Organisasi Khusus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Organisasi khusus)

Organisasi Khusus (Turki Otoman: تشکیلات مخصوصه, Teşkilât-ı Mahsusa) adalah satuan pasukan khusus pemerintah Kesultanan Utsmaniyah di bawah Departemen Peperangan dan diduga digunakan untuk menekan separatisme Arab dan imperialisme barat di wilayah Utsmaniyah.[1] Banyak anggota organisasi ini memainkan peranan penting selama Genosida Armenia. Tujuan utama Organisasi Khusus adalah membuka kembali parlemen Utsmaniyah. Anggotanya juga terlibat dalam perlawan terhadap Italia di Libya.[2] organisasi ini adalah pendahulu Layanan Keamanan Nasional (Turki: Milli Emniyet Hizmeti) Republik Turki, yang merupakan pendahulu Organisasi Intelijen Nasional modern (Turki: Milli İstihbarat Teşkilatı, MİT).

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "MIT, 'Turkey's CIA,' celebrates 80th anniversary". Turkish Daily News. 2007-01-07. Diakses tanggal 2008-10-15. ...the new intelligence agency of the republic was in fact the continuation of the Ottoman Teşkilat-ı Mahsusa (Special Organization) 
  2. ^ "Elli devletin temelinde TEŞKİLAT'IN HARCI VAR". Yeni Şafak. 2005-11-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-09-14. Diakses tanggal 2010-09-03.