PL-5

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rudal udara-ke-udara PL-5 (霹雳-5) (PL adalah singkatan dari Pi Li, "Thunderbolt" dalam Chinese, sebutan umum untuk semua rudal udara-ke-udara RRT) adalah rudal pelacak inframerah jarak pendek yang digunakan oleh para pesawat tempur Tiongkok. Ini didasarkan pada teknologi AA-2 Atoll dan menyerupai AIM-9 Sidewinder. PL-5 dirancang dan dikembangkan di Pusat Pengembangan Teknologi Elektro-Optik Luoyang (EOTDC) Tiongkok, yang juga dikenal sebagai Institut 612; anggota tim desainnya termasuk Chen Jiali (陈家礼), Dong Chunfeng, Hu Rongchao (胡荣超), Huang Bin, Zhang Ming (张明), dan Zheng Zhiwei (郑志伟). Rudal ini dilaporkan diproduksi di Pabrik Mesin Hanzhong Nanfeng (juga dikenal sebagai Pabrik Rudal Udara-ke-Udara Hanzhong) milik China Aviation Industry Corporation I.[1]

PL-5 terus ditingkatkan oleh Luoyang dan varian terbaru, PL-5EII, menambahkan detektor multi-elemen pita ganda serta sekering jarak laser yang mirip dengan PL-9. Menurut badan ekspor/impor Tiongkok CATIC, PL5E memiliki kemampuan semua aspek dengan pencari memiliki sudut pandang maksimum ±25° sebelum peluncuran, dan ±40° setelah peluncuran.

Jet tempur PLAAF J-10 dan J-11 sebagian besar menggunakan rudal PL-8, yang lebih canggih jika dibandingkan dengan PL-5. Namun, karena bobot dan dimensi rudal PL-8 yang lebih besar, untuk F-7 dan JH-7, PL-5 masih menjadi rudal udara-ke-udara yang lebih disukai pada tahap ini.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Rudal udara-ke-udara jarak pendek (SRAAM) PiLi-5 (PL-5) dikembangkan oleh Akademi Rudal Udara-ke-Udara China yang berbasis di Luoyang dan diproduksi oleh Pabrik Mesin Hanzhong Nanfeng (Pabrik 202). Rudal tersebut telah menjadi SRAAM standar untuk Angkatan Udara PLA dan Penerbangan Angkatan Laut PLA, yang dibawa oleh berbagai pesawat tempur dan serangan darat. PL-5 dianggap sebanding dengan AIM-9G Sidewinder AS dalam kinerja umum, namun tidak memiliki kemampuan serangan semua aspek yang ditemukan pada SRAAM generasi ketiga seperti PL-8 dan PL-9.

Institut 607 (sekarang Akademi Rudal Udara-ke-Udara Tiongkok) memprakarsai proyek PL-5 SRAAM pada bulan April 1966, dengan dua varian yang dikembangkan secara paralel: PL-5A pelacak radar semi-aktif dan PL-homing IR- 5B. Program ini hanya mengalami sedikit kemajuan pada tahun 1960an dan 1970an karena kesulitan teknis dan kekacauan yang disebabkan oleh ‘Revolusi Kebudayaan’. Akibatnya, rudal tersebut baru selesai dibangun pada awal tahun 1980-an.

Uji langsung pertama PL-5A pelacak radar semi-aktif dilakukan pada bulan Agustus 1982, namun pengembangan tersebut kemudian dibatalkan pada tahun 1983 sebagai akibat dari pemotongan anggaran dalam program pertahanan. PL-5B pelacak IR bertahan dan akhirnya disertifikasi untuk finalisasi desain pada bulan September 1986. Rudal tersebut mulai beroperasi dengan PLA pada akhir 1980-an untuk menggantikan PL-2 SRAAM yang sudah tua. 607 Institute terus meningkatkan rudalnya dengan memperkenalkan PL-5C yang lebih baik (yang sebanding dengan AIM-9H dan L) dan PL-5E pada tahun 1990an.

Seperti pendahulunya PL-2, PL-5 juga didasarkan pada teknologi pencari IR K-13 (AA-2 Atoll) Rusia, dengan motor roket yang dikembangkan dalam negeri Tiongkok. Rudal ini menawarkan kemampuan penglihatan luar (off-boresight) yang sangat terbatas, dan hanya mampu menyerang ekor. Namun, PL-5E yang ditingkatkan diklaim memiliki kemampuan serangan di semua aspek, dengan kemampuan off-boresight yang jauh lebih besar. Selain bertugas bersama PLAAF dan PLANAF, PL-5 telah diekspor ke sejumlah negara di Asia dan Afrika.

Desain[sunting | sunting sumber]

PL-5 hampir identik dengan AIM-9G Sidewinder AS dalam penampilan, dengan empat permukaan kendali canard terletak di dekat hidung rudal, dan empat sirip penstabil besar di bagian ekor. Rudal tersebut terdiri dari pencari IR, sekering IR atau RF, bagian hulu ledak HE, motor roket, dan mekanisme kontrol. PL-5E yang ditingkatkan memiliki fitur permukaan kontrol depan terpotong delta ganda yang mirip dengan AIM-9P.

Panduan[sunting | sunting sumber]

PL-5 menggunakan pencari inframerah asli yang dikembangkan dari teknologi R-13 Rusia. Pencari didinginkan menggunakan udara berkompas untuk memberikan sensitivitas deteksi tinggi dan ketahanan terhadap radiasi latar seperti Matahari. Namun, rudal tersebut tidak boleh ditembakkan ketika Matahari berada dalam jarak 16 derajat dari target off-boresight rudal tersebut dalam kondisi cuaca normal. Varian awal seperti PL-5B dan PL-5C hanya memiliki kemampuan menyerang ekor, sedangkan PL-5E yang ditingkatkan dapat menyerang target dari segala aspek.

Hulu ledak[sunting | sunting sumber]

PL-5 dapat dilengkapi dengan dua jenis hulu ledak: hulu ledak fragmentasi ledakan dengan sekering jarak inframerah (IR), dan hulu ledak batang perluasan dengan sekering jarak frekuensi radio (RF). Kedua jenis hulu ledak tersebut dapat ditukar dengan mudah. Radius ledakan efektif maksimum hulu ledak adalah 10m.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

MANPADS infra merah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PL-5 air-to-air missile and J-7 fighter jet modification, Chinese PLAAF". AirForceWorld.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 October 2017. Diakses tanggal 5 Nov 2011.