PCMedia AntiVirus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PCMedia AntiVirus
Logo PCMedia Antivirus.png
Perancang awalPCMedia
PengembangPCMedia
Rilis perdanaMaret 2006 (2006-03)
Rilis stabil
9.5 / 28 Oktober 2013; 8 tahun lalu (2013-10-28)[1]
Bahasa pemrogramanDelphi
Sistem operasiMicrosoft Windows XP, Vista, 7, 8
Ukuran85 MB (termasuk ClamAV)
Tersedia dalamInggris
JenisAntivirus
LisensiSatu paket dengan PCMedia
Situs webvirusindonesia.com

PCMedia AntiVirus, disingkat PCMAV, adalah perangkat lunak antivirus buatan PCMedia, sebuah majalah komputer Indonesia. Beroperasi dibawah sistem operasi Microsoft Windows (XP/Vista/7 keatas). PC Media Antivirus (PCMAV) sendiri bukan merupakan satu-satunya antivirus di Indonesia yang mempunyai formula atau teknologi khusus untuk mengatasi virus komputer yang menyebar luas di masyarakat, baik jenis lokal maupun mancanegara (asing), akan tetapi sejauh ini PCMAV digadang-gadang dapat membersihkan infeksi terhadap secara akurat dan tuntas hingga pulih 100%.

Dikarenakan menggunakan bahasa pemrograman Delphi, menjadikannya berbeda dengan antivirus standar industri sejenis yang biasanya menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual C++. Untuk virus database-nya sendiri dikarenakan virus database internal-nya masih sedikit, PCMAV juga memanfaatkan penggunaan alternatif database dari ClamAV sebagai database tambahan eksternal.

Keunggulan[sunting | sunting sumber]

Dibandingkan antivirus global, PCMAV yang cenderung lokal mempunyai akurasi pendeteksian yang lebih tinggi untuk virus yang beredar di Indonesia, sehingga lebih handal dalam mengembalikan file, dokumen dan sistem yang menjadi sasaran serangan virus. Disamping itu PCMAV juga menyediakan modul terpisah yang lebih dikenal dengan PCMAV Express untuk pembersihan virus tertentu, contohnya PCMAV Express for Conficker

Persyaratan sistem[sunting | sunting sumber]

Persyaratan minimum
Sistem Operasi
Windows XP (32-bit/64-bit), Vista (32-bit/64-bit), Windows 7 (32-bit/64-bit), Windows 8 (32-bit/64-bit)
Processor
1000 MHz Pentium atau yang lebih tinggi
RAM
512 MB minimal, rekomendasi 1 GB atau yang lebih tinggi
Space kosong hard drive
85 MB (bersama dengan ClamAV)

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Dengan PCMAV memanfaatkan "database ClamAV" banyak pihak dari komunitas opensource yang mengecamnya karena dinilai tidak sesuai dengan lisensi ClamAV (PCMAV tidak menyertakan sourcecode engine pemanfaatan database ClamAV dan "brandname" ClamAV). Disamping itu sebagian end user mengeluhkan terjadinya alert saat akan mengaktifkan PCMAV pada Windows 7, disinyalir ini terjadi karena PCMAV menggunakan kernel driver yang tidak tersertifikasi ataupun dikarenakan PCMAV membuat startup (Menjalankan Otomatis Aplikasi Saat Windows Berjalan) lainnya pada Task Scheduler Windows 7, yang menyebabkan PCMAV yang menggunakan Startup di Registry bertubrukan antara startup yang satu dengan yang lainnya. Hal ini masih diselidiki oleh tim pengembang PCMAV.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Tentang PCMAV - PCMedia AntiVirus Diarsipkan 2011-12-28 di Wayback Machine.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PCMedia 07/2013 & PCMAV 9.5". PCMedia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-31. Diakses tanggal 2013-10-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]