Otoritas Pembangunan Kembali Perkotaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Otoritas Pembangunan Kembali Perkotaan Singapura
Urban Redevelopment Authority of Singapore
Berkas:Ura logo.gif
Lambang URA
Informasi lembaga
Wilayah hukumPemerintah Singapura
Kantor pusatThe URA Centre, 45 Maxwell Road, Singapore 069118
Pejabat eksekutif
  • Peter Ho Hak Ean, Ketua
  • Lim Eng Hwee, Pejabat tertinggi eksklusif
Lembaga indukKementerian Pembangunan Nasional
Situs webura.gov.sg
Kantor Pusat URA di Maxwell Road

Otoritas Pembangunan Kembali Perkotaan (Singkatan: URA; Sederhana: 市区重建局; Melayu: Lembaga Pembangunan Semula Bandar) adalah otoritas nasional perencanaan kota Singapura, dan Dewan Hukum di bawah Kementerian Pembangunan Nasional Singapura.

Misi[sunting | sunting sumber]

Otoritas didirikan pada 1 April 1974, dan sangat penting bagi negara kota, karena Singapura adalah negara yang sangat padat di mana penggunaan lahan harus efisien dan dimaksimalkan untuk mengurangi pemborosan lahan dalam menghadapi kekurangan lahan.

Tanggung jawab URA[sunting | sunting sumber]

Perencanaan penggunaan lahan[sunting | sunting sumber]

Tanggung jawab utama URA adalah perencanaan penggunaan lahan. Perencana URA menyusun rencana penggunaan lahan strategis jangka panjang dan rencana jangka menengah yang ditinjau setiap lima hingga sepuluh tahun. Rencana-rencana ini menentukan penggunaan lahan dan kepadatan kota untuk keseluruhan Singapura, yang dibagi oleh URA menjadi 55 kawasan perencanaan.[1]

Kontrol pengembangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah tanggung jawab URA untuk mengevaluasi dan menyetujui perencanaan persetujuan untuk proyek-proyek pembangunan dari publik dan sektor swasta. Dalam menyetujui aplikasi pengembangan, URA menyatakan tujuannya adalah untuk mendorong pengembangan yang tertata sesuai dengan pedoman perencanaan seperti yang dinyatakan dalam Rencana Induk hukum dan faktor kontrol yang ada. URA mencoba memberikan layanan berkualitas ketika bekerja dalam kemitraan dengan profesional industri bangunan dan masyarakat umum untuk mendorong pembangunan.

Desain perkotaan[sunting | sunting sumber]

URA bertanggung jawab atas desain tata kota. Untuk bidang-bidang yang menjadi perhatian utama, seperti kawasan Singapore River, sabuk belanja Orchard Road, dan Marina Bay, URA menyusun rencana desain perkotaan jangka menengah dan penggunaan lahan khusus. URA juga bekerja dengan lembaga pemerintah lainnya dalam meningkatkan desain tata kota.[1]

Konservasi bangunan[sunting | sunting sumber]

Konservasi bangunan di Singapura adalah tanggung jawab URA, yang mengeluarkan Rencana Induk Konservasi pada tahun 1989. Rencana ini menetapkan pedoman dan proses untuk konservasi bangunan yang signifikan secara budaya dan historis.[2] Lebih dari 7000 bangunan di Singapura telah ditetapkan sebagai bangunan yang dilestarikan.

Penjualan tanah[sunting | sunting sumber]

URA juga menjual tanah dengan tender atas nama pemerintah Singapura untuk memenuhi permintaan dari pengembang swasta.[1] URA berurusan dengan tender untuk tanah pemerintah dan aplikasi untuk membeli tanah yang dipesan.

Manajemen parkir mobil[sunting | sunting sumber]

URA memainkan peran penting dalam mengelola semua parkir mobil umum di luar kawasan Dewan Pengembangan Perumahan. Ini memberikan informasi dan layanan kepada publik sehubungan dengan parkir kupon, parkir musim dan parkir kendaraan berat. URA juga menetapkan anggaran rumah tangga untuk pelanggaran parkir dan denda.

Kantor Pusat URA[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan fungsi URA sebagai otoritas untuk desain perkotaan di Singapura, Pusat URA dikonseptualisasikan oleh arsitek in-house URA. Kenzō Tange Associates dan Kajima Design Asia Pte Ltd menjabat sebagai konsultan desain. Bangunan ini terdiri dari dua blok: blok menara 16 lantai dan podium 5 lantai.[3]

Galeri Kota Singapura[sunting | sunting sumber]

URA menyelenggarakan pameran perencanaan kota publik yang teratur dan selalu diperbarui di tiga lantai pertama kantor pusat mereka. Sorotan meliputi tiga model skala pulau Singapura, daerah tengah, dan kawasan tengah. Pameran dan model khusus tentang proyek saat ini dan perkembangan di seluruh pulau juga ditampilkan secara berkala.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "About Us". Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 October 2013. Diakses tanggal 18 March 2014. 
  2. ^ "Singapore Conservation Program". Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 March 2014. Diakses tanggal 18 March 2014. 
  3. ^ "Construction Excellence Awards 2000". Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 March 2016. Diakses tanggal 19 March 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]