Ostmark (Austria)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ostmark pada tahun 1941

Ostmark (pengucapan bahasa Jerman: [ˈʔɔstmaʁk] ( simak), berarti "wilayah perbatasan timur") adalah nama yang digunakan oleh Jerman Nazi dari tahun 1938 hingga 1942 untuk menggantikan Negara Federal Austria seusai peristiwa Anschluss.

Selayang pandang[sunting | sunting sumber]

Setelah Adolf Hitler yang terlahir di Austria berhasil menyatukan negara asalnya dengan Jerman (Anschluss), pemerintah Nazi mengubah nama wilayah ini: nama Austria (Österreich dalam bahasa Jerman, berarti "kerajaan timur") diganti menjadi "Ostmark", yang mengacu kepada istilah Marcha orientalis pada abad ke-10. Perubahan ini dimaksudkan untuk menegaskan bahwa Austria sekarang adalah "wilayah perbatasan timur" Reich Jerman.

Pada Agustus 1938, Donau-Zeitung dengan bangga menyebutkan Passau sebagai "tempat kelahiran Ostmark yang baru".[1]

Subdivisi[sunting | sunting sumber]

Menurut Ostmarkgesetz yang mulai berlaku pada tanggal 1 Mei 1939, Austria dibagi menjadi tujuh Reichsgaue, masing-masing di bawah kepemimpinan seorang pejabat pemerintah yang memegang jabatan Reichsstatthalter (gubernur) dan Gauleiter (pemimpin Partai Nazi):[2]

Reichsgau merupakan pembagian administratif yang baru dan sederhana yang menggantikan negara-negara bagian federal di Austria.[3] Pada tahun 1942, istilah "Ostmark" dianggap masih dapat mengingatkan orang akan negara Austria yang merdeka, sehingga istilah resmi untuk tujuh Reichsgaue tersebut adalah Donau- und Alpenreichsgaue ("Reichsgaue Donau dan Alpen"). Seusai Perang Dunia II, negara Austria dikembalikan seperti semula sesuai dengan Deklarasi Moskwa 1943.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anna Rosmus Hitlers Nibelungen, Samples Grafenau 2015, hlm. 165f
  2. ^ ["(Jerman) legal text at verfassungen.de". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-11-12. Diakses tanggal 2017-11-02.  (Jerman) legal text at verfassungen.de]
  3. ^ "reconciliationfund". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-06. Diakses tanggal 2017-11-02. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]