PT Fortune Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
PT Fortune Indonesia
Sektor Periklanan, Komunikasi
Didirikan Jakarta, Indonesia
Pendiri Mochtar Lubis (1970)
Markas Gedung Galaktika, Jl. Harsono R.M. No 2 Ragunan, Jakarta Selatan, 12550, Indonesia
Tokoh
Indira Abidin, (Presiden Direktur)
Situs web foru.co.id

PT Fortune Indonesia Tbk (IDX: FORU)[1] adalah perusahaan pengembangan komunikasi yang didirikan pada tanggal 5 Mei 1970 dengan nama PT Fortune Indonesia Advertising Company oleh Mochtar Lubis. Pada saat itu Fortune Indonesia berafiliasi dengan Fortune International Australia.

Pada tanggal 3 Desember 2012, Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) menetapkan Fortune Indonesia sebagai salah satu saham dalam perhitungan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).[2]

Kegiatan usaha FORU pada saat ini mencakup layanan periklanan, hubungan masyarakat (bahasa Inggris: public relations), disain grafik dan layanan perjalanan (bahasa Inggris: travel service). FORU memiliki beberapa segmen bisnis di bawah empat anak perusahaannya, yaitu PT Fortune Pramana Rancang, PT Pelita Alembana, PT Fortune Adwicipta dan PT Fortune Travindo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mochtar Lubis mendirikan sebuah perusahaan periklanan lokal dengan nama PT Fortune Indonesia Advertising Company pada tahun 1970 yang pada saat itu perusahaan berafiliasi dengan Fortune International Australia. Tahun 1978 merupakan pijakan awal FORU dalam meretas langkah-langkahnya sebagai perusahaan periklanan di Indonesia.

Pada saat itu, FORU mulai menerapkan jenis-jenis kampanye, seperti seperti Lingkaran Biru KB, Indonesia Bangkit, Satu Abad Bung Hatta dan lain sebagainya. Kampanye-kampanye tersebut dimaksudkan agar memperbaiki kualitas hidup di masyarakat Indonesia. Kampanye pertama mulai dilaksanakan pada tahun 1985. Kampanye pertama tersebut merupakan kampanye pemasaran sosial untuk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan mempromosikan alat kontrasepsi sebagai bagian dari program keluarga berencana nasional.

Unit usaha[sunting | sunting sumber]

  1. Fortune Pramana Rancang
    PT Fortune Pramana Rancang (Fortune PR ) mulai beroperasi pada tahun 1980-an sebagai anak perusahaan dari FORU dan merupakan salah satu konsultan PR awal di Indonesia. Pada tahun 2011, Fortune PR menjadikan dirinya sebagai konsultan komunikasi yang tidak hanya mengembangkan layanan PR, tetapi juga terintegrasi dalam kampanye komunikasi dengan iklan in-house, aktivasi merek dan tim digital.
  2. Fortune Adwicipta
    Kegiatan pengelola Fortune Adwicipta dalam industri kreatif mencakup layanan aktivasi merek, merek hiburan dan aktivasi perdagangan, dan Consumer Relationship Management (CRM) yang difokuskan pada proses reorganisasi dengan tujuan untuk membangun kinerja yang optimal.
  3. Pelita Alembana
    Kegiatan Pelita Alembana secara khusus meliputi perencanaan, pembelian dan penempatan ruang iklan di media.
  4. Fortune Travindo
    Travindo menyediakan rangkaian lengkap perjalanan dan jasa perjalanan baik untuk kelompok asosiasi dan perusahaan besar dengan menyediakan seluruh layanan termasuk akomodasi dan pemandu. Travindo adalah anggota dari Asosiasi Agen Wisata dan Perjalanan Indonesia (bahasa Inggris: Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA)), Asosiasi Transportasi Udara Internasional (bahasa Inggris: International Air Transport Association (IATA)) dan Asosiasi Perjalanan Area Pasifik (bahasa Inggris: Pacific Area Travel Association (PATA)), serta memegang lisensi sebagai Penyelenggara Konferensi Profesional (bahasa Inggris: Professional Conference Organizers (PCO)) dengan Departemen Indonesia Kebudayaan dan Pariwisata.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Profil perusahaan tercatat". idx.co.id. Bursa Efek Indonesia. Diakses tanggal 4 Januari 2014. 
  2. ^ Nurmayanti (10 Desember 2012). "Fortune Indonesia Masuk Indeks Saham Syariah". Liputan6.com. Diakses tanggal 4 Januari 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]