Apa Artinya Cinta?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ost. Apa Artinya Cinta?)
Apa Artinya Cinta?
SutradaraSunil Soraya
ProduserRam Soraya
Sunil Soraya
Ditulis olehSunil Soraya
Riheam Junianti
PemeranShandy Aulia
Samuel Rizal
Onky Alexander
Didi Petet
Sari Nila
Dimas Beck
Acha Septriasa
Penata musikMelly Goeslaw
Anto Hoed
SinematograferRei Supriadi
PenyuntingSastha Sunu
Perusahaan
produksi
DistributorSoraya Intercine Films
Tanggal rilis
2 November 2005
Durasi128 menit
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia
Anggaran30 miliar rupiah

Apa Artinya Cinta adalah film drama remaja Indonesia yang dirilis pada tanggal 2 November 2005 dan disutradarai oleh Sunil Soraya. Film ini diperankan oleh Shandy Aulia dan Samuel Rizal sebagai pemeran utama. Film ini telah dirilis dengan format DVD dan home video pada 24 April 2014.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Aliza (Shandy Aulia) adalah seorang gadis remaja berusia 17 tahun yang hidup di tengah keluarga yang kaya dan harmonis. Selain rutinitas sekolah, ia dan sahabat karibnya, Mitha (Acha Septriasa) kerap hang-out bersama teman-temannya yang lain. Hal yang berbeda dari kehidupannya adalah pernikahan kakaknya, Rio (Mischa Chandrawinata), yang akan dilangsungkan beberapa minggu lagi dan keinginan Aliza untuk kuliah di luar negeri, yang masih menjadi pertimbangan ayahnya (Onky Alexander) dan Ibunya (Sari Nila) yang hamil anak ketiga.

Segala rutinitas itu berubah saat Aliza berkunjung ke rumah tetangganya yang berada di seberang jalan. Kunjungan itu dilakukan untuk menyambut anak tetangganya yang bernama Dara (Samuel Rizal) yang baru kembali dari Amerika Serikat untuk liburan kuliahnya. Sifat Dara yang eksentrik, membuat Aliza dan Mitha penasaran, apalagi berkat gosip Rio yang mengatakan kalau Dara itu adalah seorang Penyuka Sesama Jenis. Kesalahpahaman antara Aliza dan Dara selalu terjadi karena Dara yang selalu berbicara dengan pola kalimat sesedikit mungkin, membuat Aliza tidak menentu mengenai perasaannya kepada Dara. Di saat yang bersamaan, seorang laki-laki bernama Fadli (Alexander Wiguna) yang datang menginap di rumah Dara menjadi poin tambah kecurigaan Aliza. Kendati begitu, Dara kembali menunjukkan sifat maskulinnya yang sudah menemani Aliza pergi ke pernikahan Rio.

Pada suatu malam, kekasih Mitha, Angga (Dimas Beck) yang sudah lama terlibat konflik dengan ayahnya yang selalu bertingkah keras, dipukul pingsan oleh ayahnya sendiri dan setelah itu ayahnya menembak dirinya sendiri. Hal itu membuat Mitha dan Aliza menjadi panik. Dan karena menemani Angga di rumah sakit, Aliza ketinggalan ucapan perpisahan Dara, yang pada hari yang sama pergi ke Amerika Serikat untuk meneruskan kuliah. Bagai kebetulan, ayahnya sudah menyetujui Aliza untuk kuliah di luar negeri, tepatnya di Amerika Serikat. Om Sudiro (Didi Petet), ayah mertua Rio, setuju menemani keluarga Aliza ke Amerika, apalagi Om Sudiro mempunyai sebuah villa di sana.

Di pesawat, Rio, yang menjadi teman Dara di Indonesia, memberikan Aliza nomor telepon apartemen Dara di San Francisco. Di San Francisco, Aliza dan Dara terlibat dalam sebuah malam yang menyenangkan. Tetapi keesokan harinya, Aliza menemukan Dara di apartemennya tengah memeluk seorang pria, Aliza pun yakin bahwa Dara benar-benar Seorang Penyuka Sesama Jenis, padahal pada malamnya, Aliza diundang untuk makan malam bersama Dara di apartemennya. Kemudian, saat makan malam, Aliza menanyakan mengenai hubungan Dara dengan pria yang dipeluk Dara, Dara menjelaskan bahwa orang yang dipeluk itu adalah Fadli, kakak Dara. Dan pelukan itu sebagai simbol pertemanan setelah Dara mempraktikkan cara mengungkapkan cintanya kepada Aliza. Aliza yang terkejut mendengar hal itu berciuman dengan Dara sebagai bukti cinta mereka. Dan paginya, setelah mengatur kepindahan Aliza ke Amerika Serikat, Mitha memberitahu bahwa ia akan kuliah di Amerika juga menemani Angga yang mendapatkan beasiswa di sana. Berakhir dengan akhir yang bahagia, Aliza dan Mitha tertidur bersama setelah menengok adik Aliza yang baru lahir.

Album[sunting | sunting sumber]

Ost. Apa Artinya Cinta?
Album lagu tema karya Melly Goeslaw
Dirilis2005
Direkam2005
Genre
LabelAquarius Musikindo
ProduserMelly Goeslaw
Anto Hoed
Kronologi Melly Goeslaw
Intuisi
(2005)Intuisi2005
Ost. Apa Artinya Cinta?
(2005)
Ost. Heart
(2006)Ost. Heart2006
Singel dalam album Ost. Apa Artinya Cinta?
  1. "Apa Artinya Cinta? (Ft. Ari Lasso)"
  2. "I'm Fallin' in Love"
  3. "Mengapa Tak Kau Ucap Sekarang"
  4. "Kekasih Terakhir"

Ost. Apa Artinya Cinta? adalah album yang diproduksi oleh Melly Goeslaw dan Anto Hoed untuk soundtrack film Apa Artinya Cinta. Album ini berisi 14 buah lagu yang dinyanyikan oleh Melly Goeslaw, dengan lagu Apa Artinya Cinta? yang dinyanyikan berduet dengan Ari Lasso sebagai lagu utamanya. Selain itu, lagu I'm Falling in Love juga dijadikan single kedua album ini.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. Pemabuk Cinta
  2. Berpacaran
  3. Aku Tergoda
  4. Apa Artinya Cinta? (duet dengan Ari Lasso)
  5. Mengapa Tak Kau Ucap Sekarang
  6. Ingin Tahu (duet dengan Bayu)
  7. Selamat Bahagia (Oleh Lukman "Superglad")
  8. I'm Falling in Love
  9. Malu
  10. Kekasih Terakhir
  11. Love is Beautiful (score)
  12. Dara & Aliza (score)
  13. Apa Artinya Cinta? (mellow score)
  14. Mengapa Cinta?

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Film Apa Artinya Cinta berhasil memperolah total jumlah penonton sebanyak 2.000.000 di satu bulan lebih penayangannya. Hal tersebut menjadikan film ini masuk Daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa di urutan ke 42 pada saat itu dirilis pada Idul Fitri 2 Nopember 2005. Film ini juga menjadi film terlaris yang disutradarai oleh Sunil Soraya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]