PSGC Ciamis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PSGC Ciamis
PSGC Ciamis logo.png
Nama lengkapPersatuan Sepak Bola Galuh Ciamis
JulukanLaskar Galuh
Berdiri26 Agustus 1990
StadionStadion Galuh
Ciamis, Jawa Barat
(Kapasitas: 20.000)
PemilikPT Galuh Lingga Wastu
ManajerH. Rudi Saepudin
PelatihRoby Darwis
LigaLiga 2
Liga 3 2018Peringkat 2, promosi ke Liga 2
Situs webSitus web resmi klub
Kostum Kandang
Kostum Tandang

Persatuan Sepak Bola Galuh Ciamis (disingkat PSGC Ciamis) adalah sebuah tim sepak bola Indonesia yang berasal dari Jawa Barat yang bermarkas di Stadion Galuh[1] Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Indonesia.

Tahun 2018 PSGC Ciamis bermain di Liga 3 setelah terdegradasi dari Liga 2. Pertandingan terakhir di babak play off Liga 2, PSGC kalah head to head dari Perserang Serang.

Mengawali musim dengan skuad 'seadanya' tetapi setelah mengalahkan Persih Masurai FC di babak play off dengan skor 13-1, PSGC masuk babak 32 besar Liga 3.

Tahun 2016 PSGC Ciamis mengikuti Liga Divisi Utama Indonesia Soccer Champioship B

Mengarungi Divisi Utama Liga Indonesia ISC B 2016, PSGC Ciamis disokong 5 sponsor, seperti Bank BJB Ciamis, PT. Sumber Jaya, Dodol PICNIC garut, Latifa Skin Care, dan Kabar Priangan.

Pada tahun 2017 PSGC Ciamis harus puas terdegradasi ke Liga 3 Indonesia.

Rekor musim ke musim[sunting | sunting sumber]

Musim Liga Piala IIC Asia Topskor tim
Komp. Main M S K GM GK Poin Pos Nama Gol
2016 ISC B (3) Tidak ikut Tidak ikut J.Sasongko 6
Juara Peringkat kedua Promosi Degradasi

Skuat[sunting | sunting sumber]

Berikut skuat yang diturukan untuk ajang Liga 2 2019.[2]


Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Pemain
2 Bendera Indonesia DF Vincent Andhika
4 Bendera Indonesia DF Muhammad Arrozi
5 Bendera Indonesia MF Dania Nurfadilah
8 Bendera Indonesia FW Rosian Indira
9 Bendera Indonesia DF Zulvin Zamrun
10 Bendera Indonesia FW Joko Sasongko
12 Bendera Indonesia GK Ali Barkah
11 Bendera Indonesia MF Aldi Imron
14 Bendera Indonesia MF Ganjar Kurniawan
15 Bendera Indonesia MF Dika Pratama
16 Bendera Indonesia DF Ardi Ramdani
17 Bendera Indonesia MF Andesi Setyo
No. Pos. Pemain
19 Bendera Indonesia DF Fabio Marko
20 Bendera Indonesia MF Budiawan
21 Bendera Indonesia FW Arif Budiman
23 Bendera Indonesia FW Dejan Herislan
26 Bendera Indonesia DF Muhammad Taufan
27 Bendera Indonesia DF Arighi Fauzan
29 Bendera Indonesia GK Iwan Muhammad Darmawan
30 Bendera Indonesia FW Rosian Indira Saputra
47 Bendera Indonesia MF Anggo Yulian
89 Bendera Indonesia GK Dedi Haryanto
32 Bendera Indonesia FW Engkus Kuswaha
51 Bendera Indonesia DF Edo Pratama
97 Bendera Indonesia DF Ivan Julyandhi

Kelompok pendukung[sunting | sunting sumber]

Balad Galuh adalah komunitas suporter PSGC Ciamis yang dibentuk pada tanggal 10 Februari 2011. Dari deklarasi pendirian Balad Galuh, tercetus tagline Balad Galuh yaitu 'Moal Mundur Ngabela Lembur' yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah Tidak akan Mundur Membela Tanah Kelahiran. Saat ini Balad Galuh menamakan diri mereka sebagai Suporter Fanatik Beretika.

Adi 'Bako' tercatat sebagai Ketua Balad Galuh yang pertama. 4 tahun memimpin, Dhian Soleh Wardana[3] atau lebih dikenal sebagai Dian Ghozin menggantikan Adi Bako pada tahun 2015. Setelah dua tahun memimpin, Tahun 2017 Dian Ghozin mundur dari kepemimpinan Balad Galuh seiiring dengan pencalonan dirinya sebagai anggota DPRD Kabupaten Ciamis. Dian Ghozin digantikan oleh Eko Suprianto yang memimpin bersama Sekjend Balad Galuh Asep Rio Sudrajat dan Nana 'Pomo'.

Perkembangan selanjutnya, seiiring dengan popularitas PSGC Ciamis yang berkiprah di Liga 2 Indonesia, makin banyak fans PSGC yang bergabung bersama Balad Galuh. Tahun 2018 ketika PSGC terdegradasi ke Liga 2 tercatat Balad Galuh memiliki banyak distrik, yaitu Distrik Balad Galuh KM 0 yang kemudian berganti menjadi Balad Galuh Cijeungjing, Balad Galuh Baregbeg, Balad Galuh Liung Gunung Balad Galuh Ciamis Utara yang meliputi Balad Galuh Panawangan, Balad Galuh Jalur Timur, Balad Galuh Rancah dan Balad Galuh Rajadesa. Disusul dengan berdirinya Balad Galuh Ciamis Selatan yang didalamnya terdapat Balad Galuh Purwadadi, Balad Galuh Lakbok, dan Balad Galuh Banjarsari.

CHB BOYS dari Cihaurbeuti, daerah perbatasan Ciamis-Tasikmalaya juga merupakan bagian dari Balad Galuh, ada juga Balad Galuh Gunung Padang dan Balad Galuh Cikoneng. Bukan itu saja, anggota Balad Galuh yang berada di luar kota Ciamis juga mendeklarasikan distrik di kota perantauan mereka masing-masing, distrik tersebut adalah Balad Galuh Bandung Motherland dan Balad Galuh Jabodetabek. Selain itu, ada pula Wanoja Galuh komunitas suporter wanita[4] pendukung PSGC yang juga berada di bawah naungan Balad Galuh.

Balad Galuh tercatat pernah mendukung PSGC hingga ke Kota Lampung pada pertandingan Lampung Sakti FC melawan PSGC dalam babak Pedahuluan Nasional Liga 3. Lampung bukan kota satu-satunya yang didatangi oleh Balad Galuh ketika mendukung PSGC. Pada Babak Play off Liga 2, beberapa anggota Balad Galuh menuju Madiun untuk mendukung tim kebanggaan warga kota Ciamis ini, walaupun hasilnya PSGC Ciamis harus terdegradasi ke Liga 3.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ www.psgc.co.id
  2. ^ Pemain PSGC
  3. ^ "Turun ke Politik, Balad Galuh Apresiasi Keputusan Mantan Panglima - Harapan Rakyat Online". Harapan Rakyat Online. 2018-07-14. Diakses tanggal 2018-12-02. 
  4. ^ "Wanoja Galuh: Cinta Kami Pada PSGC Tidak Sebatas Gol Indah dan Pemain Tampan yang Berkeringat di Lapangan | GALUH.ID". galuh.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-12-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]