Ordo Kerajaan Monisaraphon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ordo Kerajaan Monisaraphon
Dianugerahkan oleh  Cambodia
TipeOrdo
Dianugerahkan kepadapelayanan di bidang sastra dan seni rupa, pendidikan, peradilan, administrasi, dan ilmu pengetahuan.
TingkatGrand Cross (GCM)
Grand Officer (GOM)
Commander (CM)
Officer (OM)
Knight (KOM)
Ribbon of the Royal Order of Monisaraphon (Knight Class)

Ordo Kerajaan Monisaraphon (bahasa Khmer: គ្រឿងឥស្សរិយយសមុនីសារាភ័ណ្ឌ) adalah medali yang diberikan oleh pemerintah Kerajaan Kamboja berdasarkan Keputusan Kerajaan Raja Kamboja. Itu diberikan untuk layanan di bidang sastra dan seni rupa, pendidikan, keadilan, administrasi, dan sains.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ordo Monisaraphon (atau Muni Isvarabarna): didirikan oleh Raja Sisowath dari Kamboja pada 1 Februari 1905 (statuta pertama dikeluarkan 18 April 1905) dan diberikan dalam satu kelas terbatas pada orang Kamboja, mata pelajaran yang dilindungi Prancis, dan orang Asia lainnya. Direformasi oleh Raja Norodom Sihanouk pada 9 September 1948 dan diperluas menjadi tiga kelas. Diperpanjang lagi menjadi lima kelas pada tahun 1961. Diberikan untuk jasa di bidang sastra dan seni rupa, pendidikan, peradilan, administrasi, dan ilmu pengetahuan. Dihidupkan kembali oleh Raja Norodom Sihanouk pada 5 Oktober 1995.[2][3]

Kelas saat ini[sunting | sunting sumber]

Lima kelas pengangkatan Ordo adalah, dalam urutan prioritas yang menurun:

  1. Maha Sirivaddha (មហាសេរីវឌ្ឍន៍) atau Knight Grand Cross (GCM)
  2. Mahasena (មហាសេនា) atau Perwira Agung Ksatria (GOM)
  3. Dhipadinda (ធិបឌិន្ទ) or Komandan Ksatria (CM)
  4. Sena (សេនា) atau Perwira Ksatria (OM)
  5. Assarariddhi (អស្សឫទ្ធិ) atau Ksatria atau Chevalier (KM)

Desain[sunting | sunting sumber]

Bagian depan lencana berwarna emas, dua semprotan, kiri laurel dengan buah beri, kanan telapak tangan, di tengah dua semprotan lebih kecil memegang piala tempat meletakkan buku seorang sarjana. Badge reverse adalah kebalikan dari bagian depan. Warna Pita kuning keemasan.

Post-Nominal[sunting | sunting sumber]

Jajaran senior Knight Grand Cross memberikan hak kepada anggota mereka untuk menggunakan gelar tersebut sebagai GCM pasca-nominal; Perwira Agung Ksatria, GOM; Komandan Ksatria, CM.
Pangkat Knight Officer yang lebih rendah menggunakan OM pasca-nominal; dan Ksatria, KM. Anggota dari semua kelas ordo diberi posisi dalam urutan prioritas.

H.E. Sea Huong (Sekretaris Negara, Kementerian Kesehatan) menunjuk Belanda Björn Stenvers (CEO Yayasan Pengobatan Mata) sebagai Komandan Ksatria pada 6 Oktober 2022.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ of-cambodia/cambodia005.htm "ODM Kamboja: Ordo Kerajaan Moniseraphon" Periksa nilai |url= (bantuan). www.medals.org.uk. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ Sylvester, J. The Orders and Medals of Cambodia and Laos, 1986.
  3. ^ Emering, E. Orders, Dekorasi dan Medali Kekaisaran Kolonial Prancis dan Periode Pasca-Kolonial, 2004