Pachacamac

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pachacamac adalah situs bersejarah yang terletak di daerah pesisir Peru, tepatnya 35 kilometer di sebelah selatan Kota Lima. Situs ini berumur lebih dari 2000 tahun telah memiliki fungsi sebagai tempat pemakaman dan pemujaan yang sangat disakralkan oleh masyarakat Peradaban Andes.[1] Penaman situs ini diambil dari nama dewa bernama Pacha Khamaq yang dipercayai oleh masyarakat pesisir di Peru sebagai pencipta dunia. Menurut cerita mitologi masyarakat di pesisir Peru, Dewa Pacha Khamaq mengalahkan dewa terdahulu yang bernama COn. Setelah mengalahkan dewa Con, Pacha Khamaq menciptakan dunia baru menggantikan duni ciptaan dewa Con.[1] Dalam versi cerita yang berbeda, Dewa Pacha Khamaq menurunkan manusia dibumi yang berasal dari bintang jatuh.

Menurut pendapat sejarawan Alden Mason[2], mendeskripsikan bahwa Pachacamac sebagai "Mecca of Peru". Pendapatnya tersebut didasarkan pada penemuan artefak dari banyak peradaban yang terkubur di makam-makam situs ini. Artefak (benda) yang ditemukan antara lain gerabah dan tekstil dari Peradaban Lambayeque, Nazca, Wari, Tiwanaku, dan Chimu.

Kuil pemujaan yang terdapat di situs ini dibangun pada masa Peradaban Inca. Peradaban Inca di bawah kekuasaan Thupa Inka Yupanki (1471-1493 M) membangun kuil untuk memuja Inti, Dewa Matahari bangsa Inca (bahasa Inggris: the Inca Sun God).[3] Kuil ini memliki panjang 52 meter, lebar 23 meter dan tinggi 7,3 meter dikonstruksi di atas sebuah teras enam tingkat yang bewarna merah. Ekskavasi yang dilakukan di pintu masuk Kuil Matahari mengungkapkan kerangka 20 perempuan muda yang kemungkinan menjadi korban persembahan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Pachacamac". Ancient History Encyclopedia. Diakses tanggal 6 November 2017. 
  2. ^ Mason, J. Alden (1975). Ancient Civilizations of Peru. Viking Penguin. ISBN 0140203958. 
  3. ^ "Inti". Ancient History Encyclopedia. Diakses tanggal 6 November 2017.