PK (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
PK
Aamir Khan, as the title character PK, stands nude on the railroad tracks, looking into the camera while obscuring his genitals with a transistor radio.
Rilis Poster PK
Sutradara Rajkumar Hirani
Produser
Skenario
Pemeran
Narator Anushka Sharma
Musik Songs:
Shantanu Moitra
Ajay-Atul
Ankit Tiwari
Background Score:
Sanjay Wandrekar
Atul Raninga
Sinematografi C. K. Muraleedharan
Penyunting Rajkumar Hirani
Perusahaan
produksi
Distributor UTV Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 19 Desember 2014 (2014-12-19)
Durasi
153 minutes[1]
Negara India
Bahasa Hindi
Anggaran 85 crore (US$13 juta)[2][3]
Pendapatan kotor 649 crore (US$100 juta)[4][5][6]

PK adalah film drama komedi satir India tahun 2014.[7][8][9] Film ini disutradarai oleh Rajkumar Hirani, diproduksi oleh Hirani dan Vidhu Vinod Chopra, dan ditulis oleh Hirani dan Abhijat Joshi.[10] Film ini dibintangi Aamir Khan dan Anushka Sharma, dengan Sushant Singh Rajput, Boman Irani, Saurabh Shukladan Sanjay Dutt dalam mendukung peran. Ini bercerita tentang alien yang datang ke bumi pada misi penelitian. Dia berteman dengan seorang wartawan televisi dan pertanyaan dogma agama dan takhayul.

Film ini telah muncul sebagai film India paling sukses sepanjang masa,[11][12] dengan peringkat ke-66 tertinggi dalam film terlaris tahun 2014 di seluruh dunia.[13] Banyak situs perdagangan internasional dan India telah melaporkan bahwa PK adalah film India pertama yang mendapatkan US $ 100 juta (Rs 630 crore) di seluruh dunia..[4][14][15][16][17][18][19]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Sebuah alien humanoid (Aamir Khan) mendarat di Bumi pada misi penelitian di Rajasthan tetapi terdampar ketika pemancar untuk memanggil pesawat ruang angkasa berupa sebuah liontin di lehernya dicuri. PK menyadari kebiasaan bumi, belajar untuk menyesuaikan diri antara manusia dengan mengenakan pakaian dan menggunakan uang yang ia curi dari pasangan yang sedang berhubungan seks di "mobil bergoyang". Ia mencoba untuk belajar untuk berkomunikasi dengan meraih tangan pemduduk dan menyerap kenangan mereka melalui sentuhan, tapi mereka mengejar dia ketika ia mencobanya, karena salah menafsirkan dia sebagai seorang cabul. Kendaraan penumpang yang membawa Bhairon Singh (Sanjay Dutt) menabrak dia dan membuat dia sempat tidak sadarkan diri. Bhairon membawanya ke dokter yang menyatakan PK adalah seseorang yang menderita amnesia. Bhairon mengasumsikan amnesia PK sebagai akibat dari tabrakan dengan kendaraannya. Bhairon sekarang tahu bahwa korban kecelakaan itu tidak akan dapat mengeluh tentang kecelakaan yang dialami. Jadi Bhairon memutuskan untuk melarikan diri. Kemudian, ia merasa kasihan, berubah pikiran dan mengambil PK bersama dengan kelompoknya. Seiring dengan waktu, PK menjadi temannya. Kemudian, ia menafsirkan bahwa meraih tangan perempuan adalah keinginan seksual, dan membawanya ke rumah bordil. Di sana, alien memegang tangan seorang pelacur selama enam jam dan dengan demikian ia bisa belajar bahasa Bhojpuri.

Alien melakukan perjalanan ke Delhi untuk mencari remote yang dicuri. Karena tingkah lakunya yang aneh, orang-orang di kota menganggap dia mabuk (mabuk diterjemahkan pee-kay dalam bahasa Hindi) dan memanggilnya PK. Delhi ternyata menjadi kota yang sangat besar, dan orang-orang mengatakan kepadanya bahwa hanya Tuhan yang dapat membantu dia menemukan remotenya. PK mencoba untuk menemukan Tuhan, tetapi bingung dengan berbagai agama dan tradisi membingungkan mereka di India. Dia kemudian menemukan bahwa pemimpin spiritual, Tapasvi Maharaj (Saurabh Shukla), memiliki remotenya. Namun, Tapasvi secara palsu mengklaim telah mendapat benda dari Tuhan tersebut di Himalaya dan menolak untuk mengembalikan ke PK. Bingung, PK menyimpulkan bahwa Tapasvi dan kepala agama lainnya harus memanggil "nomor yang salah" kepada Tuhan dan, sebagai hasilnya, berarti menyebarkan kesalahpahaman ritual.

Sementara itu di Bruges, Jaggu (Anushka Sharma) jatuh cinta dengan seorang pria bernama Sarfaraz (Sushant Singh Rajput). Ayah Jaggu ini (Parikesit Sahni) tidak menyukai hubungan mereka karena Sarfaraz adalah seorang Muslim dari Pakistan; ia berkonsultasi dengan Tapasvi yang memprediksi bahwa Sarfaraz akan mengkhianati Jaggu. Bertekad untuk membuktikan bahwa mereka salah, Jaggu mengusulkan untuk Sarfaraz. Dia patah hati di kapel pernikahan ketika dia menerima surat panggilan mengenai pernikahan tentang perbedaan mereka. Dia kembali ke India di mana ia menjadi reporter televisi; dia tertarik saat menonton PK membagikan selebaran tentang Tuhan hilang. Setelah mendengar ceritanya, Jaggu membuat rencana untuk mengekspos Tapasvi dan mengembalikan remote PK itu.

Jaggu mendorong ribuan orang untuk mengirimkan video dari pengalaman mereka sendiri dengan kepala agama, menyebut mereka sebagai "panggilan ke nomor yang salah". Sementara itu, dari kontak PK dengan Bhairon Singh mengatakan bahwa ia akan datang ke Delhi pada hari berikutnya, namun meninggal dalam ledakan bom. Teroris telah menanam bom untuk melindungi iman mereka sebagai pembalasan atas protes PK itu. Akhirnya, Tapasvi dipaksa untuk datang ke studio dan menghadapi PK secara live. Tapasvi mengklaim ia memiliki hubungan langsung dengan Tuhan dan mengacu pada prediksi pengkhianatan Sarfaraz sebagai bukti. Namun, PK, yang sebelumnya menyerap kenangan Jaggu itu, menemukan bahwa Sarfaraz tidak menulis surat yang ia terima. Jaggu melakukan kontak Kedutaan Besar Pakistan di Belgia di mana Sarfaraz bekerja paruh waktu; kedutaan mengatakan kepadanya bahwa Sarfaraz masih mencintainya dan menyebut bahwa setiap hari menanyakan apakah ia telah dihubungi. Jaggu dan Sarfaraz tersambung kembali dan Tapasvi terungkap sebagai penipuan, dipaksa untuk mengembalikan remote PK itu.

Dalam perjalanan film, PK jatuh cinta dengan Jaggu tetapi menahan diri untuk mengatakan karena dia mencintai Sarfaraz. Dia malah mencatat rekaman suaranya dan mengisi koper dengan baterai sehingga ia bisa mendengarkan kaset di planet asalnya. Sementara ketika akan berangkat pulang, dia berbohong kepada Jaggu mengenai isi dari kaset; meskipun Jaggu tahu kebenarannya. Dia kemudian menerbitkan sebuah buku tentang PK.

Satu tahun kemudian, PK kembali ke Bumi pada misi penelitian baru dengan beberapa alien lainnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aamir Khan's PK cleared with UA certificate; makers won't host any special screenings". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 8 December 2014. 
  2. ^ . koimoi. 30 January 2015 http://www.koimoi.com/box-office-verdict-bollywoods-top-worldwide-grossers/.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  3. ^ "PK Makes 211% Profit In Merely 13 Days Run At The Box Office". koimoi. 4 January 2015. 
  4. ^ a b Bollywood Hungama. "Special Features: Box Office: Comparison of the Top Grossers of 2014 – Box Office, Bollywood Hungama". Bollywood Hungama. 
  5. ^ "Bollywood's Top Worldwide Earners". Koimoi. Diakses tanggal 20 January 2015. 
  6. ^ "Aamir Khan's 'PK' box office collections hit Rs 647 crore, create mammoth Rs 100 crore gap over next best film". The Financial Express. 
  7. ^ "Aamir Khan's son Junaid to feature in his father's upcoming movie 'Peekay'". India Today. 18 July 2012. Diakses tanggal 19 January 2013. 
  8. ^ http://www.rottentomatoes.com/m/pk/
  9. ^ http://www.filmfare.com/reviews/movie-review-pk-8013.html
  10. ^ "Rajkumar Hirani turns producer for Aamir Khan's 'Peekay'". Hindustan Times. 11 July 2012. Diakses tanggal 19 January 2013. 
  11. ^ Hoad, Phil (7 January 2015). "Aamir Khan's religious satire PK becomes India's most successful film". The Guardian. Diakses tanggal 8 January 2015. 
  12. ^ "PK Is Highest Grossing Film Of All Time". Box Office India. 1 January 2014. Diakses tanggal 1 January 2014. 
  13. ^ "2014 WORLDWIDE GROSSES". boxofficemojo.com. 17 January 2015. 
  14. ^ "Dhoom 3- US Figures". Box Office Mojo. Diakses tanggal 25 January 2015. 
  15. ^ Bollywood Hungama. "Special Features: Box Office: Comparison of the Top Grossers of 2014 – Box Office, Bollywood Hungama". Bollywood Hungama. 
  16. ^ "Bollywood's Top Worldwide Earners". Koimoi. Diakses tanggal 14 January 2015. 
  17. ^ "PK at 601 crore worldwide". Box Office India. 21 January 2015. 
  18. ^ "PK may stagger past $100 million milestone at boxoffice". Times of India. 17 January 2015. 
  19. ^ "Transformers 4 – machine-tooled for domination: 2014 global box office in review". The Guardian. 17 January 2015. 
  20. ^ "TV actor to play cop in Aamir's PK". Bollywood Hungama. 14 August 2013. Diakses tanggal 7 February 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]