Oryza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Oryza
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmonocots
Kladcommelinids
OrdoPoales
FamiliPoaceae
SubfamiliOryzoideae
TribusOryzeae
GenusOryza
Linnaeus, 1753
Tipe taksonomiOryza sativa
Tata nama
Sinonim takson

Oryza adalah genus tanaman dalam famili rumput.[3][4] Termasuk tanaman pangan utama beras (spesies Oryza sativa dan Oryza glaberrima). Anggota genus tumbuh setinggi, lahan basah rumput, tumbuh setinggi 1–2 meter (3–7 ft); genusnya mencakup spesies setahunan dan perenial.[5]

Oryza terletak di suku Oryzeae, yang dicirikan secara morfologis oleh bulir berbunga tunggal yang glumes hampir sepenuhnya ditekan. Dalam Oryza, dua lemma steril mensimulasikan glume. Suku Oryzeae berada dalam subfamili Ehrhartoideae,[6] sekelompok suku Poaceae dengan ciri-ciri tertentu kesamaan anatomi daun bagian dalam. Karakteristik daun yang paling khas dari subfamili ini adalah sel lengan dan sel fusoid yang ditemukan pada daunnya.[7]Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan[dibutuhkan verifikasi sumber]

Satu spesies, beras Asia (O. sativa), menyediakan 20% biji-bijian global dan merupakan tanaman pangan yang sangat penting secara global. Spesies ini dibagi menjadi dua subkelompok dalam genus.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Di dalam genus Oryza, spesies dapat dibagi berdasarkan jenis genomnya. Mereka termasuk diploid (2n = 24) Templat:Jangkar yang terlihat padi yang dibudidayakan dan kerabat mereka, Templat:Jangkar yang terlihat, Templat:Jangkar terlihat, Templat:Jangkar terlihat, Templat:Jangkar terlihat dan Templat:Jangkar terlihat serta tetraploid (4n = 48) Templat:Jangkar terlihat, Templat:Jangkar terlihat, Templat:Jangkar terlihat, Templat:Jangkar terlihat dan Templat:Jangkar terlihat. Spesies dari tipe genom yang sama mudah bersilangan, sementara hibridisasi tipe yang berbeda membutuhkan teknik seperti penyelamatan embrio.[8][9]

Lebih dari 300 nama telah diusulkan untuk spesies, subspesies, dan taksa infraspesifik lainnya dalam genus. Sumber yang dipublikasikan tidak setuju dengan berapa banyak dari ini harus diakui sebagai spesies yang berbeda. Berikut ini mengikuti Daftar Periksa Dunia yang dikelola oleh Kew Garden di London.[1]

Sebelumnya termasuk[sunting | sunting sumber]

Banyak spesies sekarang dianggap lebih cocok untuk genera lain:[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Daftar Periksa Dunia Famili Tumbuhan Terpilih: Royal Botanic Gardens, Kew". apps.kew.org. Diakses tanggal 2016-09-14. 
  2. ^ lectotype designated by Duistermaat, Blumea 32: 174 (1987)
  3. ^ /345/mode/1up Linnaeus, Carl von. 1753. Spesies Plantarum 1: 333. dalam bahasa Latin
  4. ^ "Tropicos | Nama – Oryza L". www.tropicos.org. Diakses tanggal 2016-09-14. 
  5. ^ =123313 "Oryza di Flora Cina @ efloras.org" Periksa nilai |url= (bantuan). www.efloras.org. Diakses tanggal 2016-09-14. 
  6. ^ Kellogg, E.A. "The Evolutionary History of Ehrhartoideae, Oryzeae, and Oryza". Padi. 2: 1–14. doi:10.1007/s12284-009-9022-2alt=Dapat diakses gratis. 
  7. ^ Heywood, V.H. Flowering Plants of the World 1993 Oxford University Press
  8. ^ Stein, Joshua C .; Yu, Yeisoo; Copetti, Dario; Zwickl, Derrick J.; Zhang, Li; Zhang, Chengjun; Chougle, Kapeel; Gao, Dongying; Iwata, Aiko; Goicoechea, Jose Luis; Wei, Sharon; Wang, Jun; Liao, Yi; Wang, Muhua; Jacquemin, Julie; Becker, Claude; Kudrna, Dave; Zhang, Jianwei; Londono, Carlos EM; Lagu, Xiang; Lee, Seunghee; Sanchez, Paul; Zuccolo, Andrea; Ammiraju, Jetty S.S.; Talag, Jayson; Danowitz, Ann; Rivera, Luis F.; Gschwend, Andrea R.; Noutsos, Christos; Wu, Cheng-chieh; Kao, Shu-min; Zeng, Jhih-wun; Wei, Fu-jin; Zhao, Qiang; Feng, Qi; El Baidouri, Moaine; Tukang Kayu, Marie-Christine; Lasserre, Eric; Masak, Richard; Rosa Farias, Daniel da; da Maia, Luciano Carlos; dos Santos, Railson S.; Nyberg, Kevin G.; McNally, Kenneth L.; Mauleon, Ramil; Alexandrov, Nickolai; Schmutz, Jeremy; Bunga, Dave; Penggemar, Chuanzhu; Weigel, Detlef; Jena, Kshirod K.; Anyaman, Thomas; Chen, Mingsheng; Han, Bin; Henry, Robert; Hsing, Yue-ie C.; Kurata, Nori; de Oliveira, Antonio Costa; Panaud, Olivier; Jackson, Scott A.; Machado, Carlos A.; Sanderson, Michael J.; Panjang, Manyuan; Ware, Doreen; Sayap, Batang A. (22 Januari 2018). "Genom dari 13 kerabat padi domestik dan liar menyoroti konservasi genetik, pergantian dan inovasi di seluruh genus Oryza". Genetika Alam. 50 (2): 285–296. doi:10.1038/s41588-018-0040-0alt=Dapat diakses gratis. PMID 29358651. 
  9. ^ Ammi'Raju, Jetty; Lagu, Xiang; Luo, Meizhong; Sisneros, Nicholas; Angelina, Angelina; Kudrna, David; Kim, Hyeran; Yu, Yeisoo; Goicoechea, Jose; Lorieux, Mathias; Kurata, Nori; Brar, Darshan; Jackson, Scott; Wing, Batang (1 Desember 2010). "Sumber daya BAC Oryza: Alat berskala genus dan genom untuk mengeksplorasi evolusi genom padi dan memanfaatkan keragaman genetik yang berguna dari kerabat liar". Ilmu Pemuliaan. 60 (5): 536–543. doi:10.1270/jsbbs.60.536alt=Dapat diakses gratis. 

Templat:Poaceae-rintisan