Ordo Matahari Terbit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Order of the Rising Sun)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ordo Matahari Terbit
Order of the Rising Sun grand cordon badge (Japan) - Tallinn Museum of Orders.jpg
Lencana dan selempang Pita Besar
Dianugrahkan oleh Kaisar Jepang
Tipe Ordo
Dianugrahkan untuk jasa sipil atau militer istimewa dan/atau jangka panjang
Status Masih diberikan
Tingkatan (pasca-nominal) Kelas 1 sampai 8 (1875–2003)
Sejak 2003:
Grand Cordon
Gold and Silver Star (Rays, Principal Grade)
Gold Rays with Neck Ribbon (Cordon, Middle Grade)
Gold Rays with Rosette (Cordon, Junior Grade)
Gold and Silver Rays (Double Rays)
Silver Rays (Single Ray)
Prioritas
Satu tingkat lebih tinggi Ordo Kembang Paulownia
Satu tingkat lebih rendah Ordo Harta Karun Keramat
Laksamana Angkatan Laut AS Dennis C. Blair mempersembahkan lencana dan selempang ordo tersebut (2005).
Baron Descamps mengenakan Pita Besar (s. 1900).

Ordo Matahari Terbit (旭日章, Kyokujitsu-shō) adalah sebuah ordo Jepang, yang didirikan pada 1875 oleh Kaisar Meiji dari Jepang. Ordo tersebut adalah dekorasi nasional pertama yang dianugerahi oleh pemerintah Jepang,[1] dibuat pada 10 April 1875 oleh dekrit Dewan Negara.[2] Lencana tersebut menampilkan pancaran sinar matahari dari matahari terbit. Rancangan Matahari Terbit melambangkan energi sekuat matahari terbit[3] sejalan dengan konsep "matahari terbit" Jepang ("Tanah Matahari Terbit").

Ordo tersebut dianugerahi kepada orang-orang yang membuat jasa-jasa menonjol dalam bidang-bidang berikut: hubungan internasional, promosi budaya Jepang, kemajuan dalam bidang mereka, pengembangan dalam kesejahteraan atau penyajian lingkungan hidup.[4] Sebelum akhir Perang Dunia II, ordo tersebut juga dianugerahi untuk jasa militer. Bermula pada 2004, dua pangkat terendah (Kelas 7 dan 8) untuk Ordo Matahari Terbit ditiadakan, dengan gelar tertinggi menjadi ordo terpisah yang dikenal sebagai Ordo Kembang Paulownia, dengan pangkat tunggal Pita Besar.[5]

Meskipun ini adalah ordo tertinggi ketiga yang diberikan oleh pemerintah Jepang, namun ordo tersebut secara umum adalah ordo tertinggi yang diberikan kepada orang biasa. Ordo Jepang tertinggi, Ordo Krisantemum, ditujukan bagi kepala negara atau anggota kerajaan, sementara ordo tertinggi kedua, Ordo Kembang Paulownia, kebanyakan diberikan kepada para politikus.

Versi modern dari penghargaan tersebut yang diberikan pada penerima non-Jepang bermula pada 1981 (meskipun beberapa warga asing diberikan penghargaan tersebut sebelum Perang Dunia II); dan wanita mula dianugerahi Ordo tersebut pada 2003 (sebelumnya, wanita dianugerahi Ordo Mahkota Presius).[6] Penganugerahan Ordo tersebut diurus oleh Biro Jawatan Dekorasi Perdana Menteri. Ordo tersebut dianugerahi atas nama Kaisar dan dapat dianugerahi secara anumerta.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Decorations Bureau web site". CAO. Diakses tanggal 5 November 2011. 
  2. ^ "Council of State decree". Quan online. Diakses tanggal 5 November 2011. 
  3. ^ Embassy of Japan in Australia
  4. ^ Orders of the Rising Sun Cabinet Office
  5. ^ Grand Cordon of the Order of the Paulownia Flowers Cabinet Office
  6. ^ "Weatherhead East Asian Institute web site - Carol Gluck". Columbia University. 1 May 2006. Diakses tanggal 5 November 2011. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Peterson, James W., Barry C. Weaver and Michael A. Quigley (2001). Orders and Medals of Japan and Associated States. San Ramon, California: Orders and Medals Society of America. ISBN 1-890974-09-9.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]