Othon IV dari Bourgogne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Othon IV
Comte Bourgogne
Othon IV, Comte Bourgogne
Pasangan Philippa dari Bar
Mathilde d'Artois
Anak
Jeanne II dari Bourgogne
Blanche dari Bourgogne
Robert dari Bourgogne
Keluarga bangsawan Wangsa Ivrea
Bapak Hugues de Châlon
Ibu Alix dari Merania
Lahir 1248
Ornans
Meninggal 1302

Othon IV (1248, Ornans – 1302) merupakan seorang Comte Bourgogne. Ia adalah putra Hugues de Châlons dan Alix, Comtesse Palatinus dari Bourgogne. Melalui ibundanya, ia adalah cucu dari Comtesse Beatrice II dari Bourgogne. Melalui ayahandanya, ia adalah keturunan dari Para Comte Bourgogne dari cabang lain.

Setelah kematian ayahandanya pada tahun 1266/1267, ia menjadi Comte Châlons. Ibundanya, Alix, meninggal pada tanggal 8 Maret, 1279, dan Othon menjadi ahli waris provinsi tersebut. Namun ia tidak mampu mengamankan kekuasaan yang sesungguhnya di provinsi tersebut sampai tahun 1295. Putranya dan putrinya yang lebih tua, Jeanne II akhirnya menggantikannya di Provinsi Bourgogne.

Istrinya Mahaut menyusun kontrak pada tanggal 4 Juni 1312 dengan seorang pembuat makam terkenal yang bernama Jean Pepin de Huy untuk membuat sebuah makam. Di dalam kontrak tersebut ditentukan sebuah makam yang terbuat dari batu dan pualam. Othon akan digambarkan sebagai seorang ksatria yang bersenjata dengan perisai, pedang dan baju besi. Seekor singa digambarkan di bawah kakinya. Dua malaikat mendukung bantal di bawah kepalanya. Makam ini telah punah sekarang, namun desainnya diawetkan.[1]

Pernikahan dan Keturunan[sunting | sunting sumber]

Ia menikahi Philippa dari Bar pada tahun 1271. Pernikahan itu tidak menghasilkan keturunan.

Ia menikahi istri kedua, Mahaut d'Artois, pada tahun 1285.[2] Mereka memiliki tiga orang anak:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frisch, TG, Gothic art 1140-c. 1450: sources and documents, University of Toronto Press, 1987, ISBN 978-0-8020-6679-4 Googlebooks
  2. ^ Philippe Le Bel et la Noblesse Franc-Comtoise, Frantz Funck-Brentano, Bibliothèque de l’École des chartes, Vol. 49 (1888), 12.
  3. ^ Blanche of Artois and Burgundy, Chateau-Gaillard, and the Baron de Joursanvault, Elizabeth A.R. Brown, Negotiating community and difference in medieval Europe: gender, power, patronage, and the authority of religion in Latin Christendom, ed.