Orca (1977)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Orca: The Killer Whale
SutradaraMichael Anderson
Produser
Penulis
Pemeran
Penata musikEnnio Morricone
Sinematografer
Penyunting
Perusahaan
produksi
Famous Films[1]
DistributorParamount Pictures[1]
Tanggal rilis
  • 22 Juli 1977 (1977-07-22)
Durasi92 menit[1]
NegaraAmerika Serikat[1]
BahasaInggris[1]
Anggaran$6 juta[2] or $17.5 juta[3]
Pendapatan
kotor
$14.7 juta[4]
  1. ^ a b c d e "Orca (1977)". AFI Catalog of Feature Films. Diakses tanggal May 2, 2020. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama harris
  3. ^ De Laurentiis Producer's Picture Darkens: [Home Edition] Knoedelseder, William K, Jr. Los Angeles Times 30 Aug 1987: 1.
  4. ^ "Orca". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 11, 2020. 

Orca (1977) *juga dikenal dengan | Orca: The Killer Whale* merupakan sebuah film horor drama yang dirilis pada 22 Juli 1977, disutradai oleh Michael Anderson, diproduksi oleh Dino De Laurentiis, ditulis oleh Luciano Vincenzoni dan Sergio Donati. Film ini dibintangi oleh Richard Harris, Charlotte Rampling, dan Will Sampson. Film horor ini mengisahkan tentang paus orca jantan yang balas dendam kepada nelayan yang telah membunuh pasangannya orca betina yang sedang hamil dan janin yang belum lahir.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Suatu hari di teluk di Labrador, seorang Ken sedang menyelam dan mengambil sampel hiu putih di karang. Namun dia dikejar hiu putih dan untungnya, ada orca jantan yang datang, melawan, dan membunuh hiu putih itu untuk melindungi Ken. Nelayan yang bernama Kapten Nolan (Richard Harris) yang semula ingin menangkap hiu putih itu hidup-hidup, berubah pikiran untuk memburu orca jantan itu. Beberapa hari kemudian, Nolan kembali melaut bersama Annie (Bo Derek) dan berencana memburu orca jantan yang menyelamatkan Ken dari hiu putih. Namun saat menembak, Nolan tidak mengenai sasaran, yang dia tembak malah orca betina pasangan orca jantan itu yang sedang hamil. Ketika tertembak, orca betina berenang dengan cepat untuk menghindari Nolan, tapi orca betina malah berenang ke baling-baling Bumpo (Kapal Nolan) dan terbunuh, dan melukai perut orca yang sedang hamil itu. Orca betina pun diangkat ke kapal dan digantung. Orca jantan menyaksikan pasangannya. Saat itulah, janin yang belum lahir terjatuh dari kelamin orca betina itu. Karena itulah, orca jantan sangat murka dan marah kepada Nolan. Orca betina itu meminta tolong dengan teriakannya dan terlambat, karena kekurangan darah dan sudah di udara selama beberapa jam, si betina mati. Saat Bumpo berlayar kembali ke Labrador, si betina dijatuhkan ke laut dan pada hari berikutnya, si jantan membawa si betina yang sudah mati ke daratan Labrador dan orca jantan yang murka dan marah besar itu mulai meneror desa tempat Nolan tinggal di Labrador. Akhirnya, Nolan pergi dari Labrador bersama Bedford dan mencari orca jantan itu. Namun, orca jantan itu muncul dan meminta Nolan untuk mengikutinya dengan ekornya. Nolan pun mengikutinya dan mereka sampai di Arktik. Namun saat sudah sampai, mereka kehilangan bensin. Saat sudah pagi, gunung es di sekitar Bumpo menjatuhkan beberapa es, karena itu Nolan dan Bedford mengambil tas mereka dan menaruhnya di es Arktik itu. Namun, saat Umilak ( Will Sampson ) keluar dari Bumpo, es-es itu jatuh ke dia dan Umilak mati. Saat itu, Bedford sedang di gunung es dan Nolan sedang berada di es. Namun, si jantan yang sedang menyelam mendorong es tempat Nolan dan membuatnya terpisah dengan Bedford. Si jantan itu kemudian melompat dan kemudian 'menanjakkan' es itu supaya Nolan jatuh ke air. Saat Nolan jatuh ke air, si jantan melempar Nolan ke gunung es dengan ekornya dan Nolan mati. Helikopter datang untuk menolong Bedford yang selamat. Dan si jantan itu juga mengakhiri hidupnya dengan menenggelamkannya di es Arktik karena ia sudah tidak mempunyai keluarga.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

1) Richard Harris sebagai Kapten Nolan

2) Bo Derek sebagai Annie

3) Charlotte Rampling sebagai Rachel Bedford

4) Will Sampson sebagai Umilak

5) Robert Carradine sebagai Ken

6) Peter Hooten sebagai Paul

7) Keenan Wynn sebagai Novak

8) Don "Red" Barry sebagai pekerja dermaga

9) Scott Walker sebagai AI Swain

10) Yaka dan Nepo sebagai paus orca