Langgam Ionia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ordo Ionia)
Pandangan pertama arsitek terhadap ordo Ionia Yunani: Julien David LeRoy, Les ruines plus beaux des monuments de la Grèce Paris, 1758 (Plate XX)

Langgam Ionia (bahasa Yunani Kuno: Ιωνικός ρυθμός, translit. Iōnikós rythmós) adalah salah satu dari tiga langgam dalam arsitektur klasik, dua langgam dasar lainnya adalah Doria dan Korintus. Terdapat dua langgam yang ditambahkan kemudian dari tradisi arsitektur Italia abad ke-16, yaitu langgam Toskana dan langgam campuran. Langgam Ionia memiliki tiang pilar yang kecil dan langsing jika dibandingkan dengan ordo klasik lainnya.

Langgam Ionia miliki ciri khas penggunaan ornamen pilin atau gelung pada bagian kapitalnya. Kolom Ionia berdiri di atas landasan yang memisahkan tiang kolom dan stilobat atau landasan; bagian kapital biasanya dihiasi dengan ornamen lis telur.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Langgam Ionia: 1 - entablatur, 2 - kolom, 3 - kornis, 4 - fris, 5 - arsitraf atau epistil, 6 - kapital (terdiri dari abakus dan pilin atau gelung), 7 - pilar, 8 - dasar, 9 - stilobat, 10 - krepis.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]