Oud-Heverlee Leuven

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

OudHeverlee Leuven (pengucapan bahasa Belanda: [ˈʌut eː.vər.ˌleː løː.və (n)]), juga dikenal sebagai OH Leuven atau OHL, adalah klub sepak bola Belgia dari kota Leuven. Ia lahir pada tahun 2002 dari penggabungan tiga klub, F.C. Zwarte Duivels OudHeverlee, yang nomor registrasinya diwarisinya, Daring Club Leuven dan Stade Leuven. Rumah klub adalah Den Dreef, yang terletak di Heverlee. Klub saat ini bermain di divisi teratas negara itu, Divisi A Belgia.

Oud-Heverlee Leuven
Berkas:Oud heverlee leuven.png
Nama lengkapOud-Heverlee Leuven
Nama singkatOHL, OH Leuven
Berdiri2002
StadionStadium "Den Dreef",
Heverlee,
Leuven
(Kapasitas: 10,020[1])
PemilikKing Power
KetuaAiyawatt Srivaddhanaprabha
ManajerMarc Brys
LigaBelgian First Division A
2020–21Belgian First Division A, 11th
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang
Musim ini

Sejarah[sunting | sunting sumber]

FC Zwarte Duivels OudHeverlee didirikan pada tahun 1957, meninggalkan liga provinsi pada tahun 1996 dan memenangkan kejuaraan divisi 4 Belgia pada musim 1999-2000. Dipromosikan ke Divisi Ketiga Belgia, mereka bergabung dengan tetangga Leuven, Stade Louvain, yang didirikan pada tahun 1905, setelah bermain lebih dari 30 musim di Divisi Kedua Belgia dan satu tahun di Liga Premier selama musim tersebut. Sejak 2002, F.C. Zwarte Duivels OudHeverlee berada dalam kesulitan keuangan yang parah, bermain di Divisi Ketiga dan Keempat sejak 1991.

Pada tahun 2002, kota Leuven memutuskan bahwa dua tim lapis ketiga, Zwarte Duivels OudHeverlee dan K. Stade Leuven, juga akan bergabung dengan klub ketiga Leuven, K. Daring Club Leuven, kemudian bermain di divisi lima. . Daring Club Leuven didirikan pada tahun 1922, bermain selama beberapa musim di divisi dua Belgia dan, setelah menjadi klub terkemuka di wilayah Leuven antara tahun 1958 dan 1964, pindah ke liga provinsi pada tahun 1979 dan tetap di sana sejak saat itu. Klub baru mengambil alih pendaftaran Zwarte Duivels OudHeverlee dan mulai bermain di Divisi Ketiga Belgia sebagai OudHeverlee Leuven.

Di akhir musim pertamanya, klub kalah tipis dalam promosi, kalah melalui adu penalti dari Eendracht Aalst di final play-off divisi tiga, setelah finis di posisi ke-2 di divisi ke-3 B, 5 poin di belakang juara Tubize. Setelah menempati posisi ke-3 di divisi yang sama pada musim 2003–04, Oud-Heverlee Leuven menempati posisi ke-2 sekali lagi di musim 2004–05 dan kali ini mereka memenangkan play-off promosi dan memasuki divisi kedua pada musim 2005–06. Setelah dua musim menyelesaikan 6 dan 5, OH Leuven selesai 3 di musim Divisi Kedua Belgia 2007-08 dengan 61 poin. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengambil bagian dalam playoff promosi di mana tim selesai sebagai 4 terbawah setelah kehilangan semua enam pertandingan untuk Tubize, Antwerpen, dan Lommel United.

Dua musim dengan tim menyelesaikan 9 dan 14 diikuti oleh gelar divisi kedua pada hari Minggu 24 April 2011, ketika Oud-Heverlee Leuven mengamankan kejuaraan divisi 2 2010–11 dan memperoleh promosi ke divisi Pertama untuk musim 2011–12, menyusul hasil imbang 2-2 di Antwerpen. Tim mengakhiri musim pada hari Minggu berikutnya dengan kemenangan kandang 2-0 melawan Lommel United, mengumpulkan total 73 poin dari 34 pertandingan dan menyelesaikan 8 poin di depan tempat ke-2 Lommel United. Promosi mereka membawa sepak bola divisi satu ke kota Leuven untuk pertama kalinya sejak musim 1949–50, ketika Stade Leuven finis di dasar liga dan terdegradasi.

OH Leuven mengamankan tempat penerbangan pertama mereka setelah bermain imbang 0-0 di kandang melawan Lierse pada 3 Maret 2012, menandai pertama kalinya tim kota Leuven mempertahankannya di level teratas sepakbola Belgia selama lebih dari satu musim. Selama musim 2013–14, OH Leuven terdegradasi setelah kalah dalam play-off promosi/degradasi 2014. Meskipun menempati posisi ke-6, tim tersebut dipromosikan pada tahun berikutnya melalui play-off promosi/terdegradasi pada 2015, tetapi segera terdegradasi setelah selesai terakhir di musim 2015–16.

Pada September 2016, OH Leuven terlibat dalam skandal yang mempengaruhi sepak bola Inggris. Mengenai tuduhan terhadap individu dalam sepak bola Inggris, presiden OH Reuben Jimmy Hooutut diketahui telah mengusulkan klub sebagai "saluran" di mana perusahaan luar dapat mengambil alih kepemilikan pemain sepak bola Inggris. Houtput mengklaim bahwa dia "hanya mencoba mengidentifikasi investor yang mungkin dan tidak akan pernah terlibat dalam aktivitas ilegal apa pun untuk menghindari kepemilikan pihak ketiga", tetapi kemudian mengundurkan diri sebagai ketua OH Leuven pada 30 September.

OH Leuven diakuisisi oleh King Power International Group, dipimpin oleh Vichai Srivadhanaprabha, yang sudah memiliki Leicester City saat klub berjuang secara finansial akhir musim itu.

Pada Juli 2018, OH Leuven menghapus nomor registrasi 6142 (awalnya dimiliki oleh FC Zwarte Duivels OudHeverlee) dan mengembalikannya menjadi 18, memulihkan nomor registrasi yang semula milik Stade Leuven menjadi "mengembalikan masa lalu yang gemilang".

Pada 27 Oktober 2018, presiden klub Vichay Srivandanaprava meninggal dalam kecelakaan helikopter setelah pertandingan kandang melawan West Ham United melawan Leicester City.

Evolusi di seluruh liga[sunting | sunting sumber]

Hijau menunjukkan level tertinggi sepak bola di Belgia; kuning tertinggi kedua; merah tertinggi ketiga.

Kit dan warna[sunting | sunting sumber]

Sejak didirikan pada tahun 2002, warna putih telah menjadi pilihan warna klub, dan logo klub yang baru menggabungkan hijau Stade Leuven, Zwarte Duivels OudHeverlee hitam dan merah Daring Leuven. Selama bertahun-tahun kemeja rumah tetap putih dan sering dihiasi dengan garis-garis merah atau hijau atau lengan berwarna. Warna jersey tandang sebagian besar bergantian merah dan hijau, tetapi juga hitam, kuning dan biru.

[sunting | sunting sumber]

Period Kit manufacturer Shirt sponsor
2002–05 ? Vandezande NV
2005–08 ? Option
2008–15 Vermarc
2015–16 Just Eat
2016–17 Leuven Klimaatneutraal 2030
2017–19 King Power
2019–(22) Adidas

Stadion[sunting | sunting sumber]

Stadion mereka disebut Stadion Den Dreef dan terletak di Kardinaal Mercierlaan di pinggiran selatan Leuven di Heverlee (jangan dikelirukan dengan 'Oud-Heverlee' dalam nama klub, yang sebenarnya merupakan kotamadya yang terpisah). Pintu masuk untuk para penggemar yang berkunjung ada di Tervuursevest.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
3 DF Maroko MAR Sofian Chakla
4 MF Bulgaria BUL Kristiyan Malinov
5 DF Belgia BEL Pierre-Yves Ngawa
6 DF Belgia BEL Sébastien Dewaest (on loan from Genk)
7 FW Benin BEN Yannick Aguemon
8 MF Belgia BEL Siebe Schrijvers
9 FW Guinea GUI Sory Kaba (on loan from Midtjylland)
10 MF Prancis FRA Xavier Mercier
11 FW Yordania JOR Musa Al-Taamari
13 GK Islandia ISL Rúnar Alex Rúnarsson (on loan from Arsenal)
14 MF Belgia BEL Thibault Vlietinck (on loan from Club Brugge)
15 DF Burkina Faso BFA Dylan Ouédraogo
17 FW Ukraina UKR Mykola Kukharevych (on loan from Troyes)
19 FW Georgia GEO Levan Shengelia
20 MF Ghana GHA Isaac Asante
No. Pos. Negara Pemain
21 MF Belgia BEL Alexis De Sart (on loan from Antwerp)
24 DF Belgia BEL Casper de Norre
25 DF Belgia BEL Louis Patris
27 MF Belgia BEL Mandela Keita
28 DF Belgia BEL Toon Raemaekers
32 FW Belgia BEL Daan Vekemans
33 MF Belgia BEL Mathieu Maertens
35 DF Turki TUR Cenk Özkacar (on loan from Lyon)
38 GK Belgia BEL Oregan Ravet
39 FW Belgia BEL Arthur Allemeersch
42 MF Belgia BEL Jo Gilis
46 MF Belgia BEL Milan Taildeman
90 GK Venezuela VEN Rafael Romo
99 FW Iran IRN Kaveh Rezaei

Keluar Pinjaman

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
GK Thailand THA Kawin Thamsatchanan (loaned to Thailand Port until 30 June 2022)
DF Prancis FRA Scotty Sadzoute (loaned to Prancis Nîmes until 30 June 2023)
No. Pos. Negara Pemain
MF Kanada CAN Tristan Borges (loaned to Kanada Forge FC until 30 June 2022)
MF Pantai Gading CIV Aboubakar Keita (loaned to Belgia Charleroi until 30 June 2022, who loaned him to Belgia RWDM)

Staff Club[sunting | sunting sumber]

Hingga 24 Agustus 2020[2][3]

Directors & Senior Management
Role Person
Chairman Thailand Aiyawatt Srivaddhanaprabha
Vice chairman Thailand Apichet Srivaddhanaprabha
Director Republik Irlandia Susan Whelan
Director Inggris Jon Rudkin
Technical Director Belgia Wim De Corte
Chief Executive Officer Belgia Peter Willems
Chief Commercial Officer Belgia Filip Van Doorslaer
Head of Operations Belgia Marc Tordeur
First Team Management
Role Person
First Team Head Coach Belgia Marc Brys
First Team Assistant Coach Maroko Issame Charaï
First Team Assistant Coach Republik Demokratik Kongo Joachim Mununga
Goalkeeping Coach Belgia Bram Verbist
Physical Coach Belgia Bart Van Lancker
Strength Trainer Belgia Dries Bloemen
Video Analyst Belgia Abe Diels
First Team Doctor Belgia Brahim Hacene
First Team Masseur Belgia Gilles Verstockt
Head Physiotherapist Belgia Sam Vanhumbeeck
Physiotherapist Belgia Michiel Devyver
Academy Manager Belgia Henk Mariman
  1. ^ King Power at Den Dreef Stadion (as of 30/03/2018)
  2. ^ "A-Kern". OH Leuven. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-03-07. Diakses tanggal 24 January 2019. 
  3. ^ "Aiyawatt Srivaddhanaprabha wordt voorzitter Oud-Heverlee Leuven". OH Leuven. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-02-12. Diakses tanggal 8 August 2019. 

Manajer[sunting | sunting sumber]

Mantan Pemain[sunting | sunting sumber]

Pencetak gol terbanyak[sunting | sunting sumber]

Berikut daftar pencetak gol terbanyak untuk OH Leuven per musim, hanya menghitung gol yang dicetak selama pertandingan resmi: liga, piala dan playoff.

Player Goals Season
Prancis Thomas Henry 21 2020–21
Prancis Thomas Henry 16 2019–20
Prancis Frédéric Duplus and Belgia Mathieu Maertens 7 2018–19
Benin Yannick Aguemon 13 2017–18
Belgia Esteban Casagolda 8 2016–17
Prancis Yohan Croizet and Belgia Leandro Trossard 9 2015–16
Makedonia Utara Jovan Kostovski 14 2014–15
Belgia Bjorn Ruytinx 11 2013–14
Gambia Ibou 19 2012–13
Belgia Jordan Remacle 16 2011–12
Tunisia Hamdi Harbaoui 28 2010–11
Prancis Cédric Bétrémieux 13 2009–10
Belgia Frederik Vanderbiest 9 2008–09
Belgia Toni Brogno and Belgia Bjorn Ruytinx 16 2007–08
Belgia Toni Brogno 14 2006–07
Belgia Samuel Remy 14 2005–06
Belgia François Sterchele 32 2004–05
Belgia Kristof De Voeght 15 2003–04
Belgia Hans Goethuys 12 2002–03

Internationals[sunting | sunting sumber]

Daftar di bawah ini terdiri dari pemain saat ini dan mantan pemain OH Leuven yang telah memperkuat tim nasional mereka.

Bendera menunjukkan tim nasional tempat mereka bermain.

Hanya pemain yang mendapatkan caps tim utama yang disertakan, U21 atau pertandingan tidak resmi tidak.


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "nb", tapi tidak ditemukan tag <references group="nb"/> yang berkaitan