Ouyang Xun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
salinan dari sebuah teks buatan Ouyang Xun

Ouyang Xun (Hanzi: 歐陽詢; Wade–Giles: Ou-yang Hsun) (557–641), nama kehormatan Xinben (信本), adalah seorang kaligrafer dan sarjana Konghucu pada awal masa dinasti Tang. Ia lahir di Hunan, Changsha, dari sebuah keluarga pejabat pemerintahan; dan meninggal di provinsi Anhui pada masa sekarang.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Ia adalah seorang siswa yang berbakat yang gelar membaca sastra klasik. Ia menjabat di bawah pemerintahan Dinasti Sui pada tahun 611 sebagai Doktor Kekaisaran. Ia menjabat di bawah pemerintahan Dinasti Tang sebagai sarjana dan tukang sensor di Akademi Hongwen. Pada masa tersebut, ia mengajar kaligrafi. Ia merupakan kontributor penting pada Yiwen Leiju.

ia menjadi Kaligrafer Kekaisaran dan menulis beberapa prasasti kekaisaran utama. Ia dapat menulis naskah reguler dengan baik dan karya paling terkenalnya adalah sebuah Prasasti di Istana Jiucheng. Ia dikenal sebagai seorang pejabat pemerintahan dan sarjana yang berbudaya. Bersama dengan Yu Shinan, Xue Ji, dan Chu Suiliang, ia menjadi dikenal sebagai salah satu dari Empat Kaligrafer Besar pada zaman Tang Awal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]