranggotakan lima tim, Golden State Warriors, Los Angeles Clippers, Los Angeles Lakers, Phoenix Suns, dan Sacramento Kings. Seluruh tim di dalam divisi ini berlokasi di California, kecuali Phoenix Suns di Arizona.

Divisi ini dibentuk pada awal musim kompetisi 1970-71, ketika NBA menambah peserta kompetisi dari 14 ke 17 tim dengan masuknya Buffalo Braves, Cleveland Cavaliers, dan Portland Trailblazers. Saat itu, NBA memecah liganya menjadi dua wilayah, Wilayah Barat dan Wilayah Timur - dengan masing-masing dua divisi di dalam tiap wilayah tersebut. Tim-tim yang pertama kali menjadi bagian dari Divisi Pasifik ini adalah Los Angeles Lakers, Portland Trailblazers, San Diego Rockets, San Fransisco Warriors, dan Seattle Supersonics.

Lakers merupakan tim yang paling banyak meraih gelar juara divisi ini, dengan 23 gelar. Warriors adalah tim terbanyak kedua dengan tujuh gelar. Divisi ini juga telah menghasilkan 17 juara NBA, dengan Lakers memenangkannya sebanyak 11 gelar juara, diikuti Warriors dengan 4 gelar, kemudian Blazers dan Sonics masing-masing meraih 1 gelar juara.