Owarai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Duo komedi Razor Ramon HG dan Razor Ramon RG

Owarai (お笑い) adalah kata yang digunakan untuk mendeskripsikan komedi Jepang seperti yang terlihat di televisi. Kata owarai adalah bentuk honorifik dari kata warai (dengan menambahkan awalan o-), yang berarti "tawa" atau "senyum". Owarai sering dijumpai pada acara ragam Jepang dan para komediannya disebut sebagai owarai geinin atau owarai tarento.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Manzai (漫才), sebuah bentuk komedi tradisional Jepang yang menjadi dasar dari banyak pertunjukan modern saat ini, dicirikan dengan sepasang komedian biasanya pria berusia tua yang memainkan peran tertentu dalam pertarungan komedi yang terus-menerus melawan pasangan mereka sendiri. Tradisi ini dilanjutkan dalam banyak pertunjukan talenta modern. Meskipun terdapat banyak talenta wanita, mereka sebagian besar kalah jumlah dengan pria, dan cenderung mengambil peran-peran kecil.

Sementara pemain manzai secara tradisional mengenakan kimono (pakaian tradisional Jepang), akhir-akhir ini setelan barat adalah pakaian pilihan bagi banyak owarai kombi (コンビ, kombinasi; mengacu pada sepasang komedian dalam satu unit) dan banyak talenta yang memulai penampilan karir mereka dengan gaya yang sangat mirip dengan lawakan tunggal, biasanya termasuk aspek dari manzai dan conte.

Beberapa karakteristik minor termasuk efek suara yang sering digunakan (efek suara kuno dan murah digunakan dengan sengaja untuk efek jenaka), dajare (ダジャレ, permainan kata gaya Jepang), dan dokkiri (ドッキリ, lelucon terapan dengan kamera tersembunyi seperti yang terlihat pada acara populer Amerika Candid Camera).

Acara ragam[sunting | sunting sumber]

Acara ragam Jepang adalah media utama untuk sebagian besar owarai geinin bersama dengan drama dan anime yang merupakan beberapa acara paling populer di televisi Jepang.

Sebagai istilah umum di Jepang, "acara ragam" dapat merujuk pada acara ragam yang "dikemas" dengan berbagai topik, segmen, dan permainan yang sesuai. Istilah ini juga digunakan untuk acara berorientasi komedi yang lebih fokus pada lawakan dan sandiwara, dan acara bertipe kuis/trivia yang menampilkan elemen jenaka. Tidak diharapkan bahwa acara ragam akan selalu mengikuti format yang sama, dan tamu dari grup musik dan talenta Jepang sering terjadi.

Acara bergaya ragam umumnya dibagi menjadi beberapa segmen seperti permainan, penampilan, dan "sudut", beberapa segmen sangat pendek dan beberapa acara berfokus (untuk episode khusus) hanya pada satu permainan atau penampilan. Acara permainan, kuis, atau trivia di Jepang sering dianggap "owarai" karena kontestan acara semacam itu sering kali merupakan campuran dari "owarai geinin" dan talenta Jepang lainnya dari berbagai kalangan. Acara permainan tanpa karakter terkenal yang berperan sebagai kontestan jarang terjadi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]