Ottakars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ottakar's adalah jaringan toko buku di Britania Raya, yang sekarang dimiliki, dan di-brand ulang menjadi salah satu jaringan Waterstone's, dan kemudian diambil alih oleh HMV Group plc.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Foto toko buku Ottokar's
Foto toko buku Ottokar's

Toko buku ini didirikan pada tahun 1987 oleh James Heneage. Namanya diambil dari salah satu episode dari serial komik terkenal Petualangan Tintin, " Tongkat Ottokar" karena Heneage adalah penggemar berat serial komik itu, dan sebagian besar tokonya memiliki berbagai macam barang yang berkaitan dengan Tintin. Adanya sedikit perubahan nama tokonya (tidak sama persis dengan Ottokar), dilakukan untuk menghindari pelanggaran hak cipta. Hampir disemua cabang juga dapat ditemui kafe atau kedai kopi (salah satunya adalah Costa) di dalam toko bukunya.

Perusahaan ini juga sudah terdaftar London Stock Exchange pada tahun 1998 dan berkembang dengan pesat, melakukan beberapa akuisisi termasuk didalamnya membeli toko-toko buku kecil di West Country, delapan cabang dari James Thin Booksellers pada tahun 2002, dan 24 cabang dari Hammicks Bookshops Ltd, sebuah perusahaan dengan pengalaman dalam penjualan buku selama tidak kurang dari 35 tahun, pada bulan April 2003.

Pertengahan tahun 2006, jaringannya menyebar hingga 141 lokasi di Inggris Raya. Namun seiring dengan itu, tokonya yang terletak di George Street, Edinburgh telah ditutup pada akhir April 2006, dikarenakan masa sewanya telah habis dan pemilikinya bermaksud untuk membangunnya untuk keperluan yang lain.

Sebagai salah satu usahanya untuk memiliki daya saing dengan toko buku daring, toko ini menawarkan sebuah layanan pemesanan secara daring untuk selama beberapa tahun, namun sekarang sudah tidak disediakan lagi. Situs resmi mereka sekarang sudah menjadi satu dengan jaringan dari Waterstone's.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]