Portal:Isi pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari P:FC)
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan

Isi pilihan di Wikipedia

Bintang isi pilihan

Isi pilihan adalah karya-karya terbaik di Wikipedia, termasuk artikel, gambar, dan kontribusi lainnya yang menunjukkan hasil yang sangat baik dari usaha kolaborasi Wikipedia.

Semua isi pilihan mengalami proses peninjauan menyeluruh untuk memastikannya memenuhi standar tertinggi untuk dijadikan contoh terbaik dari tujuan akhir kami.

Bintang emas kecil (Bintang isi pilihan) di pojok kanan atas halaman menunjukkan bahwa isi tersebut merupakan isi pilihan.

Halaman ini menyediakan pranala ke semua isi pilihan Wikipedia.

Daftar isi pilihan

Artikel Gambar Daftar
Pilihan: 411 / B 735 / B 124 / B
Kriteria: AP? / B GP? / B DP? / B
Usulan: UAP / B UGP / B UDP / B
Pencabutan: UPAP / B - UPDP / B
Mantan: 108 / B - 2 / B

Artikel pilihan

Ngô Đình Diệm

Referendum Negara Vietnam yang diadakan pada 23 Oktober 1955 menentukan masa depan bentuk pemerintahan dari Negara Vietnam, negara yang akhirnya akan menjadi Republik Vietnam (secara luas dikenal sebagai Vietnam Selatan). Referendum ini diperebutkan oleh Perdana Menteri Ngô Đình Diệm (gambar), yang mengajukan bentuk republik, dan bekas kaisar Bảo Đại. Di ibu kota, Saigon, Diệm mendapatkan lebih dari 600,000 suara, meskipun hanya ada 450,000 orang yang menjadi daftar pemilih. Dia mengumpulkan perhitungan melampaui 90% dari pemilih yang terdaftar, bahkan di kawasan pedalaman yang kelompok oposisi mencegah pemungutan suara. Referendum ini merupakan fase terakhir dalam perebutan kekuasaan antara Bảo Đại dan perdana menterinya. Pada masa menjelang pemungutan suara, kampanye untuk Bảo Đại dilarang, sementara kampanye Diệm berfokus pada serangan personal terhadap Bảo Đại. Ini termasuk kartun pornografi dari kepala negara itu dan rumor yang menyebutkan bahwa kekuasaan dia tidak sah dan penghubungan dia terhadap beberapa gundik. Media yang dikuasai pemerintah melancarkan serangan polemik kepada Bảo Đại, dan polisi dari pintu ke pintu mengingatkan masyarakat akan konsekuensi jika tidak mau memilih. Setelah saudaranya Ngô Đình Nhu dengan sukses mencurangi pemungutan suara, Diệm mengumumkan dia sebagai presiden dari negara yang baru dibuat Republik Vietnam. (Selengkapnya...)

Gambar pilihan

Nukhbat al-Fikar fi Musthalahi Ahl al-Atsar adalah kitab klasik dari abad ke-9 Hijriah (ke-15 M) dalam bidang Musthalah hadits karya Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani. Kitab ini dijadikan pijakan dasar oleh para penuntut ilmu dalam memahami Usul al-Hadits. Pembahasannya mencakup berbagai aspek ilmu hadis seperti rantai periwayatan, perawi, klasifikasi hadits, dan lain-lain.
Nukhbat al-Fikar fi Musthalahi Ahl al-Atsar adalah kitab klasik dari abad ke-9 Hijriah (ke-15 M) dalam bidang Musthalah hadits karya Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani. Kitab ini dijadikan pijakan dasar oleh para penuntut ilmu dalam memahami Usul al-Hadits. Pembahasannya mencakup berbagai aspek ilmu hadis seperti rantai periwayatan, perawi, klasifikasi hadits, dan lain-lain.
(ukuran asli 4.801 × 3.534 piksel, 16,69 MB)

Oleh: Ali Ra'if Efendi, diunggah oleh Durova
Lisensi: Domain umum

Daftar pilihan

Para penerima Nobel 2012 Alvin E. Roth, Brian Kobilka, Robert J. Lefkowitz, David J. Wineland, dan Serge Haroche pada acara tersebut

Penghargaan Nobel telah diberikan kepada sejumlah individu dan organisasi yang membuat jasa-jasa menakjubkan dalam bidang kimia, fisika, sastra, perdamaian, dan fisiologi atau kedokteran. Penghargaan-penghargaan tersebut didirikan pada 1895 atas kehendak Alfred Nobel, yang memerintahkan agar penghargaan tersebut diurus oleh Yayasan Nobel. Nobel Ekonomi didirikan pada 1968 oleh Sveriges Riksbank, bank sentral Swedia, terhadap jasa-jasa pada bidang ekonomi. Setiap penerima meraih sebuah medali emas, sebuah diploma, dan sejumlah uang, yang diberikan oleh Yayasan Nobel, secara tahunan. Enam penerima meraih lebih dari satu penghargaan; dari keenamnya, Komite Palang Merah Internasional telah meraih Nobel Perdamaian sebanyak tiga kali, lebih banyak ketimbang yang lainnya. Dua penerima mendapatkan penghargaan sebanyak dua kali namun tidak pada bidang yang sama: Marie Curie (Fisika dan Kimia) dan Linus Pauling (Kimia dan Perdamaian). Diantara 870 penerima Nobel, 48 adalah wanita; wanita pertama yang meraih Penghargaan Nobel adalah Marie Curie, yang meraih Penghargaan Fisika pada 1903. Ia juga menjadi orang pertama (laki-laki atau perempuan) yang meraih dua Penghargaan Nobel, penghargaan yang kedua adalah Nobel Kimia, yang diberikan pada 1911.(Selengkapnya...)

Prosedur isi pilihan

Hapus singgahan halaman