Organisasi Kemerdekaan Kachin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Organisasi Kemerdekaan Kachin
KIO coat of arms.PNG
Lambang Organisasi Kemerdekaan Kachin
MyanmarKachin.png
Negara bagian Kachin
Singkatan KIO
Tanggal pembentukan 5 Februari 1961 (1961-2-5)
Jenis Organisasi poitik
Tujuan Hak-hak untuk suku Kachin
Bahasa resmi
Bahasa Kachin
Afiliasi Pasukan Kemerdekaan Kachin

Organisasi Kemerdekaan Kachin (bahasa Myanmar: ကချင်လွတ်လပ်ရေး အဖွဲ့ချုပ်) adalah organisasi politik orang-orang Kachin (juga disebut Jinghpaw/Jingpo) di Myanmar yang secara efektif mengendalikan negara bagian Kachin (kecuali kota-kota besar dan jalur kereta api) dari tahun 1960-an hingga gencatan senjata dengan pemerintah Myanmar pada tahun 1994. Organisasi ini didirikan pada 5 Februari 1961.

Gencatan senjata pada tahun 1994 telah membekukan konflik di Kachin tanpa menyelesaikan akar masalahnya. Organisasi ini masih berpengaruh di negara bagian Kachin, sementara hubungan politik dengan pemerintah Myanmar tetap tegang.

Organisasi ini memiliki birokrasi informal di negara bagian Kachin dan mengendalikan kantong-kantong wilayah di dekat perbatasan dengan Tiongkok. Di wilayah-wilayah ini, Organisasi Kemerdekaan Kachin menyediakan polisi, pemadam kebakaran, sistem pendidikan, departemen imigrasi dan institusi pemerintahan lainnya.

Markas organisasi ini terletak di sebuah bukit di kota perbatasan yang disebut Laiza. Kota ini menjadi markas Organisasi Kemerdekaan Kachin semenjak tahun 2005. Sebelumnya markas organisasi ini terletak di Pajau.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Martin Smith, "Burma: Insurgency and the Politics of Ethnicity"
  • Edmund Ronald Leach, "Political Systems of Highland Burma: A Study of Kachin Social Structure"