Otus scops

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Otus scops
Otus scops
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN155019854
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoStrigiformes
FamiliStrigidae
GenusOtus
SpesiesOtus scops
(Linnaeus, 1758)
Tata nama
Sinonim taksonStrix scops Linnaeus, 1758
Scops giu (Scop. 1766)[1]
ProtonimStrix scops
Distribusi

Range of O. scops     Breeding      Resident      Passage      Non-breeding
Otus scops

Otus scops adalah burung hantu kecil. Spesies ini adalah bagian dari pengelompokan burung hantu yang lebih besar yang dikenal sebagai burung hantu khas, Strigidae, yang mengandung sebagian besar spesies burung hantu. Pengelompokan lainnya adalah serak jawa, Tytonidae. Nama ilmiah adalah dari Latin otus untuk burung hantu bertelinga dan Yunani Kuno skopos, "pengamat".

Burung ini berkembang biak di Eropa selatan ke arah timur ke Asia barat dan tengah. Ini bermigrasi, musim dingin di Eropa paling selatan dan Afrika sub-Sahara. Jarang ada jarak jauh di utara kisaran pemijahannya, biasanya terjadi sebagai pegas melampaui. Kecil kemungkinan burung hantu nokturnal ini akan ditemukan di luar musim kawin ketika tidak menelepon. Ini berkembang biak di hutan terbuka, taman dan kebun. Itu meletakkan 3-6 telur di lubang pohon.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ For Scops giu see for instance: Powys, 4th Baron Lilford, Thomas Littleton; Salvin, Osbert; Newton, Alfred; Keulemans, John Gerrard (1885). Coloured figures of the birds of the British Islands. 1. London: R.H. Porter. hlm. 98f. OCLC 1029665771. Diakses tanggal 2020-05-15. 
  2. ^ BirdLife International (2012). "Otus scops". Diakses tanggal 26 November 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]