Otokar Cobra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Armoured car during the independence day of Georgia, Tbilisi (1).jpg

Cobra (Turki: Kobra) adalah kendaraan mobil infanteri yang dikembangkan oleh perusahaan Turki Otokar yang menggunakan beberapa komponen mekanis dan sub-sistem HMMWV.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kendaraan Cobra ini diproduksi oleh perusahaan Otokar, maka lebih sering disebut dengan Otokar Cobra. Kendaraan tempur ini menggunakan penggerak 4X4 dan struktur body monokok, sedangkan untuk beberapa komponen kendaraan ini menggunakan komponen yang di adopsi dari HMMWV atau hummer versi militer buatan Amerika Serikat. Sesuai dengan fungsinya sebagai kendaraan lapis baja ringan, Otokar Cobra juga dapat di gunakan di berbagai medan pertempuran sesuai dengan type atau variant dari kendaraan ini, tidak kurang dari 11 variant telah di produksi.

Saat ini populasi Otokar Cobra terhitung sudah mencapai 481 Cobra yang digunakan oleh angkatan darat Turki ( Turkish Army). Belum termasuk 193 unit lagi yang di pesan oleh Angkatan bersenjata Nigeria (Military of Nigeria) dengan nilai tidak kurang dari $52.8 Juta termasuk dengan suku cadangnya.

Variant dari Otokar Cobra antara lain adalah : Armoured Personnel Carrier, Anti-Tank Vehicle, Reconnaissance Vehicle, Ground Surveillance Radar Vehicle, Forward Observation Vehicle, Armoured Ambulance, Armoured Command Post, turreted vehicle for 12.7mm machine gun, 20mm cannon, anti-tank missiles such as the TOW missile or surface-to-air missiles.

Cobra II[sunting | sunting sumber]

Kendaraan lapis baja Cobra II lebih berat dari penerusnya (Cobra 4x4) yang kendaraan ini sekarang dioperasikan oleh 15 negara. Cobra II memiliki bobot tempur 12.000 kg dua kali lipat lebih berat dari pendahulunya Cobra 4x4 yang memiliki bobot tempur 6.900 kg dan sedikit lebih lebar, lebih panjang, lebih tinggi dan menawarkan volume intern yang lebih besar.

Cobra II adalah sebuah pengangkut personel lapis baja (APC), konfigurasi kendaraan ini dapat membawa hingga sembilan personel (2 + 7) dan kendaraan dapat dipersenjatai dengan sejumlah senjata yang berbeda, termasuk awak yang mengoperasikan senapan mesin (MGS) dan stasiun senjata jarak jauh dari MGS dipersenjatai dengan rudal jarak pendek permukaan-ke-udara. Tidak seperti Cobra, Cobra II tidak mengambil sifat amfibi hanya bersifat standar, meskipun versi amfibi dilengkapi dengan baling-baling hingga bentuk lambung yang berbeda juga telah tersedia.

Referensi[sunting | sunting sumber]