Otto II dari Meißen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Otto II
Markgraf Meißen
Gambaran abad ke-17
Masa kekuasaan1156–1190
PendahuluKonrad
PenggantiAlbrecht I
PasanganHedwig dari Ballenstedt
Anak
Albrecht I dari Meißen
Adléta dari Meißen
Dietrich dari Meißen
BapakKonrad dari Meißen
IbuLuitgard dari Ravenstein-Elchingen
Lahir1125
Meninggal18 Februari 1190
PemakamanBiara Altzella

Otto II, yang Kaya (bahasa Jerman: Otto der Reiche; 1125 – 18 Februari 1190) merupakan Markgraf Meißen dari tahun 1156 sampai kematiannya. Ia berasal dari Wangsa Wettin.

Ia adalah putra sulung Konrad dari Meißen, Markgraf Meißen dan Lausitz. Ketika ayahandanya di bawah tekanan Kaisar Friedrich Barbarossa, ia pensiun dan memasuki biara Agustinian di Lauterberg pada tahun 1156, Otto menggantikannya di Meißen sementara adik-adiknya, Dietrich dan Dedo menerima Mark Lausitz dan Kadipaten Groitzsch dengan Rochlitz.

Pada tahun-tahun terakhirnya, Otto harus mengatasi pertengkaran sengit di antara putra-putranya, Albrecht dan Dietrich. Sang markgraf lebih memiliki adiknya Dietrich namun ia ditangkap oleh Albrecht, yang didukung oleh saudara Otto, Dedo dan putranya Konrad. Kaisar Friedrich memaksa pembebasannya dari tahanan, namun Albrecht dapat menegaskan hak warisnya dan menggantikan ayahandanya sebagai markgraf. Namun perseteruan di antara saudara itu bertahan sampai kematian mendadak Albrecht (yang diduga diracuni) pada tahun 1195.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Otto menikahi Hedwig dari Ballenstedt, putri Markgraf Albrecht sang Beruang dari Wangsa Ascania. Pasangan tersebut memiliki empat orang anak:

Otto II dari Meißen
Lahir: 1125 Wafat: 18 Februari 1190
Didahului oleh:
Konrad
Markgraf Meißen
1156–1190
Diteruskan oleh:
Albrecht I