Otto Sverdrup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Otto Neumann Knoph Sverdrup (31 Oktober 1854 – 26 November 1930) adalah seorang pelaut Norwegia dan penjelajah Arktik.

Pada musim panas 1897 Sverdrup bekerja sebagai kepala kapal Lofoten, sebuah kapal penumpang dari dan ke Svalbard. Pada tahun 1898 ia memulai ekspedisi lain dengan Fram. Sverdrup berusaha mengelilingi Greenland melalui Teluk Baffin tetapi gagal melewati Selat Nares. Terpaksa menahan musim dingin di Pulau Ellesmere, ia dan krunya menjelajahi dan menamai banyak fjord dan semenanjung yang belum dipetakan di pantai barat pulau, menjelaskan nama Norwegia, seperti Pulau Hoved ("pulau utama") dan Laut Pangeran Gustav Adolf (setelah Raja Swedia Gustav VI Adolf)[1][2] di Arktik Kanada.

Antara tahun 1899 dan 1902, ia melewati musim dingin tiga kali lagi di Pulau Ellesmere di Arktik Kanada dengan Fram, melanjutkan penjelajahan dan pemetaan, yang berpuncak pada penemuan pulau-pulau di sebelah barat Pulau Ellesmere, yaitu Axel Heiberg, Amund Ringnes dan Ellef Ringnes , secara kolektif dikenal sebagai Kepulauan Sverdrup. Dalam mengadopsi metode Inuit, Sverdrup dan krunya mampu memetakan total 260.000 kilometer persegi - lebih dari eksplorasi kutub lainnya. Daerah itu terkenal dipetakan oleh topografinya, Gunnar Isachsen, dan 35 publikasi akademis ditulis sebagai hasil dari ekspedisi tersebut. Sekembalinya Sverdrup di Norwegia, ia diperlakukan sebagai pahlawan nasional. Namun, ia tetap relatif tidak dikenal di Amerika Utara, dan relatif tidak dikenal untuk eksplorasi Kanada di Norwegia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Otto Neumann, Sverdrup (1959). Arctic adventures: Adapted from New land: four years in the Arctic regions. Longmans. hlm. 215. 
  2. ^ Barr, Elinor (2015-07-27). Swedes in Canada: Invisible Immigrants (dalam bahasa Inggris). University of Toronto Press. ISBN 9781442695153. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]