Osu!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
osu!
logo osu!sejak 2016
Tangkapan layar dari osu! Lazer, versi sumber terbuka mendatang dari osu!.
Tangkapan layar dari osu! Lazer, versi sumber terbuka mendatang dari osu!.
Perancang awalDean "peppy" Herbert
PengembangDean "peppy" Herbert
Rilis perdana16 September 2007; 14 tahun lalu (2007-09-16)
Rilis stabil
20201110[1] / 9 November 2020; 20 bulan lalu (2020-11-09)
Rilis pratayang
2020.1121.0[2] / 21 November 2020; 20 bulan lalu (2020-11-21)
Repositorihttps://github.com/ppy/osu
Bahasa pemrogramanC#
Sistem operasiMicrosoft Windows
macOS
Linux (open beta)
Android (open beta)
iOS (open beta)
Ukuran141MB
Tersedia dalam36 bahasa
JenisPermainan ritme
LisensiFreeware
MIT (osu!lazer/preview build)
Situs webosu.ppy.sh

osu! adalah permainan ritme yang dikembangkan, diterbitkan dan dibuat oleh Dean Herbert (Atau juga dikenal sebagai peppy). Awalnya dirilis untuk Microsoft Windows pada 16 September 2007, permainan ini juga telah diporting ke macOS, Linux, Android dan iOS (Melalui Proyek Sumber Terbuka osu!lazer). Aspek permainannya didasarkan pada judul termasuk Osu! Tatakae! Ouendan, Taiko no Tatsujin, Beatmania IIDX,[3] Elite Beat Agents, O2Jam, StepMania, dan DJMax. Permainan ini memiliki komunitas E-Sport yang aktif, dan terkadang juga direkomendasikan oleh pemain profesional dari permainan lain untuk berlatih atau pemanasan.[4][5]

Mode permainan[sunting | sunting sumber]

Ada empat mode permainan resmi: "osu!" (atau juga disebut sebagai osu!standard atau osu!std), "osu! taiko", "osu! catch" (sebelumnya "osu! ctb"), dan "osu! mania".[6][7] yang dimana dimainkan dengan "beatmap" (atau juga disebut sebagai "map"). Untuk osu!Standard, Map terdiri dari tiga item - hit circle, slider, dan spinner. mereka disebut sebagai "hit objects" dalam permainan ini, dan disusun dalam posisi yang berbeda di layar dan di titik waktu yang berbeda. Beatmap tersebut kemudian dimainkan dengan musik pengiring, menirukan ritme saat pemain berinteraksi dengan objek mengikuti irama musik. Setiap beatmap disertai dengan latar belakang (Bisa berupa Video atau Storyboard). Permainan ini dapat dimainkan menggunakan berbagai perangkat, tetapi yang paling umum adalah tablet grafis atau mouse komputer untuk mengontrol pergerakan kursor, dipasangkan dengan keyboard.[8][3]

Semua mode permainan juga memiliki mod tertentu yang dapat diterapkan yang mengubah alur permainan dengan cara tertentu. Sementara setiap mode memiliki mod uniknya sendiri, sebagian besar merupakan standar antar mode permainan. Mod ini dapat dibagi menjadi tiga kategori: Kesulitan meningkat (Hard Rock, Sudden Death/Perfect, Hidden/Fade In, Double Time/Nightcore, Flashlight), Kesulitan berkurang (Easy, Half Time, No-Fail, Spun Out, Auto-Pilot) dan tidak berperingkat (Relax, Cinema, Auto, ScoreV2)

osu!standard[sunting | sunting sumber]

osu! standard, biasanya disebut hanya osu!, adalah mode permainan yang paling banyak dimainkan dan terdiri dari bermain beatmap dengan mengklik lingkaran, menahan slider, dan memutar spinner. Pengubah alur permainan lainnya (atau sering disebut mod) menambahkan fitur alur permainan tambahan atau mengubah tingkat kesulitan dengan menaikkannya (Double Time/Nightcore, Hidden, Flashlight, Hard Rock, Sudden Death / Perfect), atau menurunkannya (Easy, Half Time, No Fail, Spun Out). Inspirasi untuk mode ini diambil dari Osu! Tatakae! Ouendan dan Agen Elite Beat untuk DS.

osu!taiko[sunting | sunting sumber]

osu!taiko adalah mode permainan yang terdiri dari mengklik nada merah atau biru ke ketukan pada antarmuka seperti drum, yang terinspirasi oleh seri Taiko no Tatsujin.

osu!catch[sunting | sunting sumber]

osu!catch, sebelumnya dikenal sebagai osu!ctb (catch the beat), adalah mode permainan yang terdiri dari menangkap buah yang jatuh sesuai ketukan dengan mengontrol karakter mini yang memegang piring.

osu!mania[sunting | sunting sumber]

osu!mania adalah mode permainan yang terdiri dari gaya seperti piano dari nada klik mengikuti irama, mirip dengan seri Beatmania IIDX. Jumlah kunci berkisar dari 1 hingga 9 (2 hingga 18 dengan penggunaan tahap ganda), dengan 4 kunci dan 7 kunci menjadi lebih populer di kalangan pemain.

Beatmap[sunting | sunting sumber]

osu! memiliki lima kategori beatmap yang berbeda:[9]

  • "Ranked & Approved" – beatmap buatan komunitas yang disetujui untuk dimainkan oleh Nominator Beatmap, atau BN. Peta-peta ini memberikan poin performa (pp) yang memungkinkan pemain untuk naik dalam peringkat pemain global. Peta peringkat selalu menampilkan papan peringkat 50 teratas global.
  • "Qualified" – beatmap yang sedang dalam perjalanan menuju peringkat. Beatmap akan tetap di "Qualified" selama 1 minggu, setelah itu mereka akan diberi peringkat. Beatmap dalam "Qualified" akan didiskualifikasi dan status beatmap disetel ulang ke "Pending" jika ditemukan masalah yang tidak berhubungan dengan kriteria ranking osu!. Mereka tidak menghargai poin kinerja.
  • "Loved" – beatmap yang mendapat sambutan signifikan dari komunitas dan disetujui untuk dimainkan. Mereka hanya menampilkan papan peringkat beatmap. Papan peringkat ini dapat disetel ulang oleh pembuat beatmap. Beatmap yang dicintai tidak memberikan poin performa.
  • "Pending" dan "WIP" – beatmap yang tidak sepenuhnya selesai atau menunggu untuk diberi peringkat. Mereka tidak memiliki papan peringkat dan tidak menghargai poin kinerja.
  • "Graveyard" – beatmap yang belum menerima pembaruan selama lebih dari 28 hari. Sama seperti beatmap tertunda, mereka tidak memiliki papan peringkat dan tidak memberikan poin kinerja.
  • "Not submitted" – beatmap yang masih dalam pengembangan dan belum dikirim ke osu! situs web untuk status peringkat. Beatmap seperti ini hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki file .osz (file beatmap osu!).

Layanan berlangganan (osu!supporter)[sunting | sunting sumber]

Permainan ini menawarkan layanan berbasis langganan yang disebut osu!Supporter, yang memberikan banyak fitur kualitas hidup kepada pengguna. Pemain dapat mengunduh beatmap langsung dari dalam permainan, tanpa proses panjang menggunakan peramban melalui layanan yang disebut osu!direct. Ikon hati di samping nama pengguna pada situs web resmi osu!, slot beatmap tambahan yang tertunda, kecepatan unduh yang lebih cepat, akses ke multipemain di build mutakhir, papan peringkat khusus teman dan negara, satu perubahan nama pengguna gratis, lebih banyak kustomisasi dalam permainan, nama pengguna kuning di obrolan dalam permainan, dan lebih banyak penyesuaian di halaman pengguna seseorang (tab "saya").[10] osu!supporter tidak memengaruhi peringkat apa pun dan semua dana diarahkan untuk pemeliharaan osu!.

osu!lazer[sunting | sunting sumber]

osu!lazer menu screen.
Tampilan menu dari osu!lazer.

osu!lazer[11] adalah remake gratis dan open-source dari klien game asli yang sedang dalam pengembangan berat. Awalnya diproyeksikan untuk versi stabil yang keluar pada tahun 2017. Namun, pada Februari 2021, tidak semua fitur berfungsi. Ini menghasilkan framework grafis baru[12] yang menambahkan peningkatan visual, kinerja, dan lebih banyak fleksibilitas untuk perubahan di masa mendatang, meskipun mungkin disertai dengan penurunan bingkai.

Framework baru yang mendukung osu!lazer ini akan memungkinkan pengguna untuk membuat mode permainan mereka sendiri yang kemudian dapat dimainkan dan dimodifikasi di klien osu!lazer.

Pengembangan osu!lazer dimulai pada tahun 2015 dan versi pengembangan osu!lazer saat ini tersedia untuk pengujian di Microsoft Windows, macOS, Linux, Android, dan iOS. osu!lazer ditulis seluruhnya dalam .NET Core.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Jeuxvideo.com mengulas osu! menyukai dengan 18/20 poin pada 2015.[13] Pada tahun 2010, pengulas MMOGames.com Daniel Ball mengatakan bahwa meskipun permainan tersebut sangat mirip dengan Elite Beat Agents, itu dibedakan oleh perpustakaan komunitasnya yang besar berisi konten dan kustomisasi komunitas berkualitas tinggi.[14]

osu! telah digunakan dan direkomendasikan oleh pemain esports seperti Ninja dan EFFECT, sebagai cara untuk melakukan pemanasan dan melatih bidikan mereka.

Komunitas dan permainan kompetitif[sunting | sunting sumber]

Penonton menyaksikan dua pemain top ("idke" dan "RyuK") bersaing di osu! TwitchCon Booth pada tahun 2018

Hingga Juni 2020, osu! memiliki 17.400.851 pemain di seluruh dunia.

osu! berisi tiga aspek utama persaingan antar pemain. Di lobi multipemain, hingga 16 pengguna memainkan peta secara bersamaan. Di peta individu, pemain bersaing untuk mendapatkan skor tinggi di papan peringkat global atau melawan skor tertinggi yang ditetapkan oleh mereka sendiri dan teman. Pemain juga bersaing dengan peringkat mereka, yang dihitung dengan mengumpulkan "poin kinerja" (pp). pp didasarkan pada kesulitan peta dan akurasi pemain.[15] Menurut PC Gamer, osu! Paling kompetitif skor pemain antara 100 dan 400 pp di peta, dengan sedikit yang pernah melebihi 500. Pada Juli 2019, seorang pemain, Vaxei, melampaui 1.000 pp untuk pertama kalinya, diikuti oleh pemain lain, idke, kurang dari dua puluh empat jam kemudian.[16][17]

osu! juga menampilkan acara yang berbeda, seperti kontes fanart dan beatmapping. Acara dan konvensi tidak resmi juga diadakan. Acara tidak resmi terbesar yang diadakan di komunitas adalah "cavoe's osu! event"[18] (biasanya disebut sebagai "acara osu!" Atau "COE"), yang diadakan di The Brabanthallen di 's Hertogenbosch, Belanda. Acara tersebut telah diselenggarakan tiga kali sejak tahun 2017 setiap tahun. Namun karena pandemi COVID-19, COE 2020 dibatalkan.

Klien seluler[sunting | sunting sumber]

iOS[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2011, osu!Stream dirilis sebagai adaptasi dari osu! untuk perangkat iOS yang menjalankan iOS 6 dan yang lebih baru, juga dikembangkan oleh Dean Herbert. Perbedaan utama antara osu! dan osu!stream adalah bahwa beatmap osu!stream tidak dibuat oleh pengguna dan malah dibuat oleh pengembang osu!stream. Versi ini juga mencakup beberapa elemen alur permainan baru.[19] Pada 26 Februari 2020, Herbert mengumumkan bahwa ia merilis kode sumber dan berencana untuk menghentikan pengembangan permainan, merilis satu pembaruan terakhir yang membuat semua level gratis untuk diunduh.[20]

Osu!Lazer versi beta di iOS dapat dimainkan melalui TestFlight.[21]

Android[sunting | sunting sumber]

osu!droid adalah klien penggemar osu! untuk perangkat Android. Osu!Droid resmi dirilis melalui Play Store, meskipun banyak pemain mengeluhkan masalah tersebut. Sejak itu, dirilis tidak resmi, berjudul osu!Evolution, telah digunakan sebagai pengganti osu!Droid.[22]

opsu! adalah klien yang tersedia di perangkat Android dan berisi port untuk dimainkan di PC, tetapi tidak lagi dilayani mulai tahun 2019. Namun, server untuk layanan ini masih online, jadi permainan ini masih tersedia untuk dimainkan. Fitur utamanya adalah sistem osu!Direct-like untuk mengunduh beatmap dari dalam permainan.[23]

Osu!Lazer versi beta dapat dimainkan di perangkat Android menggunakan APK.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Stable Releases". ppy. Diakses tanggal 22 November 2020. 
  2. ^ "Releases". GitHub. Diakses tanggal 22 November 2020. 
  3. ^ a b Gonzáles, Mariela (5 September 2019). "Gaming Sounds: Osu!, cuando el ritmo se convierte en nuestro séptimo sentido". The Objective (dalam bahasa Spanish). The Objective Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 January 2020. Diakses tanggal 7 January 2020. 
  4. ^ Carpenter, Nicole (2019-07-16). "Gamers with godlike reflexes are racing to break world records in this rhythm game". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-19. 
  5. ^ Webb, Kevin. "Professional gamers like Ninja use this music game to practice their aim and improve their mouse skills — here's how you can play for free". Business Insider. Diakses tanggal 2020-10-19. 
  6. ^ Andika, Ferry (27 December 2019). "Osu!, Game Rhythm Terkenal di PC dengan Ribuan Pemain Harian" (dalam bahasa Indonesian). Jakarta: Indozone Media Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 January 2020. Diakses tanggal 7 January 2020. 
  7. ^ "Game mode · basis pengetahuan | osu!". osu.ppy.sh. Diakses tanggal 2020-10-20. 
  8. ^ Smart, Jibb (17 September 2019). "Why not just use thumbsticks?". Gamasutra (dalam bahasa English). Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 January 2020. Diakses tanggal 7 January 2020. While there's debate among its fans as to whether playing with a mouse is as good as playing with a stylus, there's one thing everyone will agree on: thumbsticks are almost useless for this game. 
  9. ^ "Beatmaps". osu.ppy.sh. Diakses tanggal 2019-09-09. 
  10. ^ "dukung permainan ini | osu!". osu.ppy.sh. Diakses tanggal 2020-10-20. 
  11. ^ "Releases · ppy/osu". GitHub (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-17. 
  12. ^ ppy/osu-framework, 2021-06-16, diakses tanggal 2021-06-17 
  13. ^ "Test : Osu!". jeuxvideo.com (dalam bahasa Prancis). June 7, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 21, 2017. 
  14. ^ Ball, Daniel (April 27, 2010). "Online rhythm and music game Osu! reviewed - MMOGames.com". MMOGames.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 22, 2018. Diakses tanggal October 22, 2018. 
  15. ^ "Performance Ranking". osu.ppy.sh. Diakses tanggal 2019-09-01. 
  16. ^ Carpenter, Nicole (2019-07-16). "Gamers with godlike reflexes are racing to break world records in this rhythm game". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-19. 
  17. ^ Hao, Dexter Tan Guan (2019-07-25). "Osu! PP world record broken by 15-year-old". Dot Esports (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-19. 
  18. ^ cavoeboy. "COE". COE. Diakses tanggal 2020-10-20. 
  19. ^ "osu!stream · basis pengetahuan | osu!". osu.ppy.sh. Diakses tanggal 2020-10-19. 
  20. ^ blog, ppy. "osu!stream 2020 release". blog.ppy.sh. Diakses tanggal 2020-10-19. 
  21. ^ "testflight | osu!". osu.ppy.sh. Diakses tanggal 2020-10-19. 
  22. ^ "osu!droid | Rhythm is just a Tap away! | 一款android端的音乐节奏类游戏". ops.dgsrz.com. Diakses tanggal 2020-10-19. 
  23. ^ "opsu!". itdelatrisu.github.io. Diakses tanggal 2020-10-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]