Orianthi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Orianthi
Orianthi.jpg
Latar belakang
Nama lahirOrianthi Panagaris
JulukanOrianthi
GenreRock,Pop rock,Blues rock, Glam metal
PekerjaanPenyanyi, gitaris, penulis lagu
InstrumenVokal, gitar, Drum
Tahun aktif2005-sekarang
LabelGeffen Records, 19 Entertainment
Artis terkaitMichael Jackson, Carlos Santana, Carrie Underwood, Adam Lambert, Steve Vai, Allison Iraheta, Koda Kumi, Slash
Situs web[1]

Orianthi Panagaris (lahir 22 Januari 1985; umur 35 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Orianthi adalah musisi, penyanyi, penulis lagu dan gitaris asal Australia. Dia mungkin paling dikenal karena menjadi gitaris utama Michael Jackson dalam rangkaian film This is It. Debut singelnya According To You telah memuncak pada No. 8 di Australia dan No. 17 di AS. Album keduanya, Believe, dirilis di seluruh dunia pada akhir tahun 2009.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Orianthi Panagaris lahir di Adelaide, Australia Selatan, dari keluarga berketurunan Yunani dan Australia. Orianthi pertama mulai belajar piano dan bermain musik pada usia tiga tahun dan pindah ke gitar akustik pada usia enam tahun. Dia belajar bermain gitar akustik atas dorongan ayahnya, mulai dengan gitar listrik ketika dia berusia sebelas tahun, ketika ia eninggalkan sekolahnya, Mercedes College, dan mendaftar di Cabra Dominika College. Pada usia 15 tahun, ia berpaling fokusnya untuk menulis lagu dan dengan demikian memulai karier profesionalnya. Dia telah bermain di band sejak usia 14 tahun di Inggris dan di Prancis, dan dilakukan di panggung pertunjukan pertama untuk Steve Vai pada usia 15 tahun. Orianthi bertemu dan bermain bersama dengan Carlos Santana ketika dia berumur 18 tahun, di konser Adelaide, Memorial Drive pada tanggal 30 Maret 2003.

Orianthi merilis album pertamanya yang berjudul Violet Journey. Berasal dari konstribusi gitar, vokal dan drum. Orianthi dibawa Carlos Santana kepada Paul Reed Smith yang mendukungnya. Orianthi pindah ke Los Angeles, menandatangani kontrak dengan Geffen Records pada akhir tahun 2006 dan mencapai kesepakatan manajemen dengan 19 Entertainment.

Orianthi telah bermain dengan Prince, membuat komersial untuk Panasonic HD, ditampilkan dalam lagu Now or Never untuk Bratz: The Movie, bermain di Eric Clapton Crossroads Guitar Festival, muncul di bagian The New York Times bisnis mempromosikan ramah gitar akustik, dan dibuka Steve Vai di AS.

Karier[sunting | sunting sumber]

Orianthi muncul di 51 tahunan Grammy Awards sebagai gitaris Carrie Underwood, dengan Underwood mengundang Orianthi untuk menjadi anggota band-nya. Setelah bahwa kinerja selain rekomendasi dari para profesional industri manajemen Michael Jackson mengulurkan tangan untuk Orianthi untuk audisi untuk This Is It.

Orianthi adalah gitaris Michael Jackson dan hadir pada semua latihan untuk konser This Is Itnya. Dalam kaitan dengan yang dipilih sendiri oleh Jackson, dia menyatakan:

Dia bermain dan bernyanyi di peringatan Jackson, disiarkan langsung global pada tanggal 7 Juli 2009. Dia muncul dalam film Michael Jackson's This Is It, yang meliput latihan tur dan menunjukkan dia dan Michael di panggung. Dia menjadi pembaca nominasi pada American Music Awards 2009, yang dimenangkan Jackson secara anumerta.

Orianthi muncul di " We Are the World: 25 untuk Haiti "- aslinya ditulis bersama dan sebagian dilakukan oleh Jackson.

Pada tahun 2009 Orianthi sebagai salah satu dari 12 Wanita Terbesar Gitaris Listrik oleh majalah Elle. Pada 2010 NAMM Show, dia merilis tanda tangan pertamanya model gitar dengan PRS, SE Orianthi model.

Orianthi mulai bekerja pada album Believe pada tahun 2007 yang dirilis pada bulan Oktober 2009. Album ini menghasilkan hit di seluruh dunia "According To You" yang merupakan Pekan Tunggal di iTunes pada tanggal 27 Oktober 2009, mencapai nomor 2 pada penyiaran radio AS dan memetakan ke nomor delapan di Australia, tiga di Jepang, dan mencapai status platinum di Amerika Serikat dan Australia. Instrumental rock karismatik Highly Strung menampilkan Steve Vai menjadi video populer YouTube dengan jutaan tampilan dan memanjat, dan dia lagu Suffocated adalah fitur pada Guitar Hero: Laskar Rock sebagai lagu dimainkan. Orianthi ditindaklanjuti dengan lagu empat EP termasuk dua single Shut Up and Kiss Me dan Courage.

Orianthi muncul di beberapa pertunjukkan larut malam terutama pada American Idol. Hasil penelitian menunjukkan 26 Maret 2010. Pada tahun 2010 ia melakukan tur secara menyeluruh dengan headlining menunjukkan di AS, Jepang, Australia dan Malaysia. Dia juga dibuka untuk seniman lain termasuk: John Mayer, Mika, Kid Rock, Daughtry dan lebih dari 30 tanggal untuk Adam Lambert Glam Nation Tour dengan mantan Idol kontestan Allison Iraheta . Orianthi tampil di festival musik berbagai dan fungsi amal yang paling terutama di Stand Up untuk telethon Kanker.

Dia tampil di single ketiga Iraheta "Don't Waste The Pretty" dan pada lagu Fefe Dobson "Can't Breathe" pada album Joy dirilis pada bulan November 2010. Dia telah menyatakan bahwa orang-orang yang telah bekerja sama dengan (yaitu Allison Iraheta dan Lacey Mosley ) adalah beberapa yang terbaik teman-temannya.

Dia bekerja pada sebuah album baru dan mengatakan itu harus Hard Rock daripada yang terakhir. Dia juga memenangkan penghargaan sebagai "Terobosan Guitarist of the Year" 2010 oleh majalah Guitar Internasional.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Album Hits Singel Cover
2009 Believe
  • According To You
  • Highly Strung (feat. Steve Vai)
Berkas:150px-believe.jpg
2010 Believe II
  • Shut Up & Kiss me
  • Courage (feat. Lacey)
Orianthi - Believe II.jpg

Singel[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Guitarist Orianthi Panagaris gets screen time in ‘This is It’ Boston Herald article by Jed Gottlieb Friday, 23 October 2009

Pranala luar[sunting | sunting sumber]