Indosat Ooredoo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari PT Indosat Tbk)
Lompat ke: navigasi, cari
PT Indosat Tbk.
Jenis Terbuka
Simbol saham IDX: ISAT
Industri/jasa Telekomunikasi
Didirikan 1967
Kantor pusat Jl. Medan Merdeka Barat 21
Jakarta, Indonesia
Tokoh penting Alexander Rusli, Presiden Direktur & Kepala Operasional Eksekutif (CEO)
Produk Jasa komunikasi untuk telepon genggam, sambungan tetap dan MIDI (Multimedia, Data, Internet)
Induk Ooredoo Asia Pte. Ltd.[1]
Anak perusahaan IndosatM2
Lintasarta
SMT
MentariSky
Situs web www.indosatooredoo.com

Indosat Ooredoo (lengkapnya PT Indosat Tbk., sebelumnya bernama Indosat) adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia [2]. Perusahaan ini menawarkan saluran komunikasi untuk pengguna telepon genggam dengan pilihan pra bayar maupun pascabayar dengan merek jual Matrix Ooredoo, Mentari Ooredoo dan IM3 Ooredo,jasa lainnya yang disediakan adalah saluran komunikasi via suara untuk telepon tetap (fixed) termasuk sambungan langsung internasional IDD (International Direct Dialing). Indosat Ooredoo juga menyediakan layanan multimedia, internet dan komunikasi data (MIDI= Multimedia, Internet & Data Communication Services)[3] .

Pada tahun 2011 Indosat Ooredoo menguasai 21% pangsa pasar [4]. Di tahun 2013, Indosat Ooredoo memiliki 58,5 juta pelanggan untuk telefon genggam[5]. Pada tahun 2015 Indosat Ooredoo mengalami kenaikan jumlah pelanggan sebesar 68,5 juta pelanggan dengan presentasi naik 24,7%, dibandingkan periode tahun 2014 sebesar 54,9 juta pengguna .[6]

Pada Februari 2013 perusahaan telekomunikasi Qatar yang sebelumnya bernama Qtel dan menguasai 65 persen saham Indosat berubah nama menjadi Ooredoo dan berencana mengganti seluruh perusahaan miliknya atau dibawah kendalinya yang berada di Timur Tengah, Afrika dan Asia Tenggara dengan nama Ooredoo pada tahun 2013 atau 2014 [7] . Dua tahun kemudian, pada 19 November 2015 Indosat akhirnya mengubah identitas dan logonya dengan nama Indosat Ooredoo [8]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1967 - 1994

Indosat didirikan pada tahun 1967 sebagai sebuah perusahaan penanaman modal asing pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telekomunikasi internasional melalui satelit intenasional. Seiringnya waktu Indosat berkembang menjadi perusahaan telekomunikasi internasioanl pertama yang dibeli dan dimiliki 100% oleh Pemerintah Indonesia. Di tahun 1994 Indosat menjadi perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan New York Stock Exchange, Pemerintah Indonesia 65% dan publik 35%.

1994 - 2003

Indosat mengambil alih saham mayoritas Satelindo dan SLI di Indonesia lalu mendirikan PT Indosat Multimedia Mobile (IM3) sebagai pelopor jaringan GPRS dan layanan multimedia. Di tahun 2003 Indosat bergabung dengan tiga anak perusahaan, yaitu : Satelindo , IM3 dan Bimagraha untuk membentuk operator selular di Indonesia.

2003 – 2009

Indosat mendapatkan lisensi jaringan 3G dan memperkenalkan layanan 3,5G di Jakarta dan Surabaya. Pada tahun 2009 Qtel membeli saham seri B sebanyak 24,19% dari publik sehingga menjadi pemegang saham mayoritas Indosat dengan kepemilikan sebesar 65%. Di tahun yang sama Indosat memperoleh lisensi tambahan frekuensi 3G dari Kementrian Komunikasi dan Informatika serta memenangkan tender untuk lisensi WiMAX yang diadakan pemerintah.

2009 – 2012

Setahun kemudian, Indosat melakukan transformasi untuk menjadi perusahaan yang lebih fokus dan efisien dengan restrukturisasi organisasi, meodernisasi dan ekspsi jaringan selular serta inisiatif untuk mencapau keunggulan operasional. Perubahaan terjadi di tahun 2012, saat Indosat mencapai 58,5 Juta pelanggan yang didukung oleh peningkatan jaringan serta inovasi produk.

2012 – 2015

Di tahun 2013, Indosat mengadakan komersialisasi jaringan 3G di frekuensi 900 MHz. Setahun berikutnya Indosat melakukan peluncuran dan komeralisasi layanan 4G di 900 MHz dengan kecepatan hingga 42 Mbps di beberapa kota besar di Indonesia. Di tahun 2015, Indosat resmi berganti nama menjadi Indosat Ooredoo.

Strategi Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Indosat Ooredoo sebuah perusahaan telekomunikasi yang memiliki visi untuk memperkaya kehidupan di Indonesia melalui dunia digital serta membantu untuk mencapai mimpi dan aspirasi. Indosat Ooredoo memberikan akses serta konektifitas yang lebih baik untuk setiap masyarakat dan setiap bisnis yang berjalan di Indonesia. Indosat Ooredoo memiliki tiga pilar, yaitu produk dan layanan yang memberi kebebasaan : Indosat Ooredoo memberikan layanan yang mudah digunakan dan relevan kepada setiap pelanggan agar dapat terhubung dengan ekonomi digital. Kedua, jaringan data yang unggul : dengan mobile dan fiber yang handal, Indosat Ooredoo memberikan pengalaman data terbaik dalam hal-hal yang berarti bagi pelanggannya. Ketiga, Indosat Ooredoo memperlakukan pelanggan sebagai sahabat : Indosat Ooredoo selalu menjaga hubungan baik kepada setiap pelanggan dan mengerti yang dibutuhkan pelanggan untuk dunia digital.

Produk Indosat Ooredoo[sunting | sunting sumber]

1. Produk Retail[sunting | sunting sumber]

  • IM3 Ooredoo

IM3 Ooredoo merupakan kartu prabayar seluler di Indonesia. Berisi paket yang mudah digunakan. Fitur pada IM3 Ooredoo adalah menikmati akses internet dari paket super internet. IM3 Ooredoo mengeluarkan paket IM3 Ooredoo Freedom. Pada paket ini pelanggan diharapkan dapat berbicara dengan nyaman dan tanpa batas. Selain IM3 Ooredoo Freedom, ada lima paket lainnya yang disediakan oleh IM3 Ooredoo, yaitu : Paket Internet , Paket Bundle, Paket Superwifi , Paket Roaming dan Paket Blackberry. Untuk pelanggan dapat menikmati paket internet 24 jam di jaringan wilayah Jawa, Baturaja, Lampung, Bali dan Papua.

  • Mentari Ooredoo

Mentari Ooredoo diperuntukkan untuk pelanggan yang memiliki perubahan digital secara positif namun tetap memiliki gaya masa kini. Fitur yang diberikan oleh Mentari Ooredoo adalah memenuhi kebutuhan pelanggan agar dapat menikmati telefon gratis ke sesama nomor Indosat Ooredoo dan gratis mengirim pesan ke semua operator.

Mentari Ooredoo memberikan ekstra untuk Internet, voice dan SMS. Paket ekstra dari Mentari Ooredoo adalah Super Data 3GB+ dengan empat paket, yaitu : Paket Utama, Paket Obrol , Paket Super Internet dan Add on. Selain itu ada paket Blackberry dan Ketupat.

Mentari Ooredoo juga memberikan layanan, bagi pelanggan yang memiliki keluarga dan teman yang tinggal di luar negeri, untuk dapat menikmati berkomunikasi secara praktis dengan menggunakan fasilitas paket yang disediakan oleh Mentari Ooredoo.

  • Matrix Ooredoo

Matrix Ooredoo merupakan operator pascabayar dengan kuota internet yang besar. Dibagi menjadi dua fitur yaitu Matrix Ooredoo Max dan Matrix Ooredoo Max 25. Untuk nyaman berkomunikasi,Matrix Ooredoo memfasilitasi pelanggan dengan dua paket, yaitu Booster Data dan Booster Bicara ke Operator Lain. Fitur ini dapat pelanggan nikmati dengan berlangganan paket Matrix Ooredoo Super Plan dan paket Matrix Ooredoo MAX

2. Produk Wholesale[sunting | sunting sumber]

Indosat Ooredoo telah berkembang menjadi operator ICT (Information Communication & Technology) dengan menyediakan layanan Indosat Ooredoo Business yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan korporasi di segmen Large Business, Medium Business maupun Small Business. Cakupan Indosat Ooredoo Business :

  • Mobile

Perkembangan teknologi yang pesat dan terkini menghasilkan berbagai layanan telekomunikasi yang terintegrasi dan dirancang sesuai kebutuhan pelanggan. Mobile memiliki Paket Pintar, Mobile Device Management (MDM) dan Paket PRO. Berikutnya Mobile juga memiliki Paket Bundling yang memiliki Instant Office, Bundling Modem dan Bundling Ekslusif serta Paket Add-On dengan paket DUO.

  • Convergence

Penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Indosat Ooredoo menyediakan konvergasi media dalam bentuk dua jenis, yaitu: Wireless VPN dan Unified Communication.

  • Machine to Machine (M2M)

Teknologi M2M akan mendorong pertumbuhan bisnis di sejumlah sektor seperti perbankan, transportasi, energi dan dalam upaya melakukan pelayanan masyarakat selain membantu dalam mendukung ekosistem teknologi informasi (TI). M2M memiliki layanan Vehicle Tracking, wireless atm, wireless EDC dan M2M menyediakan solusi seperti Asset monitoring, Financial Service, Smart Metering, Vehicle Telematics, Security and Tele Surveillance dan Healthcare

  • IT Services

Indosat Ooredoo menyediakan fasilitas untuk media penyimpanan atau sistem dan menawarkan link koneksi dari pelanggan ke lokasi sistem IT. IT Service menyediakan cloud seperti My Apps dan Cloud Infrastructure-as-a-Service (IaaS), Mail on Cloud serta Infrastructure IT seperti Disaster Recovery Center dan Data Center [9]

  • Connectivity

Infrastruktur jaringan telekomunikasi terlengkap baik domestik dan internasional seperti Jaringan serat Optik baik untuk kabel Laut maupun terrestrial. Connectivity pada Indosat Ooredoo tersedia dalam Smart Connectivity , Private Leased Circuit, Managed Router Service, IPVPN, IP Transit, Dedicated Intenet Access, Broadband Internet dan Indosat Phone.[10]

  • Satellite

Palapa adalah seri satelit komunikasi yang dimiliki oleh Indosat Ooredoo. Indosat Ooredoo memberikan transponder penuh maupun parsial untuk analog maupun digital carrier. Transponder tersebut menawarkan layanan video, jaringan, ataupun layanan turunan lainnya. Melalui transponder ini tercipta TV Link yang disediakan oleh Indosat Ooredoo.

  • International & Roaming

Fitur layanan untuk melakukan panggilan telepon ke luar Negeri yang menjangkau 173 negara. Service international roaming dengan promo internasonal dan Visit Indonesia untuk wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia

3. Produk Digital[sunting | sunting sumber]

Industri telekomunikasi tengah menghadapi tantangan yang signifikan. Pasar yang terus berubah berdampak terhadap meledaknya pengguna data internet, namun hal ini ternyata tidak menghasilkan pendapatan yang signifikan. Sehingga Indosat Ooredoo mulai melihat berbagai peluang bisnis baru, yaitu memanfaatkan pelayanan di luar produk telekomunikasi, seperti mobile advertising, mobile commerce, mobile banking, dan mobile money. Ada pun produk digital Indosat Ooredoo adalah :

  1. CIPIKA: pada Cipika Apps, pelanggan dapat menikmati fitur Cipika Food, Cipika Gadgets, Cipika Play, Cipika Lifestyle, Cipika Books dan Cipika Home Entertaiment.
  2. Dompetku : Indosat Ooredoo menyediakan layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pelanggan walaupun tanpa uang tunai.
  3. Dompetku Plus : Indosat Ooredoo menyediakan Dompetku Plus untuk menunjang kemudahan transaksi di jaringan yang luas hanya dengan menggunakan alat elektronik.
  4. Dompetku Pengiriman Uang : Indosat Ooredoo memudahkan pelanggan dalam pengiriman uang secara aman dari pagi sampai malam hari.
  5. On De Go : Transaksi penarikan, penerimaan dan pembayaran dapat dilakukan melalui operator Indosat Ooredoo tanpa harus mengantri di ATM.
  6. Pay Up : Mobile EDC yang di sediakan Indosat Ooredoo yang memungkinkan pembisnis online atau offline untuk menerima pembayaran debit card ATM Bersama kapan pun dan di mana pun.
  7. IMX : joint venture company antara Indosat dan Smaato yang menghadirkan solusi portal advertising di Indonesia.
  8. Ideabox : Membantu para pembisnis baru yang ingin memulai bisnisnya melalui dunia digital.
  9. Arena Seru
    • Arena Seru Musik : Indosat Ooredoo menyediakan iMusik dan iRing untuk pelanggan yang ingin menikmati layanan musik pada alat eletroniknya.
    • Arena Seru Sport : Untuk pelanggan yang memiliki hobi bola, Indosat Ooredoo menyediakan Arena Sports Arema, Arena Sports Barcelona dan Streaming Bola.
    • Arena Seru Games : Pelanggan yang menyukai permainan secara digital dapat menikmati Gameloft dan Gamecredits
    • Arena Seru Video : Indosat Ooredoo menyediakan fasilitas Video NOAH, Vuclip, Klik Film , Genflix dan Video Seleb.
    • Arena Seru Store : Indosat Ooredoo memfasiltasi untuk pelanggan dengan Google Play, Mopay , i-Aplikasizone , MoboMarket dan Line Operator Billing.
    • Arena Seru Media Sosial : Untuk Pelanggan yang menyukai dunia media sosial, Indosat Ooredoo menyediakan Facebook SMS & USSD , FB Chat , Paket Sosial Media dan Paket Opera Mini.
    • Arena Seru Infotaiment : Untuk pelanggan yang mengikuti perkembangan Infotaiment, dapat menggunakan aplikasi yang difasilitasi Running Man. Okezone dan Video Seleb.
    • Arena Seru Religi : Indosat Ooredo menyediakan beragam informasi Islami, Haji, dan Umroh yang dikemas dalam tulisan, komik, film, dan games yang bernuansa muslim.
    • Arena Seru Edukasi : Untuk edukasi Indosat Ooredoo menyediakan fasilitas YC Belajar , Yellow Chat Marbel Preschool dan Mobile Academy.

Anak perusahaan[sunting | sunting sumber]

  • PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang penyedia jasa komunikasi data. Perusahaan tersebut dimiliki mayoritas oleh Indosat Ooredoo dan sisanya dimiliki oleh beberapa institusi seperti yayasan dan koperasi. Perusahaan ini menyediakan berbagai ragam layanan solusi terresterial (Wireline, Wireless) dan VSAT dengan berbagai platform seperti Clear Channel, Frame Relay dan IP dan juga layanan Internet dedicated serta Data center.
  • PT Indosat Mega Media (IndosatM2) adalah sebuah perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh PT Indosat Tbk, penyelenggara jasa telekomunikasi terkemuka di Indonesia. IndosatM2 beroperasi secara penuh sejak tahun 2000 untuk membangun dan menerapkan jasa dan produk berbasis IP, internet dan multimedia di Indonesia.

[sunting | sunting sumber]

Logo Indosat Ooredo memiliki arti bahwa kedua warna pada logo Indosat Ooredoo merupakan representatif dari Indosat dan Ooredoo. Merah itu Ooredoo, yang menjadi induknya, sedangkan kuning itu Indosat. Indosat Ooredoo memilih warna tersebut dikarena kan memiliki warna cerah dan penuh semangat, sesuai dengan brand yang Indosat Ooredoo usung.[11]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Situs resmi Indosat: Major Shareholders
  2. ^ http://www.indonesia-investments.com/business/indonesian-companies/indosat/item200
  3. ^ http://www.conexusmobile.com/alliance-sub-indonesia.html
  4. ^ http://www.indonesia-investments.com/business/indonesian-companies/indosat/item200
  5. ^ http://www.antaranews.com/en/news/87632/indosats-profit-plunges-525-pct
  6. ^ http://www.indotelko.com/kanal?c=id&it=Indosat-Operator-Nomor-Dua-Indonesia
  7. ^ http://www.itp.net/592393-qtel-rebrands-as-ooredoo#.UYVVvYJQ0Vk
  8. ^ http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151119102759-213-92642/indosat-ganti-nama-jadi-indosat-ooredoo/
  9. ^ http://isatdevweb.elasitas.com/Business/Enterprise_Solution/Mobile_Convergence
  10. ^ http://isatdevweb.elasitas.com/Business/Product/Connectivity
  11. ^ http://tekno.liputan6.com/read/2370135/ini-kisah-perkawinan-di-balik-nama-dan-logo-indosat-ooredoo

Pranala luar[sunting | sunting sumber]